Tips Usaha Laundry Kiloan Online Untung Berlipat

3 min read

Tips Usaha Laundry Kiloan Online

Beberapa tahun belakangan ini, usaha laundry kian digemari oleh para pelaku bisnis. Ini tidak lain karena gurihnya bisnis laundry dan peluang pasar yang masih luas. Tetapi sebelum Anda ikutan terjun usaha laundry, kami memiliki beberapa tips usaha laundry kiloan yang bisa Anda jadikan pedoman memulai usaha.

Usaha laundry jika dilihat memang tidak perlu banyak skill yang harus dimiliki, banyak para pemula yang nekat membuka usaha laundry kiloan tanpa adanya persiapan. Memang sejarah usaha laundry ini sudah ada sejak tahun 1851, tetapi akhir-akhir ini baru naik daun terutama di Indonesia saat ini.  

Jika zaman dulu belum ada mesin cuci, maka model bisnisnya adalah menawarkan laundry tangan atau jasa cuci. Tetapi seiring berkembangnya zaman sekarang sudah banyak bermunculan usaha laundry, laundry kiloan, laundry sepatu, laundry hotel, laundry express dan jenis laundry lainnya.

Alasan memilih usaha laundry kiloan

Memulai Usaha Laundry
Memulai Usaha Laundry

Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa harus memulai usaha laundry kiloan sekarang juga:

  • Banyak yang membutuhkan jasa laundry. Sebab untuk orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi pasti tidak akan sempat untuk mencuci pakaian pribadi mereka.
  • Target pasar usaha laundry yang lengkap bisa menyasar semua kalangan masyarakat.
  • Tidak terpengaruh dengan faktor-faktor eksternal, apalagi untuk mesin cuci yang sudah menggunakan teknologi pengering.
  • Harga murah tetapi menguntungkan, hitungannya semakin banyak pelanggan maka semakin besar potensi keuntungan yang didapatkan.
  • Perawatan mesin cuci yang gampang.
  • Membutuhkan modal yang tidak banyak
  • Bisa dikerjakan sendiri
  • Bisa dikerjakan dari rumah

Tips memulai laundry kiloan

Agar usaha laundry Anda bisa sukses, kami memiliki beberapa tips untuk memulai usaha laundry kiloan terutama bagi para pemula. Berikut pembahasannya:

1. Pahami seluk beluk bisnis laundry

Seluk beluk usaha laundry
Seluk beluk usaha laundry

Untuk memulai usaha laundry, Anda bisa saja langsung membeli alat dan mulai menjalankannya. Tetapi cara ini terlalu beresiko, karena kurangnya persiapan yang matang. Untuk itu Anda perlu mengetahui seluk beluk bisnis laundry. Caranya bisa langsung bertanya pada orang yang paham tentang bisnis laundry atau bisa mengamati langsung dengan cara mencoba menggunakan jasa laundry kemudian catat apa saja yang dianggap penting.

2. Hitung kebutuhan modal

Langkah kedua untuk memulai usaha laundry adalah menghitung kebutuhan modal. Memulai bisnis laundry bukan hanya membeli mesin cuci dan juga setrikaan saja, ada banyak faktor lain yang perlu Anda masukan dalam modal.

Beberapa hal membuat modal menjadi besar salah satunya adalah sewa tempat. Jika tidak perlu menyewa tempat maka kebutuhan modal Anda bisa ditekan lebih sedikit. Ada juga perlu mempertimbangkan apakah menggunakan modal pribadi atau menggunakan pinjaman modal.

3. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi Bisnis
Lokasi Bisnis

Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis laundry. Usaha strategis bisa dari lokasinya yang dekat dengan jalan raya atau bisa juga dekat dengan perkantoran atau kampus. 

Baca juga : Tips Memulai Usaha Sendiri Untuk Pemula

4. Amati kompetitor

Silahkan Anda lihat kompetitor usaha laundry di sekitar yang sudah berjalan dan sukses. Jadikan mereka sebagai tolak ukur dan role model bisnis laundry. Anda perlu melakukan strategi amati, tiru dan modifikasi yang lebih baik semua yang dimiliki oleh kompetitor. Amati bagaimana mereka bekerja, melayani pelanggan dan strategi marketing yang dilakukan.

5. Tentukan harga yang tepat

Tips usaha laundry kelima ini masih ada hubungannya dengan langkah mengamati kompetitor. Pastikan harga-harga laundry kiloan dari kompetitor tidak berbeda jauh dengan harga yang Anda tawarkan. Jangan membuat harga yang terlalu mahal apalagi untuk Anda yang baru memulai usaha laundry dan belum memiliki reputasi yang baik.

6. Siapkan layanan antar jemput

Perlukah laundry memiliki layanan antar jemput? Jawabnya perlu. Anda bisa mengakomodir para pekerja dan mahasiswa yang sibuk sehingga tidak sempat mengantarkan pakaian kotor mereka ke tempat laundry.

Agar tidak habis di ongkos bensin, Anda bisa memberikan area penjemputan dan pengantaran paket laundry secara terbatas. Jika lebih dari area tersebut bisa menambahkan charge biaya sesuai dengan jarak tempuh.

7. Utamakan kualitas

Quality Control
Quality Control

Laundry merupakan model bisnis langganan, jadi jika konsumen sudah pernah menggunakan layanan laundry dan puas dengan kualitasnya, maka mereka akan terus berlangganan. Untuk itu pastikan kualitas semua pakaian bisa bersih, wangi dan juga rapi agar para pelanggan bisa puas.

8. Buat standar pelayanan

Selain harga yang tidak berbeda jauh dengan kompetitor, standar pelayanan menjadi nilai penting dalam berbisnis laundry kiloan. Pelayanan yang memuaskan akan membuat pelanggan kembali lagi, meskipun harganya sedikit lebih mahal dari kompetitor.

Untuk bisa membuat pelayanan yang baik, Anda bisa membuat SOP (standar operasional prosedur) dalam melayani pelanggan.

Baca juga : Contoh Peluang Usaha Online dan Offline di Desa

9. Buat paket-paket menarik

Agar menarik minat pelanggan, Anda bisa membuat paket-paket laundry kepada para pelanggan. Contoh jasa laundry pakaian 5Kg gratis 1Kg, Laundry 10 kali bonus 1 kali, Laundry diatas 10Kg gratis jemput dan pengantaran.

1o. Promosi menggunakan online

Terakhir, agar usaha laundry dikenal oleh banyak orang, Anda perlu menggunakan media online menggunakan website. Anda bisa memaksimalkan penggunaan website untuk promosi usaha agar muncul di halaman pertama pencarian google.

Caranya bisa memanfaatkan strategi SEO atau juga bisa mengiklankan halaman website dengan target sekitar lokasi laundry Anda. Tujuannya agar bisnis laundry online Anda diketahui oleh banyak orang.

Nah demikian pembahasan mengenai tips memulai usaha laundry kiloan online untuk para pemula. Silahkan ikuti 10 tips diatas agar Anda bisa memulai usaha laundry dengan lancar dan sukses.

Terakhir, untuk Anda yang tertarik memulai usaha laundry online menggunakan website, kami memiliki rekomendasi penyedia web hosting murah di Indonesia dari Qwords.com. Cukup dengan harga puluhan ribu saja Anda sudah bisa memiliki hosting dan nama domain untuk mengonlinekan bisnis laundry.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *