Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Era Digital

3 min read

Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Era Digital

Menjalankan usaha kecil kecilan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi siapa saja. Apalagi jika usaha yang dilakukan sangat dibutuhkan dan memberikan peluang penghasilan.

Bagi sahabat Qwords yang tertarik untuk menjalankan usaha dalam skala kecil maka tidak ada salahnya mengetahui contoh apa saja usahanya sebagai berikut ini.

 

Contoh usaha kecil kecilan di era digital

Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Era Digital
Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Era Digital

Saat ini banyak usaha kreatif di era digital yang tidak membutuhkan modal banyak dan cukup menguntungkan. Berikut ini beberapa contoh usaha kecil kecilan yang bisa dijalankan di era serba digital.

 

1.Web Developer

web developer
web developer

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang IT maka bisa mencoba usaha kecil kecilan yang menguntungkan menjadi freelance web developer. Saat ini web developer menjadi salah satu usaha digital yang sangat menjanjikan dan banyak dibutuhkan. Apalagi di ketika pandemi covid-19 seperti sekarang ini dimana internet sudah menjadi kebutuhan utama dalam menjalankan sebuah usaha secara online.

 

2.Blogger

blogger
blogger

Menjadi seorang blogger merupakan salah satu ide usaha di era digital yang dapat memberikan pundi-pundi penghasilan. Terutama bagi Anda yang sangat hobi membuat tulisan ataupun konten-konten menarik.

Untuk membuat blog, tidak membutuhkan banyak biaya karena bisa menggunakan platform gratisan. Ketahui bagaimana cara mengelola blog dengan baik agar bisa memberikan penghasilan melalui artikel Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang.

 

3. Desain grafis

desain grafis
desain grafis

Desain grafis menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan karena saat ini banyak pelaku usaha membutuhkan jasa ini. Anda bisa menyediakan layanan membuat jasa desain grafis dengan harga yang kompetitif.

Tawarkan jasa kepada para pelaku usaha yang baru merintis usahanya agar memberikan tampilan menarik pada produk. Bisa juga membuat portofolio online yang menawarkan jasa sehingga bisa menerima layanan jasa via online.

 

4.Youtuber

youtuber
youtuber

Bagi Anda yang suka dengan membuat konten video menarik dan inspiratif maka bisa membuat akun YouTube. Menjadi youtuber merupakan peluang usaha di era digital yang sangat menguntungkan dan mudah utuk dijalankan.

Anda hanya perlu upload video ke channel YouTube saja dan pastinya tidak membutuhkan modal besar. Terpenting video yang dibuat haruslah menarik dan juga Anda harus bisa melakukan editing sendiri demi menghemat biaya.

Baca juga: Cara Menjadi Youtuber Dengan Penghasilan Besar

 

Usaha kecil kecilan ibu rumah tangga

Berikut ini merupakan beberapa contoh usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil dan mudah dijalankan.

 

1.Membuka toko online

Ibu rumah tangga bisa membuka toko online dimana merupakan salah satu usaha dengan modal tidak terlalu besar. Jangan takut walaupun saat ini sudah ada banyak toko online karena peluang tetap ada.

Pastikan kalau Anda menjual produk berkualitas dan didukung dengan layanan terbaik. Misalnya dengan cara membuat website toko online yang sudah menggunakan top level domain. Anda bisa mencari ekstensi domain yang cocok melalui artikel tips berikut ini: Pilihan Ekstensi Domain yang Cocok Untuk Website Toko Online

 

2.Penyedia jasa les online

Usaha kecil-kecilan tidak harus seputar penjualan barang, karena Anda bisa menyediakan usaha jasa. Seperti menyediakan layanan jasa les online yang bisa dilakukan secara privat dan jarak jauh.

Jika ingin menyediakan jasa les online sebaiknya memiliki kemampuan yang baik dalam menjelaskan materi pelajaran. Selain itu, Anda juga bisa membuat Learning Management System (LMS) yang bisa dibangun menggunakan hosting bisnis dari Qwords.com.

 

3. Catering makanan sehat

Jenis usaha kecil kecilan yang menguntungkan untuk ibu rumah tangga adalah menyediakan catering makanan sehat. Saat ini masyarakat mulai menyadari pentingnya gaya hidup sehat terutama pada makanan. Untuk hemat modal Anda bisa membuat catering makanan sehat berdasarkan pesanan saja.

 

4.Usaha souvenir menarik

Bagi Anda yang menyukai souvenir dan berbagai pernak pernik maka bisa memanfaatkan dengan menjual berbagai souvenir. Terutama souvenir yang bisa digunakan untuk pernikahan ataupun sejenisnya dan pastinya sangat menguntungkan.

 

Cara usaha kecil kecilan

Ingin memulai usaha kecil kecilan modal sedikit namun tidak tahu caranya? Ikuti panduannya dibawah ini!

 

1. Tentukan jenis usaha

Pertama harus dilakukan adalah menentukan jenis usaha apa yang ingin dijalankan. Lakukan pertimbangan matang agar tidak salah memilih usaha yang benar-benar akan dijalankan dengan serius.

2. Pelajari secara detail

Jika sudah menentukan usaha yang akan dijalankan maka tinggal pelajari secara detail dari kelebihan maupun kekurangan. Baik dari bagaimana cara pemasaran, peluang pasar dan berbagai hal detail sistem yang akan dilakukan.

3. Siapkan modal yang dibutuhkan

Kemudian Anda perlu menyiapkan modal yang dibutuhkan, perlu diingat modal tidak hanya modal. Modal bisa juga dari kemampuan atau skill Anda, perangkat yang dibutuhkan, media dan berbagai hal lainnya.

4. Mulai lakukan

Terpenting dalam memulai sebuah usaha adalah jangan terlalu banyak mikir namun tidak segera bergerak. Yang perlu Anda lakukan adalah mulai bergerak menjalankan usaha secara perlahan sampai terasa hasilnya.

Baca juga: Dongkrak Penjualan Usaha melalui Website

Tips cara usaha kecil kecilan

contoh usaha kecil kecilan
contoh usaha kecil kecilan

Berikut adalah tips sederhana yang dapat membantu dalam menjalankan usaha kecil-kecilan.

1.Pilih usaha sesuai hobi

Dalam memilih usaha jangan terlalu wah terlebih dahulu namun bisa kembalikan pada diri sendiri. Jika bingung usaha apa yang akan dijalankan maka pilih saja yang sesuai dengan hobi Anda saat ini.

2.Tentukan target pasar

Sebelum memulai sebuah usaha penting untuk menentukan target pasar yang akan menjadi sasaran Anda. Dengan menentukan target pasar setidaknya Anda memiliki gambaran usaha akan diarahkan kemana.

 

Penutup

 

Perkembangan zaman membuat semakin banyak peluang usaha yang bisa dijalankan. Apalagi jika pemasaran usaha kecil kecilan dilakukan secara online dengan memanfaatkan website serta media sosial, mungkin saja mampu menjangkau konsumen dari berbagai kalangan.

Anda bisa membuat website sendiri menggunakan paket hosting murah Qwords.com yang bisa didapatkan mulai dari Rp14,500 perbulan. Adapun jika Anda tidak ingin repot soal urusan desain, opstimasi, dan pemrograman, Anda bisa mempercayakan kebutuhn website kepada Bikin.website yang menawarkan jasa pembuatan website dengan berbagai opsi seseuai kebutuhan.

Bagaimana menurut Anda? Sangat menarik bukan? Jadi tunggu apalagi yuk segera mulai perjalanan bisnis Anda dari sekarang!

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *