Setiap ingin membuat website atau blog pribadi kita pasti akan membutuhkan dua komponen penting yang bernama hosting dan domain. Kedua elemen di atas merupakan syarat wajib yang saling berkaitan antara satu sama lain sehingga sulit untuk dipisahkan.

Adapun cara menentukan paket hosting murah yang tepat sendiri bisa dibilang cukup tricky karena perlu mengetahui beberapa hal teknis agar tidak termakan oleh strategi promosi. Pada umumnya, layanan hosting dibeli dengan cara menyewa bulanan atau pertahun seperti halnya domain. Meski begitu, ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan jasa hosting atau bahkan domain gratis untuk konsumen dengan syarat dan ketentuan sesuai kebijakan perusahaan.

Lantas, kira-kira bagaimana cara memilih paket hosting murah yang cocok untuk blog pribadi? Agar tidak semakin penasaran, yuk langsung saja kita simak ulasan selengkapnya.

8 tips mmilih paket hosting murah utk blog pribadi
8 tips mmilih paket hosting murah utk blog pribadi

8 Tips Memilih Paket Hosting Murah Untuk Blog Pribadi

1. Ketahui Kapasitas dan Resource yang Dibutuhkan

Tips pertama dalam memilih paket hosting murah untuk blog pribadi yaitu mempelajari perkiraan resource (sumber daya) yang nantinya dibutuhkan. Tingkat kebutuhan resource sendiri bisa berbeda-beda tiap orang, karena tergantung pada peruntukan dan tujuan website yang akan dibangun.

Untuk ukuran blog pribadi berbasis CMS wordpress biasanya paket standar saja sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan awal, dimana belum banyak pengunjung aktif yang datang maupun berkomentar. Sebaliknya jika sudah memiliki banyak konten berupa artikel, gambar, video, maupun dokumen sebaiknya mulai memikirkan untuk beralih ke paket hosting profesional yang memiliki sumber daya lebih besar agar tidak lemot dan sering down ketika menerima banyak kunjungan.

2. Tentukan Lokasi Server Sesuai Target Pembaca

lokasi server web hosting

Sama halnya seperti alamat toko offline yang memiliki lokasi strategis dan mudah dijangkau. Server juga terdiri dari beragam lokasi di seluruh penjuru dunia, ada yang di Singapura, Australia, Hongkong, bahkan Amerika Serikat.

Jika website pribadi Anda menggunakan konten berbahasa Indonesia dan target pembacanya pengunjung lokal saja maka sangat direkomendasikan untuk memilih lokasi server terdekat, yakni di Indonesia.

Dengan memilih layanan hosting yang menawarkan lokasi server/data center terdekat Anda tidak hanya akan mendapat kecepatan akses lebih ngebut, tapi juga mudah saat ingin melakukan komplain jika sewaktu-waktu wwebsite mengalami gangguan.

Baca Juga: 7 Cara Cek Website Down Atau Tidak Dengan Mudah

3. Pertimbangkan Fitur yang Ditawarkan

Banyaknya provider hosting yang tengah berkembang saat ini otomatis mampu memberikan opsi paket hosting murah yang lebih beragam untuk dipilih sesuai minat dan kebutuhan. Iklim bisnis web hosting yang semakin kompetitif juga melahirkan inovasi fitur handal seperti hosting berbasis UltrafastSSD, Litespeed API, Web builder, hingga gratis sertifikat SSL yang belakangan menjadi bundling menarik untuk memikat calon pembeli.

4. Pilih Provider yang Memberikan Pelayanan Ekstra

Jargon pelanggan adalah raja juga patut kita terapkan ketika memilih layanan paket hosting, karena biasanya provider tidak hanya menjual produk saja tapi juga lengkap dengan sejumlah layanan after sales seperti staff technical, customer support, hingga garansi uang kembali.

Untuk setiap pembelian paket hosting di Qwords.com nantinya Anda akan mendapatkan pelayanan ekstra berupa responsifitas Customer Support 24 jam, garansi uang kembali selama 30 hari, serta feksibilitas pembayaran yang bisa dipilih berdasarkan metode favorit Anda.

5. Pastikan Sudah Mendukung Script yang Website Anda Gunakan

Tips berikutnya dalam memilih paket hosting murah adalah memastikan bahwa hosting yang kita beli sesuai dengan bahasa pemrograman atau script yang akan digunakan untuk membangun website. Namun, jika kebutuhan Anda hanya untuk sekadar membangun blog pribadi berbasis CMS WordPress rasa-rasanya hampir semua provider sudah mendukung script tersebut.

6. Kredibilitas Provider Web Hosting

Poin terkait kredibilitas provider web hosting ini bisa dilihat dari popularitas dan juga lamanya perusahaan beroperasi. Jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran harga murah dari provider abal-abal yang tidak diketahui secara jelas seluk beluk perusahaannya. Pasalnya, Anda akan mempertaruhkan semua data website ke dalam layanan komputasi yang rawan terjadi kerusakan.

7. Sesuaikan dengan Budget Anda

Dari poin-poin sebelumnya, pada akhirnya Anda harus menyesuaikan paket hosting murah dengan budget yang sesuai kantong agar tidak membebani cost pembuatan website Anda. Jangan lupa bandingkan harga dari setiap paket hosting yang ada secara apple-to-apple agar lebih mudah melakukan komparasi.

8. Kemudahan Pembayaran

Dalam beberapa kasus, ketika sudah menemukan pilihan provider web hosting murah yang sesuai keinginan, kita sering kali direpotkan dengan keterbatasan pilihan metode pembayaran yang diberikan. Terutama ketika perusahaan web hosting yang dituju berasal dari luar negeri.

Di Qwords.com, kami menawarkan kemudahan akses pembayaran yang sangat fleksibel, mulai dari transfer bank, pembayaran secara cashless, menggunakan credit card, hingga metode pembayaran offline melalui minimarket kesayangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki saldo di rekening bank.

Kesimpulan

Itulah 8 tips dalam memilih paket hosting murah untuk blog pribadi. Satu hal yang patut di garis bawahi dalam proses pemilihan paket hosting murah terbaik adalah harga murah sejatinya belum tentu memiliki kualitas murahan, begitu pula dengan harga mahal juga belum tentu mampu memberikan solusi optimal.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda menemukan provider hosting murah yang sesuai selera. Jika Anda tertarik untuk mencoba layanan dari Qwords.com, ada juga paket cloud hosting murah Value Performance yang biaya sewa perbulannya hanya sekitar Rp14.500 saja. Murah bukan? Ayo tunggu apalagi, segera pindahkan website Anda ke layanan kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *