Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan imbauan kepada seluruh pekerja di Indonesia untuk melakukan kerja dari rumah atau istilah kerennya work from home (WFH). Tidak hanya di Indonesia saja, di luar negeri sudah banyak yang melakukan work from home bahkan ada yang secara resmi melakukan lockdown seluruh Negara untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 atau virus corona. Langkah ini dilakukan karena Indonesia saat ini sedang terjadi wabah penularan virus virus corona yang penyebarannya sangat cepat.

Memindahkan pekerjaan dari kantor menuju rumah bukanlah hal yang mudah, apalagi jika belum pernah melakukan sebelumnya. Untuk karyawan yang melakukan kerja dari rumah pertama kali pasti produktivitas akan menurun, belum lagi kalau ada gangguan misal dari koneksi yang kurang stabil, alat yang kurang memadai atau gangguan anak ngajak main.

Untuk yang sudah berpengalaman dalam bekerja remot, WFH bukan menjadi masalah yang besar karena sudah terbiasa. Nah Kami sudah merangkum 10 tips produktif work from home, silahkan disimak pembahasannya berikut ini.

Tips Work From Home

Working From Home
Working From Home

1. Pastikan koneksi lancar

Tips kerja dari rumah pertama adalah dengan memastikan koneksi yang lancar. Karena semua pekerjaan dilakukan secara online maka koneksi internet menjadi kunci utama saat work from home. Jika Anda sudah berlangganan internet kabel tidak perlu khawatir, tetapi untuk Anda yang menggunakan jaringan selular pastikan koneksinya lancar.

2. Koneksi harus aman

Koneksi yang dilakukanpun harus aman, karena work from home mengerjakan pekerjaan kantor yang bersifat penting. Apalagi yang berhubungan dengan data-data sensitif seperti data pelanggan, keuangan dan sejenisnya. Ini tidak boleh dikirim melalui jaringan biasa, Anda perlu menggunakan jaringan yang aman dengan VPN. Virtual Private Network adalah layanan koneksi internet secara private melalui jaringan public.

VPN memungkinkan untuk membuat jaringan yang aman dalam jaringan public. Gambaran mudahnya VPN seperti tunnel/terowongan yang dibuat secara khusus untuk mengirim dan menerima data dan informasi penting. Jadi tidak ada orang yang bisa tahu paket data yang dikirimkan, sehingga aman untuk data pekerjaan kantor Anda. Kami memiliki rekomendasi layanan VPN Indonesia dari Qwords bernama Diego VPN. Cukup dengan harga mulai dari 20ribuan/bulan Anda sudah bisa menikmati koneksi jaringan yang aman untuk pekerjaan Anda.

Baca juga : Kiat Konsisten Dalam Bekerja

3. Patikan laptop normal

Laptop
Laptop

Laptop untuk bekerja pastikan normal tidak mengalami kendala yang berarti. Kalau bisa laptop yang digunakan adalah yang biasa dipakai saat bekerja di kantor. Jadi semua aplikasi yang sering digunakan lengkap tidak perlu install-install lagi. Selain itu pastikan data-data penting yang ada di laptop semuanya juga lengkap. Untuk Anda yang bekerja menggunakan komputer desktop, jika memungkinkan bawa saja komputer ke rumah kalau tidak ada komputer yang bisa digunakan.

4. Gunakan tools produktivitas kerja

Karena kerja dilakukan secara online, Anda perlu mempertahankan produktivitas kerja jangan sampai menurun. Work from home bukan menjadi alasan, solusi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan tools pekerjaan kantor secara online seperti Google Suite. Kabar baiknya Qwords memiliki layanan Google Suite Murah dengan harga mulai dari Rp 95.000/bulan. Anda akan mendapatkan fitur Gmail binsis, hangout, Google Calendar, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, News, Play, Sites, Vault dan masih banyak lagi.

5. Komunikasi dengan tim

Nah komunikasi ini menjadi suatu hal yang krusial dalam produktivitas work from home. Jika saat bekerja di kantor Anda dengan mudah bisa memanggil atau diskusi secara langsung dengan rekan satu tim. Tetapi saat Anda bekerja dari rumah Anda perlu menggunakan aplikasi komunikasi online antar tim. Jika Anda sudah menggunakan layanan G Suites dari Qwords, Anda bisa menggunakan aplikasi Hangouts untuk berkomunikasi dengan tim. Terdapat fitur untuk video call, chatting dan kirim gambar, semuanya realtime terhubung langsung dengan email utama.

6. Buat meja kerja yang nyaman

Meja Kerja
Meja Kerja

Tips work from home selanjutnya adalah dengan membuat meja kerja senyaman mungkin. Tujuannya agar Anda tidak bosan bekerja dengan suasana yang berbeda dari meja kerja kantor biasanya. Jangan lupa untuk gunakan kursi kerja yang nyaman agar tidak mudah capek. Tidak disarankan saat work from home dengan lesehan atau rebahan, biasanya tidak akan bertahan lama setelah itu akan timbul rasa ngantuk.

7. Gunakan pakaian kerja

Walaupun Anda bekerja dari rumah, cobalah sebelum jam kerja dimulai Anda mandi yang bersih kemudian menggunakan baju kerja seperti biasa. Mungkin agak terlihat aneh dirumah menggunakan baju kerja, kenapa tidak menggunakan kaos dan celana pendek saja? Jawabnya ini nanti akan berpengaruh pada produktivitas hasil pekerjaan Anda. Cobalah praktekkan cara ini pasti akan terlihat bedanya.

8. Buat target

Kerja tidak memiliki target yang jelas pasti tidak tidak maksimal, yang ada malah banyak malas-malasanya. Untuk sistem working from home ini Anda bisa menggunakan aplikasi kolaborasi untuk bekerja. Trello memungkinkan Anda untuk memantau kinerja team dalam satu dashboard saja, jadi akan kelihatan mana yang sesuai target mana yang belum.

9. Hindari merasa terisolasi

Virus corona membuat semua orang terisolasi tidak boleh kemana-mana. Ini dilakukan untuk mencegah virus corona semakin menyebar luas. Beberapa orang akan merasa terisolasi karena biasanya saat bekerja ada banyak team dan teman disekelilingnya. Untuk itu Anda bisa melakukan komunikasi dengan sesama team secara intens agar tidak merasa kesepian bekerja sendiri dari rumah.

10. Tetap semagat

Semagat Team Work
Semagat Team Work

Nah yang terakhir adalah selalu tetap menjaga semangat kerja agar produktifitas kerja tetap tinggi.

Demikian pembahasan mengenai 10 tips produktif working from home yang bisa Anda lakukan. Salah satu hal yang perlu digaris bawahi saat working from home adalah rasa tanggung jawab atas pekerjaan. Memang atasan Anda tidak akan tahu apa saja yang dilakukan selama berada dirumah, tetapi hasil kerjaan tidak akan bisa bohong.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *