Tips Sukses Bisnis Frozen Food Jualan Makin Laris

2 min read

Tips Bisnis Frozen Food

Belakangan ini permintaan terhadap frozen food (makanan beku) terus meningkat pesat. Terlebih di saat pandemi seperti ini. Jika dilihat lebih jauh, tentu hal ini dapat menjadi ladang bisnis bagi Anda. Ide bisnis frozen food tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk dijalankan saat ini.

Dalam memulai bisnis ini, sebenarnya bukan perkara mudah. Jangan hanya sekedar latah saja. Ada sejumlah tips yang perlu Anda terapkan agar bisa sukses melakoni bisnis ini. Jadi, selain niat menjalankan bisnis Anda juga perlu memahami seluk-beluk dunia frozen food terlebih dahulu.

Tips Bisnis Frozen Food

Walaupun tidak bisa disebut sebagai suatu hal yang mudah, akan tetapi bukan berarti bisnis ini tidak dapat dilakoni. Jangan berkecil hati, untuk memulai bisnis frozen food Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Komitmen

Dalam memulai bisnis, penting untuk terus berkomitmen. Termasuk bisnis makanan beku seperti ini. Komitmen dan disiplin perlu terus ditanamkan di dalam benak Anda jika benar-benar ingin memulai bisnis. Tanpa adanya hal ini, maka bisa dipastikan bahwa bisnis Anda tidak akan berkembang sesuai harapan.

Komitmen harus selalu dipegang dengan kuat sehingga tujuan awal bisnis Anda dapat berjalan sesuai dengan rencana awal. Walaupun tidak mudah, akan tetapi Anda tetap perlu terus melakukannya. Seimbangkan pula dengan kesabaran dengan segala resiko bisnis yang akan dihadapi nantinya.

2. Tentukan Jenis Produk

Produk Frozen Food
Produk Frozen Food

Berikutnya, Anda bisa mulai menentukan jenis produk yang hendak dijual. Dengan menentukan jenis produk frozen food yang ingin dijual lebih awal, nantinya tentu akan memudahkan proses kedepannya. Anda dapat memilih produk dari olahan daging, ayam maupun produk praktis lainnya.

Misalnya, kentang goreng food, bakso, nugget, sosis dan sebagainya. Anda bisa mengambilnya dari supplier makanan beku terbaik di kota Anda. Cobalah menemukan supplier tersebut dengan melakukan survei secepatnya.

3. Hitung Modal Awal

Ketika Anda memutuskan ingin menjalankan bisnis atau reseller makanan beku, sebaiknya segera tentukan besaran modal awal terlebih dahulu. Hitung kebutuhan apa saja yang diperlukan sejak awal memulai bisnis tersebut.

Termasuk di dalamnya biaya kerjasama dengan pihak supplier. Pastikan Anda menghitung modal awal secara rinci dengan sebenar-benarnya. Jangan sampai ada yang terselip. Bila perlu buat jaga daftar rancangan belanjaan kebutuhan lainnya.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

4. Siapkan Perlengkapan Utama

Setelah Anda menghitung modal awal, berikutnya mulailah beranjak dengan menyiapkan perlengkapan utama. Jangan lupa kategorikan perlengkapan mana saja yang bersifat primer hingga yang bersifat tidak mendesak.

Jadi, selain membeli produk jualan Anda juga perlu fokus dengan modal awal untuk membeli berbagai perlengkapan utama. Terlebih mesin pendingin guna menyimpan stok makanan beku tersebut. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat menginvestasikan anggaran dengan membeli mesin pendingin bagus.

5. Fokus Terhadap Metode Pengemasan

Packaging Product
Packaging Product

Sebelum memulai bisnis frozen food, Anda juga perlu fokus terhadap bagaimana proses pengemasannya. Pengemasan yang baik, tentu akan mendukung kualitas produk makanan beku tersebut. Tentu Anda ingin bahwa produk Anda digemari banyak kalangan karena memiliki mutu terbaik, bukan?

Sebagai tips, pengemasan yang baik untuk frozen food ialah menggunakan plastik yang tidak mempunyai pori sehingga bisa tahan lama. Jangan lupa, berikan vakum pada frozen food tersebu ketika proses pengemasan guna mengeliminasi udara pada mesin pendingin.

6. Pakai Teknologi Digital

Permudah bisnis makanan beku Anda dengan memasukkan sejumlah fitur dari teknologi digital. Misalnya, Grab, Gojek, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan website toko online. Teknologi digital tersebut nantinya tidak hanya mempermudah Anda saja sebagai penjual melainkan juga para pembeli.

Dengan menggunakan sentuhan teknologi digital salah satunya website toko online, maka jangkauan pasar Anda juga kian luas dan tentunya bisa menambah prospek jualan. Jenis teknologi semacam ini juga mampu terus bertahan di zaman modern seperti sekarang. Bagi sahabat Qwords yang mencari domain hosting untuk bisnis, silahkan kunjungi di Qwords.com, banyak tersedia nama domain bisnis dengan berbagai ekstensi.

7. Miliki Izin Edar Resmi

Mengingat jenis bisnis Anda adalah tentang makanan, maka ada baiknya untuk memiliki izin edar resmi seperti BPOM. Patuhilah regulasi dari pemerintah sehingga menjadikan produk Anda kian aman ketika dikonsumsi. Pembeli pun akan lebih percaya dan merasa senang dengan produk Anda.

Baca juga : Rekomendasi 10 Ide Bisnis Dropship yang Menjanjikan

Peluang Bisnis Frozen Food

Business Growth
Business Growth

Bisnis makanan beku bisa dijalankan skala rumahan saja. Bisnis frozen food rumahan bahkan telah menjadi alternatif yang sangat bagus sambil mengurus rumah tangga keluarga tetapi bisa menambah penghasilan. Ini menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang bisa Anda lakukan.

Jangan khawatir sepi pembeli, frozen food justru bisa menjadi sumber pendapatan tetap karena memiliki begitu banyak penggemar. Kebanyakan orang menyukai makanan beku ini karena beberapa alasan. Salah satunya adalah lebih mudah dan praktis ketika dimasak.

Frozen food selalu aman dikonsumsi asal disimpan dengan cara yang benar. Bahkan terbilang tahan lama untuk dikonsumsi. Terlebih jika dibandingkan dengan jajan di luar sana, mengonsumsi makanan beku bisa lebih menghemat pengeluaran. Cocok sekai bagi Anda yang ingin hidup hemat di masa pandemi ini.

Bisnis frozen food tentu saja tidak sulit dijalankan. Justru akan lebih banyak mendatangkan pundi-pundi uang karena marketnya masih sangat luas. Hanya saja Anda harus benar-benar memegang komitmen dalam memulai bisnis makanan praktis ini agar selalu meraih kesuksesan.

Nah bagaimana? tertarik untuk memulai bisnis frozen food pertama Anda?

Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *