Bagi sebagian orang, bisa memiliki bisnis sendiri adalah suatu kebangaan tersendiri. Tetapi kenyataanya banyak orang-orang yang bekerja di instantsi atau perusahaan yang mengharuskan untuk selalu berangkat pagi pulang sore. Hal ini menjadi salah satu penyebab banyak orang mulai jenuh dengan pekerjaan yang mereka jalani. Tetapi tidak sedikit ada sebagian orang yang resign kemudian mencoba memulai membuka bisnis skala rumahan.

Jika dilihat, kebanyakan orang-orang yang membuka bisnis rumahan adalah dari kalangan perempuan. Alasan utama biasanya selain bosan dengan rutinitas kerjaan yaitu ingin lebih dekat dengan keluarga dan anak-anak dirumah. Untuk memulai bisnis apa yang cocok nampaknya Anda perlu mencari ide kreatif bisnis rumahan, bisa dimulai dari skill apa yang dikuasai atau mulai hobi yang dimiliki.

10 Tips Memulai Bisnis Rumahan
10 Tips Memulai Bisnis Rumahan

Bisnis Tanpa Modal

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis rumahan tetapi terkendala modal, nampaknya Anda bisa mencoba bisnis rumahan tanpa modal. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa Anda coba bahkan potensi penghasilan sampai ratusan juta, berarti penghasilan bisnis rumahan tidak kalah menjanjikan dengan bekerja kantoran. Berikut beberapa contoh bisnis tanpa modal yang sedang trend saat ini:

  • Reseller

  • Dropshipper

  • Content writer

  • Blogger

  • Designer

Nah bagi Anda yang berencana memulai binsis rumahan, agar tidak terjadi kegagalan nampaknya Anda perlu mengetahui tips memulai bisnis rumahan. Berikut kami sudah siapkan 10 tips memulai bisnis rumahan yang terbukti menguntungkan:

1. Meminta support dari keluarga

Dukungan Keluarga
Dukungan Keluarga

Langkah yang paling awal adalah dengan meminta dukungan kepada keluarga. Jangan merasa malu atau sungkan untuk meminta dukungan dari keluarga, karena nantinya merekalah yang akan membantu Anda ketika sedang susah senang saat menjalankan bisnis. Pastikan semua anggota keluarga yang Anda miliki setuju dengan pilihan untuk memulai bisnis rumahan. Sebab jika ada salah satu dari anggota keluarga yang tidak setuju bisa menyebabkan konflik yang ditakutkan menganggu jalannya bisnis.

2. Tentukan visi & misi

Visi dan misi bisnis ini sudah jelas dibahas pada cara membuat business plan. Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, Anda bisa tahu tujuan bisnis Anda dengan jelas. Contohnya ketika Anda mulai bepergian, tentukan tujuan perjalanan Anda. Nah visi dan misi ini juga sperti itu, sebelum memulai Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan bisnis rumahan yang ingin dicapai.

3. Jauhkan dari fikiran gagal

Jauhkan dari Berfikir Negatif
Jauhkan dari Berfikir Negatif

Akan ada 2 pilihan saat Anda menjalankan sebuah bisnis, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis baik itu pemula ataupun yang sudah handal sekalipun tidak boleh merasa takut gagal, harus selalu optimis dan selelu bekerja keras untuk membuat bisnis menuju kesuksesan. Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring dengan banyaknya jumlah kegagalan yang sudah dialami. Jadi mantapkan diri Anda dan jauhkan dari fikiran takut gagal.

4. Belajar administrasi & keuangan

Walaupun bisnis rumahan masih skala kecil, Anda sudah perlu memulai untuk belajar administrasi dan pencatatan keuangan untuk bisnis, tidak perlu yang kompleks cukup laporan sederhana saja. Selalu lakukan pencatatan terhadap hal-hal kecil termasuk pengeluaran yang jumlahnya terbilang kecil. Dan juga Anda perlu memisahkan antara keuangan bisnis  dan keuangan pribadi, tujuannya agar tahu laporan keuangan bisnis rumahan setiap bulanannya.

5. Hitung kebutuhan modal

Menghitung Kebutuhan Modal
Menghitung Kebutuhan Modal

Setiap bisnis yang berjalan pasti membutuhkan modal, ada yang membutuhkan modal besar dan ada juga yang hanya membutuhkan modal kecil. Anda perlu memperhitungkan berapa jumlah modal yang akan dikeluarkan, nantinya dari perhitungan modal inilah menjadi salah satu hitungan dalam menentukan perkembangan bisnis rumahan, apakah berkembang ataukah ada penurunan dari segi omzet dan pendapatan.

6. Pilih bidang yang sesuai

Bagi Anda yang baru memulai bisnis rumahan, tipsnya jangan mengambil bidang bisnis yang kurang dikuasai. Contohnya jika Anda memiliki passion dalam bidang penjualan, Anda bisa memilih bisnis dropship atau reseller. Selain itu Anda juga bisa memulai bisnis rumahan mulai dari hobi yang dimiliki, contohnya bagi yang hobi desain bisa membuka jasa desain, bagi yang hobi fotografi bisa membuka studio foto dan lain sebagainya. Jadi jika bekerja dilandasi dengan passion dan hobi, maka dalam setiap bekerja akan terasa lebih ringan.

7. Pilih waktu untuk memulai

Mencari Moment Yang Tepat
Mencari Moment Yang Tepat

Pemilihan waktu dalam bisnis juga menjadi salah satu tips penting memulai bisnis rumahan. Anda perlu lebih peka terhadap trends yang sedang berkembang. Selain itu Anda juga jangan terburu-buru untuk memulai, karena bisnis membutuhkan persiapan dan perhitungan yang cermat. Jika Anda gagal dalam menentukan waktu yang tepat, besar kemungkinan bisnis Anda bisa ikutan gagal.

8. Tentukan keunikan produk

Agar produk Anda diterima oleh pasar, maka perlu memberikan keunikan pada produk yang dijual. Dengan keunikan produk menjadikan nilai plus bagi produk yang Anda jual, karena diluar sana terdapat banyak produk sejenis yang sama, jadi dengan keunikan produk ini Anda bisa memikat dan menarik pelanggan. Selain itu dengan keunikan produk yang dimiliki, Anda bisa dengan mudah diingat oleh pelanggan bisnis.

9. Manfaatkan promosi online

Promosi Online
Promosi Online

Ada banyak jenis media promosi yang bisa Anda pilih, tetapi saran dari kami yang paling efektif adalah menggunakan media promosi online. Dengan menggunakan promosi online, bisnis Anda bisa dikenal lebih luas oleh pelanggan dan juga biaya beriklan di internet lebih murah dibandingkan media konvensional. Selain itu dengan beriklan secara online, Anda bisa mengatur audience yang menjadi target iklan Anda, jadi iklan tidak salah sasaran.

Selain itu Anda perlu memiliki website untuk bisa menampilkan produk dari bisnis rumahan yang Anda miliki. Dengan memiliki website bisnis, akan memudahkan pelanggan dalam memilih produk dan juga membuat kepercayaan dari pelanggan menjadi meningkat. Kami merekomendasikan mengguankan hosting murah dari Qwords.com untuk memulai website bisnis rumahan Anda.

10. Disiplin & Berikan yang terbaik

Nah yang terakhir adalah bersikap disiplin, dalam rangka mewujudkan visi dan misi bisnis rumahan yang sukses Anda harus memiliki sikap disiplin. Disiplin menjadi salah satu indikator besarnya tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang terhadap tugas  dan pekerjaan yang diemban. Selain itu berikan yang terbaik untuk pelanggan, ada pepatah yang menyebutkan bahwa pelanggan adalah raja.

Zaman sekarang ini yang serba sosial media, jika Anda memiliki pelayanan yang kurang baik atau memiliki masalah dengan pelanggan bisa segera dilakukan pembenahan. Jika sampai tersebar melalui sosial media reputasi bisnis yang sudah Anda bangun bisa rusak dengan sesaat.

Nah sudah faham kan tips memulai bisnis rumahan? Jika sudah jalankan 10 tips memulai bisnis rumahan yang menguntungkan diatas dengan benar. Jika ada kendala atau tambahan tips memulai bisnis lain bisa Anda tambahkan dalam komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *