Website yang dibangun menggunakan platform WordPress sudah lama terkenal dengan kemudahan customisasi melalui plugin. Alhasil, mengetahui dan memahami jenis-jenis plugin yang tepat otomatis bisa membawa performa situs ke level berikutnya.

Salah satu plugin populer yang terbilang essensial dan relatif banyak digunakan adalah visitor counter. Pasalnya, mengukur berbagai aktivitas yang terjadi di dalam sebuah website menjadi salah satu hal penting. Terutama untuk meningkatkan fitur, pelayanan, hingga kualitas hosting.

Berbagai pengembangan serta penyesuaian website bahkan kerap kali bersumber dari data traffic kunjungan. Kendati demikian, sayangnya masih banyak blogger ataupun web developer yang belum tahu cara melakukan monitor siklus dan aktivitas pengunjung website secara tepat.

Penggunaan suatu alat monitoring statistik website dari pihak ketiga bisa menjadi opsi terbaik yang bisa digunakan. Untuk memudahkan sahabat Qwords, belum lama ini kami sempat melakukan riset seputar plugin visitor counter WordPress terbaik yang bisa digunakan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tools Untuk Cek Traffic Website Terbaik

Dari puluhan plugin yang tersedia, kami berhasil merangkum 5 buah plugin visitor counter untuk website berbasis WordPress dengan fitur terbaik, mulai dari keakuratan perhitungan, kemudahan proses instalasi, hingga ketersediaan versi gratis yang sering dijadikan patokan oleh blogger pemula.

 

 

Plugin Visitor Counter Terbaik

5 Plugin Visitor Counter WordPress Terbaik
5 Plugin Visitor Counter WordPress Terbaik

1.WP Visitor Statistics

WP Visitor Statistics
WP Visitor Statistics

WP Visitor Statistics akan membantu Anda dalam melacak pengunjung yang masuk ke dalam website. Informasi yang bisa ditampilkan meliputi tipe browser yang digunakan, lokasi, sistem operasi, IP Address, hingga sumber referensi awal mula masuk.

Beberapa fitur di atas tentu sangat bermanfaat untuk menunjang proses optimasi data internal sehingga bisa dijadikan patokan untuk menentukan lokasi server / data center yang paling bagus hingga melihat tipe konten yang banyak dicari orang.

Plugin WP Visitor Statistics saat ini tersedia secara gratis dan berbayar. Untuk menggunakannya Anda tinggal masuk ke dashboard admin WordPress kemudian pilih menu Plugin >> Add New. Masukkan nama “WP Visitor Statistics” untuk mencari plugin tersebut.

 

2.Page Visit Counter

page visit counter
page visit counter

Seperti kita ketahui, ada belasan atau bahkan puluhan developer yang meyediakan plugin visitor Counter WordPress. Namun, di antara sekian banyak plugin yang ada, Page Visit Counter mampu menawarkan impresi pengguna yang cukup luar biasa.

Anda kan diberikan tampilan yang cangat intuitif, mudah dikustomisasi, serta user friendly. Nah, agar fitur-fitur utama bisa aktif dan dijalankan, setelah melakukan aktivasi Anda perlu memeriksa check box pada halaman pengaturan.

Perbedaan yang cukup menonjol dari plugin Page Visit Counter yakni terletak pada kemampuan pencarian berdasarkan judul halaman serta fasilitas tanggal artikel dipublikasikan. Bagi Anda yang memiliki banyak admin atau karyawan, terdapat juga fitur block IP tertentu sehingga data kunjungan admin tidak dihitung sebagai visitor organik.

 

3.WPS Visitor Counter Plugin

WPS Visitor Counter Plugin
WPS Visitor Counter Plugin

WPS Visitor Counter Plugin bisa dibilang menjadi plugin Visitor Counter WordPress terbaik saat ini. Dari segi fungsi, WPS Visitor Counter Plugin akan membantu pemilik website untuk menampilkan jumlah pengunjung yang berhasil dihimpun.

Beberapa blogger memanfaatkan fitur keren ini sebagai ajang pamer kelihaian mengelola website, sementara beberapa publisher menjadikan informasi ini sebagai cara ampuh untuk menarik banyak advertiser.

Beberapa data yang bisa ditampilkan oleh plugin WPS Visitor Counter Plugin di antaranya adalah, jumlah user perhari, jumlah pengunjung hari sebelumnya, jumlah pengunjung 7 hari hingga total keseluruhan pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa melihat total user online yang sedang berada di website dalam waktu bersamaan lengkap dengan IP Address, informasi browser, sistem operasi, serta lokasi negara.

 

4.Visitor Traffic Real Time Statistics

Visitor Traffic Real Time Statistics
Visitor Traffic Real Time Statistics

Popularitas plugin Visitor Traffic Real Time Statistics sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, plugin Visitor Cunter ini tercatat sudah menorehkan angka lebih dari 40 ribu pengguna sampai detik ini.

Jumlah total pengguna aktif tersebut tentu bisa dijadikan sebagai patokan terkait kehandalan yang bisa didapatkan. Di antaranya seperti tampilan dashbord yang komprehensif, statistik perhitungan yang akurat, serta bisa menangkap kueri atau keyword yang digunakan pengunjung di berbagai jenis mesin pencari.

Dengan berbekal sejumlah fitur di atas, Anda bisa menjadikan Visitor Traffic Real Time Statistics sebagai pilihan untuk melengkapi fungsionalitas website. Sementara jika ada fitur lain yang dibutuhkan, Anda bisa memilih opsi PRO atau versi berbayar.

 

5.StatCounter – Free Real Time Visitor Stats

StatCounter – Free Real Time Visitor Stats
StatCounter – Free Real Time Visitor Stats

StatCounter – Free Real Time Visitor Stats  merupakan plugin visitor counter WordPress yang memiliki jumlah pengguna aktif lebih gila dari plugin sebelumnya. Tercatat plugin ini mampu mengumpulkan lebih dari 100 ribu pengguna dengan rating kepuasan berada di angka 4,0 dari 42 audiens.

Kira-kira apa sih yang mampu membuat plugin besutan Aodhan Cullen ini menarik banyak orang?

Menurut pengamatan kami, salah satu faktor utama popuaritas plugin StatCounter – Free Real Time Visitor Stats terletak pada fitur yang melimpah dan powerfull.

Baca juga: Cara Buat Blog Tetap Ramai Pengunjung Meski Jarang Update

Bayangkan saja, dengan menginstal satu plugin statscounter Anda sudah bisa menikmati 29 fitur yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja website. Jadi, jangan ragu lagi untuk menginstal plugin ini jika Anda ingin mendapatkan informasi statistik lengkap, mulai dari data counter bedasarkan keyword, online statistik, exit page, visit length, public stats, sampai blocking cookies.

 

Penutup

Selain kelima plugin di atas, sebenarnya masih banyak plugin visitor counter WordPress lainnya yang tersedia. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan kebutuhan informasi dan statistik sesuai tipe website atau fitur yang ada.

Sementara itu, bagi Anda yang saat ini sudah memiliki website dengan traffic tinggi dan sedang mencari layanan web hosting terbaik, salah satu rekomendasi yang bisa dicoba adalah paket hosting khusus WordPress dari Qwords.com.

Paket WordPress Hosting dari Qwords bakal memberikan Anda keleluasaan dalam mengelola website berbasis WordPress karena sudah dioptimalkan dari segi kecepatan serta teknologi. Alhasil, situs Anda nantinya bakal semakin ramah untuk pengunjung.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *