Mengapa saat bulan Ramadan terasa berat untuk berhemat? Padahal, porsi makan yang semula 3 kali sehari sudah berubah menjadi 2 kali sehari. Ingin tetap hemat selama bulan Ramadan? Tips-tips berikut ini bisa jadi inspirasi.

Tips Hemat Selama Ramadan
Tips Hemat Selama Ramadan

Tips Hemat Selama Ramadan

1. Batasi bukber di luar

“Baru tips pertama kok sudah susah direalisasikan ya?”
Tenang, di mana ada niat, selalu ada jalan. Bukber atau buka puasa bersama sudah jadi tradisi saat Ramadan. Ajakan bukber dari teman, membuat kita makin sulit berhemat (mimin suka bener, deh!). Bukber boleh-boleh saja, selama tujuannya silaturahmi dan berkumpul teman-teman lama. Tapi, kamu bisa kok membatasinya. Jika tak ingin menolak ajakan, ada cara mudahnya! Saat penentuan lokasi, pilih tempat yang tidak butuh budget besar. Pilih saja tempat yang nyaman, karena yang terpenting adalah silaturahminya, bukan?

2. Takjil di Masjid

Siapa nih, sahabat Qwords yang suka buka puasa di Masjid? (Nggak apa-apa, mimin juga suka kok). Tak ada yang salah dengan buka puasa di masjid, tapi dahulukan mereka yang membutuhkan ya, seperti anak yatim, dhuafa, musafir, dll. Selama Ramadan, banyak masjid yang berlomba-lomba menyediakan takjil & makanan berbuka puasa. Biasanya, dana takjil diambil dari sumbangan warga sekitar. Sahabat Qwords bisa sesekali buka puasa di masjid. Hitung-hitung sekaligus sholat berjamaah untuk menambah pahala, kan!

3. Beli makanan berbuka secukupnya

Setelah seharian berpuasa, kita pasti akan lapar mata. Mengandai-andai makanan yang akan segera dilahap saat Adzan Maghrib berkumandang. Hasilnya, semua menu makanan & minuman berbuka dibeli. Gagal berhemat, makanan pun tersisa. Akhirnya makanan yang dibeli akan mubadzir. Karena itu, belilah makanan berbuka puasa secukupnya ya, sahabat Qwords.

4. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

Ramadan tak harus belanja pakaian & barang-barang baru kok! Tak perlu tergiur diskon di toko online maupun Sale besar-besaran di Mall. Cukup pakai baju yang rapi, karena yang penting adalah ibadah dan silaturahmi. Dengan menahan nafsu belanja, sahabat Qwords bisa lebih hemat. Setuju sama mimin?

5. Sisihkan uang Tunjangan Hari Raya (THR)

Dapat THR? Jangan habiskan begitu saja ya, sahabat Qwords! Simpan untuk tabungan, belanja seperlunya, dan sisihkan untuk keperluan sedekah agar lebih bermanfaat.

Itu tadi tips-tips hemat di bulan Ramadan. Semoga bermanfaat!
Selamat menjalankan ibadah puasa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *