Tips Public Speaking Untuk Keperluan Marketing

2 min read

Apa itu public speaking

Mungkin Anda bertanya-tanya seputar apa itu public speaking dan mengapa itu penting? Jika Anda tidak pernah berpikir banyak tentang berbicara di depan umum sebelumnya, pertanyaan-pertanyaan itu cukup logis. Berbicara di depan umum penting karena dapat mengasah pemikiran kritis dan keterampilan komunikasi verbal maupun  non-verbal.

Apa Itu Public Speaking?

Apa itu public speaking
Apa itu public speaking

Public speaking adalah presentasi langsung di hadapan orang banyak. Pidato publik/berbicara di depan umum dapat mencakup berbagai topik yang berbeda. Tujuan dari pidato tersebut mungkin untuk menghibur, mempengaruhi atau mendidik pendengar.

Untuk melengkapi pidato dan membuatnya lebih menarik bagi pendengar, seringkali alat bantu visual dalam bentuk tayangan slide elektronik juga digunakan.

Baca juga: Contoh Bisnis Anak Muda Yang Menjanjikan Untuk Anda Lakukan

Berbicara di depan umum berbeda dari presentasi online karena presentasi online sering kali terdiri dari tayangan slide atau video pra-rekaman pembicara (termasuk rekaman presentasi berbicara di depan umum). Selain itu presentasi online dapat didengarkan atau dilihat dengan nyaman, sementara pidato publik biasanya terbatas pada waktu atau tempat tertentu.

Ada beberapa faktor khusus yang perlu dipertimbangkan oleh pembicara sebelum berbicara di depan umum. Ada lima elemen public speaking, dan pada dasarnya bermuara pada ‘siapa’ ‘mengatakan apa’ ‘kepada siapa’ ‘menggunakan media apa’ ‘dengan efek apa’.

Dengan kata lain, siapa yang menjadi sumber pesan, apa pesannya, siapa yang menjadi audiens, sedangkan mediumnya adalah metode pengiriman aktual dan berakhir dengan efek. Pikirkan efeknya sebagai maksud pembicara untuk pidato tersebut.

 

Tujuan Public Speaking

Speaking
Speaking

1. Kemajuan karir

Keterampilan berbicara di depan umum yang efektif dapat membantu meningkatkan karir karena mereka menunjukkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kemampuan kepemimpinan, ketenangan, profesionalisme, serta kualitas yang sangat berharga untuk dunia kerja.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Berbicara di depan umum dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda secara signifikan. Mengatasi rasa tidak nyaman dan ketakutan. Selain itu, terhubung dengan audiens dapat menjadi pengingat yang kuat bahwa Anda memiliki wawasan dan pendapat yang berharga untuk dibagikan kepada dunia.

Tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat seiring Anda beralih dari berbicara kepada sekelompok kecil orang hingga khalayak luas. Ini akan menguntungkan Anda tidak hanya di atas panggung, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, entah itu dalam rapat atau kencan sekalipun.

Sementara kegugupan yang muncul ketika berbicara di depan orang banyak tidak akan hilang sama sekali, itu akan mengajarkan Anda bagaimana menghadapi ketakutan Anda dan mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan.

3. Mengembangkan kosakata dan kelancaran Anda

Anda akan tahu efek dari kata-kata yang Anda pilih untuk mengekspresikan pesan Anda dan Anda juga akan tahu penggunaan kosakata yang berbeda untuk audiens yang berbeda. Selain memiliki kosa kata yang fleksibel.

Anda tidak akan lagi menggunakan kata-kata yang umum didengar dalam percakapan sehari-hari. Karena ini menunjukkan bahwa Anda mungkin tidak yakin tentang apa yang Anda katakan atau cemas tentang berbicara.

 

Tips Public Speaking

tips public speaking
tips public speaking

1. Percaya bahwa anda tidak akan gagal

“Apa yang bisa atau tidak bisa kita lakukan, apa yang kita anggap mungkin atau tidak mungkin, jarang merupakan fungsi dari kemampuan kita yang sebenarnya. Itu lebih mungkin merupakan fungsi dari keyakinan kita tentang siapa kita. ”- Tony Robbins. Jadi, pastikan untuk selalu berfikir bahwa Anda pasti bisa dan tidak akan gagal.

2. Percaya diri atas mental dan fisik

Keterampilan berbicara di depan umum harus mencakup penguasaan aspek mental dan fisik. Orang-orang dengan keterampilan berbicara di depan umum tidak hanya tahu topik mereka di dalam dan luar, tetapi juga bangga dengan keadaan fisik mereka. Mereka yang terampil membuat koneksi instan dengan orang lain tahu kekuatan komunikasi non-verbal. Ingat, cara berbicara di depan umum tidak hanya berbicara, tetapi juga tentang cara menyampaikan kata-kata.

3. Visualisasikan hasil Anda

Ada alasan mengapa Anda melakukan presentasi di depan orang banyak. Apakah Anda menjual sesuatu? Atau yang lainnya. Sebelum membuat presentasi, luangkan waktu untuk memikirkan hasil ideal Anda. Karena jika tidak, Anda tidak akan benar-benar tahu bagaimana pidato Anda berjalan dan apakah itu sukses. Latihan visualisasi ini akan membantu menegaskan tujuan Anda dan memberi Anda dorongan kepercayaan diri.

Baca juga: 7 Tips Memacu Kreativitas

4. Menjadi energetik dan karismatik

Apa beberapa sifat kepribadian terbesar Anda? Bagaimana Anda bisa menyalurkan karakteristik-karakteristik ini ke dalam presentasi yang menyentuh dan menggugah pikiran? Salah satu kiat berbicara di depan umum yang terbaik dan cara yang pasti dapat mencuri perhatian adalah dengan menampilkan keunikan Anda ke panggung.

 

Penutup

 

Dalam bisnis, pendidikan, dan arena publik, berbicara di depan umum itu penting. Manfaat berbicara di depan umum yakni membuat Anda keluar dari zona nyaman dan memberikan pidato yang sangat berharga. Mungkin Anda akan gugup beberapa kali ketika pertama berbicara, Namun, Anda akan segera belajar untuk menikmati pengalaman itu.

Nah, setelah mahir soal public speaking Anda juga bisa meraup pundi-pundi pemasukan sebagai sales untuk kebutuhan marketing, pembicara, MC, atau skill lainnya. Dalam proses pemasaran pun Anda bisa lebih fleksibel karena saat ini sudah ada website, digital ads, dan email marketing yang bisa memudahkan Anda menjangkau audiens.

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Tips Public Speaking Untuk Keperluan Marketing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *