Di era digital seperti sekarang ini, sosial media bisa menjadi salah satu platform yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Banyaknya pengguna sosial media aktif membuat pemasaran produk atau jasa melalui sosial media justru menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Baca juga: Ingin Punya Engagement Rate Tinggi? Upload 4 Tipe Konten Ini

Namun, agar bisa menjangkau target pemasaran dengan lebih efektif, Anda juga perlu memperhatikan waktu-waktu terbaik untuk mengunggah konten bisnis Anda, karena setiap sosial media memiliki masing-masing waktu terbaiknya agar konten Anda bisa lebih banyak dilihat oleh audien.

Waktu Terbaik Untuk Posting Konten di Media Sosial

Inilah Waktu Terbaik Untuk Posting Konten di Media Sosial (1)
Inilah Waktu Terbaik Untuk Posting Konten di Media Sosial (1)

Penasaran kapan saja waktu yang tepat untuk menguggah postingan di sosial media? Inilah rincian waktu terbaik untuk mengunggah konten-konten Anda di sosial media.

1. Waktu yang tepat untuk posting instagram

 

Jika menggunakan sosial media Instagram, maka waktu terbaik untuk mengunggah konten Anda adalah pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Hindari mengunggah konten di Instagram pada hari Minggu.

Namun, jika Anda menjadwalkan untuk mengunggah di hari Minggu, lakukanlah pada jam lima sore. Sementara itu, hari terbaik dan memiliki tingkat keterlibatan tertinggi di Instagram adalah hari Rabu.

2. Facebook

Waktu terbaik untuk mengunggah konten di akun Facebook adalah pada hari kerja di jam-jam kerja, yaitu pada jam satu siang hingga empat sore. Pada jam-jam sibuk tersebut banyak pengguna Facebook yang membuka situs Facebook di komputer mereka dan memeriksa timeline Facebook ketika dirasa sedang basan atau butuh inspirasi di tempat kerja.

3. Twitter

Hampir sama seperti Instagram, hari terburuk untuk mengunggah konten di Twitter adalah pada akhir pekan. Sementara hari terbaik dimana keterlibatan pengguna Twitter cukup tinggi adalah hari Rabu.

Baca juga: Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Selain hari Rabu, Anda juga bisa mengunggah konten ke Twitter pada hari kerja lainnya asalkan Anda memperhatikan jam saat mengunggah konten tersebut. Jam terbaik untuk mengunggah postingan di Twitter adalah pada jam makan siang, yaitu pukul dua belas hingga satu siang atau jam-jam yang mendekati waktu makan siang orang-orang kantoran.

4. LinkedIn

LinkedIn merupakan sosial media yang biasanya digunakan oleh para pebisnis dan pekerja professional. Oleh karena itu, biasanya sosial media ini lebih sering dibuka pada saat hari kerja dan jam-jam kerja.

Hari terbaik untuk mengunggah konten di LinkedIn adalah pada hari Selasa, Rabu, atau Kamis. Sementara jam terbaiknya adalah pada pukul sepuluh hingga sebelas pagi. Hindari mengunggah konten ke LinkedIn pada akhir pekan atau hari libur karena peluang keterbacaannya relatif lebih rendah dibandingkan hari biasa.

 5. Pinterest

 

Berbeda dengan beberapa sosial media sebelumnya, para pengguna Pinterest justru lebih aktif ketika sedang akhir pekan (weekend). Mengunggah konten di Pinterest pada hari-hari kerja justru menjadi waktu yang buruk karena biasanya jumlah reach akan menurun drastis. Hari terbaik untuk mengunggah postingan konten di Pinterest adalah pada hari Sabtu dan Minggu pada pukul delapan hingga sebelas malam. Pasalnya, pada waktu ini biasanya orang-orang sedang memiliki banyak waktu luang yang digunakan untuk mencari ide-ide segar.

6. Youtube

 

Sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menonton Youtube pada akhir pekan atau menjelang akhir pekan. Maka, waktu terbaik untuk mengunggah konten di Youtube adalah mulai dari hari Kamis atau Jumat yang merupakan waktu terbaik dan keterlibatan tertinggi di Youtube.

Selain hari Kamis dan Jumat, Anda juga bisa mengunggah konten di Youtube pada akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu. Jika Anda melakukannya di akhir pekan, lebih baik Anda memilih jam-jam pagi mulai dari jam sembilan hingga sebelas pagi.

Penutup

 

Itulah, waktu-waktu terbaik untuk posting konten di berbagai sosial media yang saat ini digemari mayoritas pengguna. Dengan mengetahui waktu yang tepat, Anda bisa melakukan strategi pemasaran dengan lebih efektif dan dapat menjangkau calon customer yang lebih banyak.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasarkan produk atau jasa Anda melalui kanal website pribadi, dimana Anda bisa lebih bebas dalam hal konten maupun desain. Saat ini, proses pembuatan website sendiri sudah sangat gampang, Anda hanya perlu membeli domain dan hosting Indonesia di Qwords.com kemudian menginstal WordPress sebagai content management system yang bakal mengatur fungsi website tanpa perlu coding.

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *