Tips Redesign Website untuk Meningkatkan User Experience

3 min read

8 Tips Redesign Website Untuk Meningkatkan User Experience

Dalam membangun sebuah website, Anda membutuhkan aspek yang namanya user experience design agar menciptakan sebuah pengalaman yang berbeda. Tidak hanya itu, User Experience juga menjadi sesuatu yang penting, terutama dalam hal meningkatkan loyalitas pelanggan maka dari itu Anda perlu membaca tips redesign website untuk meningkatkan user experience.

Perlu Anda ketahui, saat ini untuk menilai sebuah produk tidak hanya dilihat dari harga dan kualitasnya saja. Namun, juga berdasarkan fitur serta layout website yang disediakan. Oleh sebab itu, para pebisnis harus paham tentang user experience.

 

Apa yang dimaksud dengan User Experience Design?

 

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan user Experience design? Untuk Anda yang belum tahu, User Experience adalah sebuah design yang dikembangkan oleh tim design supaya produk yang dikembangkan dapat memberikan pengalaman yang baik bagi para penggunanya.

Lebih sederhananya lagi, user experience design ini adalah sebuah proses yang dilakukan dalam hal membuat sebuah produk menjadi lebih mudah saat digunakan. Nah, untuk menghasilkan sebuah user experience yang baik, maka seorang User Experience designer harus mampu memahami tentang kebiasaan dan kebutuhan dari user atau pengguna.

Baca juga: Pentingnya User Experience Untuk Menarik Banyak Konsumen

User Experience designer juga harus bisa memastikan bahwa setiap langkah yang dibuat mampu berjalan secara logis dan jelas. Dengan demikian, hal ini bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika seorang pengguna mengunjungi sebuah website.

Nah, di bawah ini akan disajikan Tips Redesign Website untuk Meningkatkan User Experience. Langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

 

Tips Redesign Website untuk Meningkatkan User Experience

8 Tips Redesign Website Untuk Meningkatkan User Experience
8 Tips Redesign Website Untuk Meningkatkan User Experience

1.Coba Berfikir Seperti Pelanggan

 

Dalam meningkatkan user experience, langkah pertama yang harus sahabat Qwords lakukan adalah mencoba berfikir seperti pelanggan. Bayangkan saja, jika Anda adalah seorang pelanggan, apa yang akan dilakukan selama mengoperasikan website milik Anda.

Sebagai contoh, mungkin Anda akan mencari informasi, melakukan pembelian atau bahkan melihat video. Jika sudah menentukan tindakan apa yang akan dikerjakan, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah membuat user flow.

Nah, agar user flow ini nantinya tidak membingungkan pelanggan. Ada baiknya setiap tindakan yang dilakukan dapat terselesaikan dengan melakukan lima langkah bahkan kurang.

 

2.Membangun Feel Design

 

Langkah kedua yang harus dilakukan untuk menciptakan pengalaman menggunakan website adalah dengan membangun feel design. Buatlah pengguna merasa seperti disambut ketika pertama kali membuka berAnda website.

Untuk menciptakan feel yang menarik, maka Anda bisa menciptakan kombinasi, bentuk warna, konten, atau bahkan hal lain yang membuat para pengguna lebih tertarik. Secara tidak langsung setuhan ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap website milik Anda.

 

3.Selalu Lakukan Testing Awal

 

Sebelum user experience ini diterapkan untuk umum, ada baiknya jika Anda melakukan testing awal terlebih dahulu. Testing awal ini dianggap sebagai sebuah penelitian sebelum sebuah website di publish.

Dengan adanya penelitian ini, Anda bisa melihat feedback dari audience yang menjadi target website. Selain itu, Anda juga bisa melakukan A/B testing untuk menguji dua buah versi user Experience yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Lakukan komparasi secara apple to apple, kemudian pilih elemen website yang memiliki nilai User Experience paling tinggi.

Dalam hal ini Anda bisa melihat mana yang lebih baik dan sebaiknya diterapkan dalam website milik Anda. Anda juga bisa menilai User Experience mana yang lebih mudah digunakan oleh para pengguna.

 

4.Utamakan Tampilan Mobile

 

Sebagaimana kita ketahui, mayoritas pengguna internet saat ini mengakses website melalui smartphone karena lebih praktis dan bisa dilakukan kapan saja. Tahun 2016 menjadi tonggak sejarah dimana jumlah pengguna yang mengakses website melalui perangkat mobile mampu melampaui user desktop.

Jadi, bisa Anda bayangkan bukan bagaimana reaksi penggunjung jika website Anda belum menerapkan konsep mobile first.

 

5.Miliki Unsur Visual yang Kuat

 

Berdasarkan penelitian, otak manusia lebih peka terhadap objek vvisual daripada teks yang dibuat tanpa gambar. Anda bisa memanfaatkan kebiasaan ini untuk mendapatkan user experience yang lebih tinggi di website bisnis maupun website pribadi.

6.Mengintegrasikan ke Sosial Media

 

Website ibaratnya merupakan representasi dari bisnis Anda, adakalanya para pengunjung memerlukan akses pribadi untuk sekedar bertanya atau berkonsultasi. Jadi, usahakan untuk memberik’ an akses menuju sosial media bisnis Anda.

 

7.Permudah Akses Navigasi

 

Tips ini tidak hanya berlaku untuk website e-commerce yang memiliki banyak produk kategori. Namun juga berlaku untuk website company profile ataupun blog pribadi, dengan tujuan agar user semakin betah berlama-lama mengeksplore isi konten.

 

8.Selalu Perbaiki Kecepatan

 

Website yang lemot saat ini sudah tidak jaman. Pasalnya, pengunjung sudah enggan menunggu loading terlalu lama hanya untuk membaca artikel atau memilih produk. Jadi, Anda harus peka dan bisa merasakan seberapa kencang website Anda dibandingkan dengan milik kompetitor.

Baca juga: 5 Tips Sukses Membangun Website Kuliner

Saat ini ada banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website. Salah satunya jika Anda menggunakan platfrorm WordPress bisa memakai layanan hosting wordpress indonesia dari Qwords.com yang secara khusus dirancang agar website bisa berjalan lebih optimal.

Setelah membaca tips redesign website untuk meningkatkan user experience di atas, Anda diharapkan bisa menciptakan sebuah website yang lebih menyenangkan. Di sisi lain, pengguna juga akan lebih dimudahkan dan mendapatkan kenyamanan ketika berkuncung atau bahkan menggunakan sebuah website untuk berbelanja. Semoga adanya informasi ini bisa memberikan manfaat pada situs bisnis Anda.

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak di kolom komentar atau klik bagikan agar artikel ini dibaca lebih banyak orang.

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *