Trend WordPress 2020, Apa Yang Berubah?

4 min read

Trend WordPress 2020

Sulit dipercaya perkembangan website tahun ini semakin pesat dan berbeda jauh dengan perkembangan website era 10 tahun terakhir. Hal ini terlihat dari adanya CMS WordPress yang membuat revolusi dalam hal pembuatan website sejak beberapa tahun terakhir. Banyak orang yang berbondong-bondong menggunakan WordPress untuk pembuatan website sampai saat ini.

WordPress memiliki peranan penting dalam sejarah perkembangan website di dunia saat ini. Banyak website-website besar ternama ternyata dibangun menggunakan CMS WordPress. Tentu ini menjadi suatu pencapaian yang besar untuk WordPress pada beberapa tahun belakangan ini.

Sejarah Website

Jika kita balik melihat sejarah perkembangan website dari yang pertama kali muncul, website saat ini sudah berbeda jauh sekali dari zaman dulu. Berikut ada beberapa perkembangan website menurut tahun yang berhasil Kami himpun:

  • 1990 : website berbasis text sederhana
  • 2000-an : website sudah menggunakan interaksi javascript sehingga lebih menarik
  • 2010-an : website sudah mendukung fitur responsive sehingga bisa diakses menggunakan perangkat mobile.
  • Sekarang : website sudah terintegrasi dengan social media, website memiliki loading time yang cepat dan website user friendly.

Nah jika kita melihat sejarah website sampai sekarang ini kita sudah tau kearah mana saat ini perkembangan dunia website.

Tantangan Saat Ini

WordPress Logo
WordPress

Dalam setiap perkembangan website, ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi agar bisa bersaing dengan website-website lain, entah itu website yang dibangun coding dari 0 atau website yang dibangun menggunakan CMS, keduanya tantangannya sama.

Semua orang bisa membuat konten untuk website, sehingga peluang antar satu website dengan website lainnya sama saja. Tetapi yang menjadi pembeda adalah tidak semua orang bisa membuat website dari 0, hanya programmer saja yang bisa melakukannya. Lalu adakah solusi lainnya? jawabnya ada yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System).

Saat ini standart website semakin bertambahnya tahun semakin meningkat, untuk bisa mengikutinya tentu tidaklah mudah. Banyak teknologi baru yang selalu update dengan tujuan untuk memuaskan para pengunjung website. Untuk itu saat ini CMS yang lebih diunggulkan karena kemudahan kustomisasi dan integrasi dengan berbagai plugin dan themes daripada website native.

Statistik Pengguna WordPress

WordPress saat ini telah menjelma menjadi konten manajemen sistem (CMS) terpopuler di dunia. Jutaan website sudah dihasilkan dari CMS WordPress mulai dari untuk keperluan website personal hingga perusahaan besar. Berikut ini ada beberapa statistic tentang pengguna WordPress di dunia saat ini:

  • WordPress telah digunakan sebesar 34% dari website yang ada di dunia saat ini.
  • 100 daftar top website di dunia 14.7% menggunakan CMS WordPress.
  • WordPress menguasai sekitar 60.8% dari CMS yang ada di dunia.
  • Setiap hari ada sekitar 500 website yang dibuat menggunakan CMS WordPress.
  • WordPress memiliki 55ribu lebih plugin yang siap digunakan.

Nah dari data statistic diatas sudah jelas bahwa WordPress saat ini menjadi salah satu CMS yang terbesar di dunia dan menguasai sepertiga website di dunia.

Trends WordPress 2020

Trend WordPress 2020
Trend WordPress 2020

Agar Anda tidak ketinggalan dengan perkembangan website tahun ini, Kami memberikan 8 trends WordPress yang paling banyak dibicarakan oleh para kalangan pemilik website, apa saja itu? mari kita bahas dibawah ini.

1. WordPress is not Dead

WordPress is dead? Dari statistic diatas WordPress memiliki perkembangan yang bagus dari tahun ke tahun. Tiap hari bahkan lahir website-website baru yang dibangun menggunakan CMS WordPress. Tentu hal ini menjadi tanda bahwa WordPress masih diminati hingga beberapa tahun kedepan.

Selain itu banyak para perusahaan hosting yang memberikan fitur tambahan kepada para pengguna WordPress yaitu dengan menyediakan layanan hosting website WordPress. Jika Anda tertarik untuk mencoba website WordPress Anda, silahkan kunjungi websitenya di Qwords.com dan pilih WordPress Hosting.

2. Visual Builder

Trends WordPress kedua saat ini adalah hadirnya fitur visual builder. Untuk Anda yang sudah mengupdate WordPress ke versi yang terbaru, maka dashboard untuk melakukan post konten sudah menggunakan Gutenberg editor.

Divi
Divi

Kelebihan Gutenberg/block editor ini adalah kemudahan dalam membuat block-block editor, bisa membuat custom block, custom pattern dan collaborate editing. Untuk website penulisan dengan skala besar kurang cocok, karena akan terlalu lama saat proses editing konten. Tetapi tidak perlu khawatir karena Gutenberg bisa dinonaktifkan jika dirasa belum diperlukan.

3. HTTPS

Melalui rilis dalam website resminya di security.googleblog.com pada tanggal 8 Februari 2018, Google mulai memberikan label “not secure” pada website-website yang belum menggunakan sertifikat SSL. SSL adalah protokol yang berfungsi untuk memberikan koneksi yang aman dari browser ke server dengan enkripsi.

Sekarang ini sertifikat SSL memiliki harga yang murah, tidak seperti zaman dulu SSL harganya masih mahal. Contoh saja Sectigo Positive SSL sekarang ini Anda bisa mendapatkan dengan harga selevel domain TLD .com saja, jika Anda tertarik membeli Sertifikat SSL berbayar bisa langsung mengunjungi websitenya di gudangssl.id.

4. PHP 7.X

Update versi PHP terbaru memberikan beberapa manfaat seperti website WordPress bisa menjadi lebih cepat dan lebih aman. PHP adalah bahasa pengkodean yang digunakan dalam membangun CMS WordPress dan versinya akan selalu diupdate. Walaupun terlihat sepele hanya sekedar update saja, tetapi sebenarnya ada banyak sekali manfaat untuk website.

WordPress pada dasarnya sangat mendukung dengan versi PHP yang terbaru. Saat artikel ini dibuat versi tertinggi dari PHP adalah 7.4, jadi jika WordPress Anda belum update sampai versi 7.4 maka segeralah melakukan update. Untuk versi WordPress 7.3 akan tidak disupport lagi mulai 1 Januari 2021, jadi masih ada kesempatan untuk melakukan update versi.

5. Premium WordPress Hosting

Sekarang ini banyak para penyedia hosting yang memiliki layanan hosting khusus WordPress. Tidak hanya satu provider melainkan banyak yang berlomba-lomba menjual WordPress hosting dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Tentunya ini bukan hanya ganti nama produk saja, melainkan ada beberapa fitur yang lebih seperti infrastruktur khusus WordPress, database config, cache lebih lega, instant installation dan sebagainnya. Tertarik mencoba WordPress hosting? Silahkan buka website Qwords.com dan dapatkan trial selama 1 bulan dengan WordPress hosting.

6. AMP

AMP adalah kepanjangan dari Accelerated Mobile Pages yang berarti mempercepat tampilan mobil. Menurut sejarahnya, AMP adalah proyek Google pada tahun 2016 yang bertujuan untuk memberikan pengalaman internet yang lebih cepat dengan Google AMP. Ada yang menyebutkan bahwa AMP mampu mempercepat website sampai 4x lebih cepat.

AMP
AMP

Ada yang berpendapat bahwa AMP juga bisa meningkatkan peringkat SERP pada halaman Google untuk pencarian perangkat mobile. Cara kerja AMP ini memang unik dengan formatting khusus dan tidak mengizinkan Javascript karena membuat loading lebih lama. Untuk mengecek website yang sudah menggunakan AMP cukup mudah, para SERP biasanya ada logo petir atau bisa juga menggunakan validator AMP online.

7. PWA

PWA adalah Progressive Web Apps yaitu konsep untuk membuat website memiliki experience seperti native aplikasi (Android/iOS). Jadi website Anda akan memiliki icon seperti aplikasi pada smartphone.

Fitur-fitur yang dimiliki PWA ini seperti push notification, icon apps, loading yang cepat, bisa dioperasikan secara offline, dapat di install berbagai OS dan lain sebagainnya.

8. Security Issue

Keamanan website
Keamanan website

Nah trends WordPress 2020 yang terakhir adalah masalah keamanan website. Saat ini sudah tersedia berbagai plugin keamanan WordPress versi gratis dan berbayar yang bisa Anda install. Kami memiliki beberapa tips untuk menghadapi security issue ini dengan melakukan beberapa hal berikut seperti:

  • Ganti login url jangan menggunakan login WordPress standar
  • Gunakan password yang kuat dengan kombinasi huruf, angka, karakter dan symbol
  • Matikan REST API pada WordPress
  • Minimalkan penggunaan plugin yang tidak terlalu penting karena bisa menjadi celah keamanan
  • Install themes WordPress dan plugin dari sumber yang terpercaya jangan gunakan versi nulled.

Nah demikian pembahasan mengenai trends WordPress 2020 dari Kami, jika ada rekomendasi trends lain yang belum masuk list disini bisa Anda tambahkan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *