Desa-desa yang ada di Indonesia masih begitu banyak memiliki potensi sehingga sangat bagus untuk dikembangkan. Bukan hanya sekadar pengembangan berdasarkan infrastruktur saja melainkan juga terkait promosi desa yang kian berkelanjutan. Cara untuk mempromosikan potensi desa paling mutakhir ialah menggunakan website desa.

Baca juga: Manfaat Website Untuk Berbagai Keperluan Bisnis

Web desa memiliki segudang manfaat sebagai media promosi potensi daerah. Di samping dapat meningkatkan kredbilitas, website juga merupakan bentuk promosi paling hemat serta mampu terhubung langsung dengan khalayak luas.

 

Apa Itu Website Desa?

Peran Website Desa di Era Perkembangan Teknologi
Peran Website di Era Perkembangan Teknologi

Website desa merupakan suatu jenis website yang khusus dibuat guna menampilkan info tentang desa secara daring. Website ini dibuat guna pengembangan potensi desa agar dikenal oleh masyarakat luas. Web ini kiranya dapat mendorong masyarakat setempat agar tetap senantiasa melakukan sejumlah inovasi. Inovasi yang dimaksud bisa dilihat berdasarkan sisi ekonomi, lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat.

Baca juga: 7 Mitos Seputar Website yang Perlu Anda Pahami Dengan Benar

Web khusus desa ini digunakan sebagai media pelayanan publik serta manajemen keseluruhan informasi tentang desa tersebut. Dengan demikian, untuk mendapatkan informasi seputar desa maka masyarakat tidak perlu kesulitan lagi. Semua orang dapat langsung mengakses informasi yang dibutuhkan melalui website tersebut. Misalnya, informasi terkait transparasi dana desa maupun berita terkini di desa.

 

Fungsi Web Desa

website professional
website professional

Web desa dibuat bukan semata-mata untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saja. Ada begitu banyak fungsi dari website tersebut sehingga dirasa perlu dibuat. Beberapa fungsi dari website khusus desa ini di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Sebagai pemberi informasi

 

Website digunakan sebagai pemberi informasi segala hal tentang desa tersebut kepada masyarakat luas. Informasi tersebut bisa berupa profil, potensi desa, berita terkini, tranparasi pendanaan desa, kinerja perangkat desa dan sebagainya. Dengan adanya website tersebut, maka masyarakat luas tidak perlu susah-susah untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

2. Sebagai media publikasi

 

Hampir sama dengan fungsi utama website sebagai pemberi informasi, website khusus desa dibuat sebagai media publikasi. Website akan memuat keberadaan desa hingga ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Contoh website desa di antaranya ialah Desa Ciburial, Desa Pedekik, Desa Karang Mojo dan Desa Penggiringan. Melalui website, masyarakat di segala penjuru akan mengenal desa tersebut secara mendetail.

3. Pemberi pengumuman desa

 

Website juga bermanfaat sebagai pemberi pengumuman desa. Jadi, apabila desa tersebut ingin mengedarkan pengumuman maka tidak perlu repot lagi. Pengumuman dapat langsung disiarkan dan dibagikan melalui website terkait. Bahkan pengumuman tersebut juga dapat diakses oleh warga desa setempat yang berada di luar negeri.

4. Sebagai pasar online desa

 

Sebagai media pengembang potensi desa, website juga dapat dijadikan sebagai pasar online desa. Yang dinamakan dengan pasar online, maka website tersebut akan menyajikan keseluruhan potensi industri kreatif di desa. Di samping itu, pasar online desa juga dapat dijadikan sebagai media promosi segala hal yang ada di desa tersebut.

 

Tips Membuat Web Desa

 

Untuk membuat sebuah web desa, ada sejumlah hal yang patut Anda perhatikan. Adapun tips untuk membuat website khusus desa tersebut di antaranya ialah seperti berikut.

1. Daftarkan domain sebagai desa.id

 

Hal pertama yang mesti Anda lakukan ketika membuat website khusus desa ialah dengan mendaftarkan domain sebagai desa.id. Pendaftaran domain ini mesti didampingi oleh aparat yang berwenang maupun seorang ahli kuasa. Pendaftaran domain untuk satu tahun biasanya tidak akan dikenakan biaya. Akan tetapi, untuk pendaftaran selama dua tahun nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp.55.000.00.

2. Cermatlah dalam memilih layanan hosting di Indonesia

 

Setelah melakukan pendaftaran domain, langkah berikutnya ialah dengan mencermati pemilihan layanan hosting Indonesia. Hosting bermanfaat untuk menyimpan keseluruhan file dalam suatu server sehingga menjadikan website tersebut gampang diakses via online. Carilah penyedia layanan hosting dengan server utama di Indonesia. Ini akan memberikan akses kecepatan serta kemudahan yang prima bagi web tersebut.

3. Lakukan instalasi WorPress

 

Setelah memilih layanan hosting yang memiliki server Indonesia, berikutnya Anda dapat melakukan instalasi WordPress. Penggunaan WorPress bertujuan guna memudahkan Anda nantinya dalam mengelola konten dalam website tersebut. WordPress akan memberikan kemudahan terkait penggunaan, optimasi manfaat tambahan serta sisi fleksibelitas layanan.

Saking populernya, Anda bahkan bisa memesan paket web hosting khusus WordPress yang tentu saja dibekali fitur keren untuk menunjang performa website perusahaan.

4. Pilihlah tema website yang sesuai

 

Pilihlah tema yang cocok untuk web desa. Jangan sampai membiarkan web tersebut hanya memiliki tampilan default. Hal ini tentu akan mengurangi daya tarik masyarakat luas terhadap website tersebut. Jangan lupa, ketika memilih tema website Anda mesti memperhatikan sejumlah hal. Misalnya, perhatikan sisi desain minimalis, responsivenya, cross browser compatibility, serta wajin SEO friendly.

5. Pasang plugin terbaik

 

Tips terakhir untuk membuat website khusus desa ialah dengan memasang plugin terbaik. Plugin merupakan sejenis perangkat lunak tambahan yang memiliki kegunaan begitu penting bagi sebuah website. Plugin sangat bermanfaat agar fungsi website menjadi semakin optimal. Contoh plugin yang bagus di antaranya W3 total cache, Yoast SEO, dan contact from 7.

Penutup

 

Sejatinya, website desa sangat bermanfaat sebagai sarana publikasi segala kegiatan yang terdapat di desa. Melalui website tersebut, maka penyuluhan layanan masyarakat juga akan semakin baik. Belum lagi pengembangan potensi desa juga akan terlihat semakin menarik dengan adanya web tersebut. Kiranya semua desa di Indonesia bisa membuat web semacam ini.

Terlepas dari itu, jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun web desa profesional melalui jasa pembuatan website, maka Anda bisa menggunakan layanan Bikin.Website dengan paket Cloud Hosting Indonesia dan pilihan template beragam untuk mengakomodir segala kebutuhan. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *