VLAN: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

3 min read

VLAN Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Seiring perkembangan teknologi, sistem jaringan dan networking juga tak luput dari pembaruan fungsi. Salah satu informasi yang perlu dshsbst Qwords ketahui adalah VLAN atau Virtual Local Area network.

Kehadiran VLAN sendiri mampu membuat kita bisa melakukan manajemen kontrol terhadap lalu lintas traffic data, kemudian bereaksi lebih cepat ketika dibutuhkan relokasi.

Jika dibandingkan dengan LAN, jaringan versi virtual ini otomatis mampu memberikan fleksibilitas tinggi untuk menunjang proses adaptasi dan perubahan karena administrasinya sudah disederhanakan.

Apa Itu VLAN (Virtual Local Area network)?

VLAN adalah
VLAN adalah

Virtual Local Area Network atau VLAN adalah sekumpulan perangkat yang ada di satu atau lebih jaringan LAN dan dikonfigurasikan oleh perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya seolah-olah berada di saluran yang sama.

VLAN sendiri sebenarnya merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam Local Area Network (LAN) sehingga dalam satu jaringan LAN bisa terdiri atas lebih dari satu jaringan VLAN.

Secara umum, konfigurasi jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) dilakukan oleh perangkat lunak atau software. 

Alhasil, hal ini mampu memberikan keuntungan ketika perangkat berpindah tidak perlu melakukan setup jaringan lagi.

Fungsi VLAN

Fungsi Virtual Local Area Network atau VLAN adalah mengakomodir konfigurasi pada jaringan komputer fisik menjadi beberapa domain siaran.

Meski memiliki domain siaran berbeda, jalur yang dihasilkan oleh VLAN tersebut masih melewati perangkat penghubung yang sama. Biasanya dikonfigurasikan dengan mikrotik atau cisco.

Baca juga: Pengertian Lengkap LAN, MAN, WAN & Contohnya

Teknologi VLAN juga memungkinkan beberapa LAN virtual untuk saling berdampingan dalam jaringan LAN fisik. 

Metodenya sendiri biasanya menggunakan switch bukan router seperti pada konfigurasi LAN biasa.

Manfaat VLAN

manfaat VLAN
manfaat VLAN

Berikut ini merupakan beberapa manfaat VLAN yang bisa ANda dapatkan, dari berbagai manfaat tersebut diharapkan Anda bisa mempertimbangkan apakah ingin menggunakan VLAN atau tetap memanfaatkan jaringan LAN tradisional.

1.Menambah Keamanan

LAN atau Local Area Network merupakan sebuah jaringan private yang tidak bisa diakses oleh sembarang user.

Dari segi keamanan, LAN tentu sangat maksimal karena setiap akses harus mendapat permission atau izin dari administrator jaringan.

Adapun VLAN (Virtual Local Area Network) sendiri konsepnya hampir sama seperti LAN konvensional, hanya saja jaringan yang digunakan kini sudah bersifat nirkabel sehingga bisa diakses dari mana saja.

Faktor keamanan sendiri menjadi sangat penting bagi sebuah bisnis atau perusahaan karena ada berbagai data sensitif yang harus dijaga. 

VLAN dapat bermanfaat untuk membatasi akses ke berbagai data sensitif tersebut sehingga mengurangi potensi penyalahgunaan akses dari orang tidak bertanggung jawab.

2.Efisiensi Biaya

Sebagaimana kita ketahui, untuk menggunakan LAN diperlukan jaringan kabel yang cukup banyak sehingga membutuhkan biaya pemasangan yang lumayan besar. 

Dengan VLAN (Virtual Local Area Network) Anda tetap akan mendapatkan fasilitas dan fitur-fitur dari LAN tanpa harus repot-repot menyiapkan kabel.

Hal ini tentu sangat efektif dan efisien karena perusahaan bisa menghemat biaya pembelian kabel LAN ketika ada komputer baru yang ingin dihubungkan. 

Selain itu, sistem jaringan VLAN juga tidak menggunakan router dimana membutuhkan lebih banyak pemrosesan, tapi memakai switch yang jauh lebih mudah penggunaannya.

3.Tidak Perlu Mengatur Ulang Jaringan Komputer

Agar bisa tetap terkoneksi ke jaringan LAN, maka setiap komputer yang dipindahkan harus diatur ulang. Hal ini tentu membutuhkan banyak waktu karena harus dilakukan mulai dari awal.

Nah, dengan memanfaatkan jaringan VLAN Anda dapat memindahkan komputer kapan saja dan dimana saja tanpa harus mengatur ulang jaringan LAN. 

Pasalnya, komputer yang dipindahkan akan tetap terhubung dengan jaringan VLAN.

4.Peningkatan Kinerja yang Lebih Baik

Dari segi kinerja, VLAN dapat membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja logis guna mengurangi beban traffic pada jaringan. 

Hal ini bertujuan untuk memisahkan antara jaringan non esensial dan jaringan penting sehingga performanya semakin optimal.

5.Memudahkan Administrasi

Manfaat VLAN berikutnya adalah penyederhanaan proses administrasi. Dengan adanya jaringan VLAN sebuah komputer server tidak perlu datang langsung ke area komputer server untuk masuk ke jaringan.

Semua komputer bisa terkoneksi dan menjangkau server dari tempat lain, adapun keberadaan komputer server memudahkan administrator untuk melakukan pengaturan dan kontrol terhadap jaringan agar lebih aman.

Jenis-Jenis VLAN 

jenis-jenis VLAN
jenis-jenis VLAN

Berdasarkan fungsinya, VLAN dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasan selengkapnya.

1.VLAN default

VLAN default adalah sebutan untuk menamai konfigurasi sejak sakelar pertama kali dinyalakan. Jenis VLAN ini masih standar dengan semua port switch yang tersedia dan terhubung dalam fungsi dasar.

2.Data VLAN

Jenis VLAN yang satu ini memiliki fungsi utama untuk mengatur lalu lintas data yang terjadi dalam sebuah jaringan VLAN.

Baca juga: Metropolitan Area Network (MAN), Fungsi dan Kelebihannya

3.VLAN Suara

Secara garis besar, VLAN Suara adalah jaringan yang sudah mendukung layanan VoIP dan sudah dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan komunikasi berbasis suara. 

4.Management VLAN

Sesuai namanya, jenis VLAN yang satu ini adalah sistem jaringan virtual Local Area Network yang dikonfigurasikan untuk kebutuhan saklar management.

5.VLAN asli

VLAN asli adalah jaringan VLAN yang dikembalikan ke port jika tidak memiliki tag atau tidak ada di bagasi.

Cara Kerja VLAN

Secara umum, cara kerja VLAN yakni menghubungkan semua perangkat komputer dalam lebih dari satu jaringan Local Area Network. 

Jaringan VLAN menyediakan akses data ke semua client komputer yang terhubung ke switch dan diberi ID yang sama.

Server VLAN pada dasarnya membuat domain broadcastnya sendiri, memisahkan jaringan fisik menjadi beberapa jaringan logis. 

Di atas kertas, lalu lintas komunikasi VLAN diatur oleh server, kemudian switch memastikan bahwa data pergi dan diakses ke proses selanjutnya seperti LAN pada umumnya..

Kesimpulan

Itulah penjelasan terkait apa itu VLAN lengkap dengan manfaat dan cara kerjanya. 

VLAN adalah salah satu teknologi jaringan yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan koneksi antar jaringan komputer perusahaan.

Ada banyak keuntungan dan manfaat dari VLAN yang bisa didapatkan jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin mengoptimalkan networking di perusahaan yang sedang berkembang.

Terlepas dari itu, selain menggunakan LAN atau VLAN, di masa pandemi seperti sekarang ini Anda juga bisa memanfaatkan VPN sebagai layanan untuk mengamankan jaringan.

VPN atau Virtual Private Network berfungsi untuk mengenkripsi jaringan internet ketika mengakses data-data sensitif perusahaan dari jarak jauh. 

Teknologi ini mampu meminimalisir adanya interupsi atau gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga file rahasia Anda tetap terjaga.

Tertarik mencoba menggunakan VPN? Anda bisa mulai berlangganan Diego VPN dari Qwords yang bisa didapatkan mulai dari Rp22 ribuan per bulan.

Selamat mencoba!

Memahami Business Model Canvas Secara Lengkap

Bisnis yang sukses tentu tidak lepas dari persiapan yang baik. Sebagai orang yang baru ingin menjalankan suatu bisnis, ada sejumlah rancangan yang harus Anda...
Jordy Prayoga
3 min read

Spesifikasi Hosting Bagi Developer, Jangan Salah…

Developer website berlomba membuat website inovatif dan terbaik untuk memenuhi kebutuhan klien.  Namun, dalam mewujudkan ide tersebut, developer membutuhkan “rumah” yang tepat untuk website,...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Virtex WA Bisa Sebabkan HP Error,…

WhatsApp sekarang ini telah menjadi aplikasi utama yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Meski begitu, semakin lama, banyak terjadi hal-hal yang membuat aplikasi...
Jordy Prayoga
3 min read

2 Replies to “VLAN: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *