Bagi para blogger, mengikuti lomba blog adalah sesuatu yang mungkin sudah cukup sering dilakukan. Lomba blog juga menjadi salah satu lomba yang cukup mudah untuk dilakukan, terutama bagi sahabat Qwords yang memiliki kemampuan menulis cukup baik. Selain itu, mengikuti lomba blog juga menjadi kesempatan yang bagus untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik dan menambah pundi-pundi pemasukan.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Jangan Pakai Adsense Untuk Monetize Blog

Kendati demikian, untuk bisa memenangkan lomba blog sahabat Qwords tentu harus bisa menghasilkan tulisan bagus yang mampu menggugah audiens. Lantas, bagaimana cara menemukan ide tulisan dengan kriteria demikian?

Berikut merupakan beberapa tips yang bisa sahabat Qwords lakukan agar tulisan blog Anda bisa menarik perhatian para juri sehingga bisa membuka peluang menjadi salah satu pemenang.

Tips Menulis Artikel Untuk Lomba Blog

5 Tips Memenangkan Lomba Blog
5 Tips Memenangkan Lomba Blog

1. Tulisan yang sistematis

Agar tulisan yang di buat mudah dimengerti oleh para juri dan pembaca, sahabat Qwords perlu membuat tulisan yang runtut dan sistematis. Supaya tulisan yang di tulis bisa tersusun secara sistematis, Anda bisa memulainya dengan menyusun outline atau kerangka karangan terlebih dahulu.

Di dalam kerangka karangan, sahabat Qwords bisa menulis tiap-tiap poin yang nantinya akan dijelaskan lebih rinci dalam tulisan. Kerangka karangan ini bisa membuat tulisan kita lebih terarah ketika nantinya menulis dan mencegah keluar dari topik yang telah ditentukan sejak dari awal.

 

2. Tulisan yang lengkap

Tulisan yang lebih disukai tentu saja tulisan yang memberikan informasi secara lengkap. Untuk bisa memberikan tulisan yang lengkap, sahabat Qwords harus sering melakukan riset mengenai tema tulisan yang akan diangkat.

Tulisan juga harus lengkap secara struktur, mulai dari pembukaan, isi, hingga penutup dan kesimpulan. Selain lengkap secara isi, sahabat Qwords juga harus melengkapi persyaratan yang ditentukan, misalnya memasukkan keyword atau backlink sesuai apa yang sudah dicantumkan dalam peraturan lomba blog.

 

3. Membuat tulisan lebih dari satu

Untuk bisa lebih memperbesar peluang memenangkan lomba blog atau kompetisi menulis artikel, tidak ada salahnya jika kita mengirimkan lebih dari satu tulisan, dengan catatan jika persyaratan lomba blog tersebut memperbolehkan hal tersebut. Mengirim tulisan lebih dari satu juga bisa membuat juri menilai antusiasme kita dalam mengikuti lomba blog sehingga bakal mendapat perhatian khusus.

 

4.Tulisan yang unik

Tulisan yang unik dan berbeda dari tulisan-tulisan para peserta lomba yang lain tentu akan lebih memiliki peluang menang lebih besar. Tulisan yang unik juga akan langsung mencuri perhatian para juri yang telah bosan dihadapkan dengan banyak artikel seragam.

Untuk menciptakan tulisan yang unik, cobalah mengeksplorasi gaya tulisan yang berbeda dari tulisan-tulisan orang lain. Ambil angel atau sudut pandang yang tidak biasa yang berasal dari pengalaman pribadi maupun orang lain di sekitar kita. Misalnya, dalam lomba blog yang mengangkat tema “Pentingnya Website Bagi Pengusaha”, maka kita bisa mengambil cerita yang mengulas bagaimana mudahnya memasarkan produk dengan website dibandingkan promosi melalui media massa.

Struktur tulisan yang unik ini juga bisa menjadi ciri khas di setiap tulisan kita yang nantinya bisa membuat orang-orang mengenal dari gaya tulisan.

Baca juga: Hobi Ngeblog? Inilah Sejarah Blog dan Perkembangannya

5.Tema dan sudut pandang yang tepat

halaman posting blog wordpress
halaman posting blog wordpress

Tulisan yang kita tulis juga harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh penyelenggara lomba. Usahakan jangan melenceng terlalu jauh dengan tema tersebut dan lebih baik kita benar-benar mengupas secara mendalam mengenai tema yang ingin di angkat. Selain tema yang tepat, kita juga perlu menemukan sudut pandang yang tepat untuk tulisan tersebut, bagaimana contoh sudut pandang yang baik? Contohnya bisa di lihat kembali pada poin pembahasan sebelumnya.

Sudut pandang yang bnyak disukai adalah sudut pandang yang bersifat personal. Dengan sudut pandang yang lebih personal, sahabat Qwords bisa lebih mengupas secara mendalam tulisan yang ingin diangkat. Terlepas dari itu, sudut pandang yang lebih personal juga bisa menghasilkan tulisan yang lebih otentik sehingga bisa memberikan point of view yang unik dan berbeda dengan tulisan yang lain.

Lomba Blog Qwords Total Hadiah Rp7 Juta

Itulah beberapa tips yang perlu sahabat Qwords lakukan untuk bisa memenangkan sebuah lomba blog. Dengan tulisan yang tepat, sistematis, lengkap, dan mendalam, karya kita tentu akan menarik perhatian para juri dan membuka kesempatan lebih besar untuk menjadi juara.

Nah, bagi sahabat Qwords yang saat ini tertarik untuk mengikuti lomba blog, saat ini Qwords.com sedang menyelenggarakan Qwords Blog Competition untuk periode 24 April – 15 Juni 2020 dengan tema “Memaksimalkan Teknologi Informasi Di Tengah Pandemi”. Ayo segera daftarkan artikel karya Anda sekarang juga, dan dapatkan total hadiah hingga Rp7 juta.

Semoga bermanfaat.

6 Replies to “5 Tips Memenangkan Lomba Blog

    1. Tergantung dari ketentuan tiap penyelenggara lomba blog itu kak.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  1. Bagian membuat tulisan lebih dari satu itu saya rasa kurang objektif gan, soalnya tidak setiap penyelenggara membuat aturan sama

    1. Boleh tau atas nama siapa kak mendaftarnya?
      Nanti kita bantu cek.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak,
      Jangan lupa untuk urusan layanan Hosting percayakan pada Qwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *