13 Tips Sukses Bisnis Kuliner Online Tanpa Ribet

4 min read

Tips Bisnis Kuliner Online Tanpa Ribet

Pasar bisnis kuliner online saat ini mulai dilirik terutama oleh para generasi muda. Dengan majunya perkembangan internet yang semakin pesat dan sosial media yang semakin aktif saat ini membuat bisnis jual beli makanan menjadi semakin menjanjikan. Tetapi Anda perlu tahu bekal tips sukses bisnis kuliner online, karena ada banyak kompetitor yang memiliki bisnis sama dengan Anda.

Kuliner memiliki market yang lebar mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa semua suka. Apalagi dengan adanya sosial media, eksistensi seolah menjadi gaya hidup baru di sosial media. Ada kuliner yang sedang hits dan trending, maka semua orang tertarik mencoba dan mengupload pada sosial media tujuannya agar semua tahu kalau dia sudah mencobanya.

Tentunya dengan budaya seperti itu sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis kuliner online. Jika zaman dulu untuk memulai bisnis kuliner harus menyewa tempat, namun seiring dengan berkembangnya zaman berjualan pun tidak perlu memiliki tempat, cukup lewat online saja.

Jika ada kebingungan, kami memiliki rekomendasi bisnis kuliner online yang menjanjikan pada artikel sebelumnya. Silahkan Anda baca-baca kira-kira mau berbisnis apa.

Tips Bisnis Kuliner Online

Agar Anda tidak kebingungan, kami sudah menyiapkan tips sukses bisnis kuliner online tanpa ribet berikut ini:

1. Promosi lewat  sosial media

share social media
share social media

Sosial media dipilih paling pertama karena disini semua calon konsumen kita berada. Selain itu media sosial terutama Instagram dipilih karena fokus utamanya pada foto dan juga video. Anda perlu membuat foto dan video yang menarik agar membuat follower tertarik untuk mencoba, jika perlu Anda bisa menyewa food photografer yang sudah berpengalaman.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan lewat iklan berbayar yang disediakan oleh sosial media. Dengan menggunakan iklan Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dan tertarget sesuai dengan bisnis Anda. Tetapi perlu diingat untuk mulai beriklan Anda membutuhkan modal terlebih dahulu.

2. Pemesanan produk yang mudah

Karena semua berjalan menggunakan media online, konsumen pun menuntut agar proses pemesanan makanan bisa dilakukan dengan mudah. Jika prosesnya rumit kebanyakan para konsumen akan mengurungkan niatnya untuk membeli.

Untuk itu Anda bisa mendaftar di aplikasi pesan antar makanan online atau membuat website sendiri, dengan begini pelanggan tinggal pilih dan bayar. Nantinya driver akan mengambil pesanan dan mengantarkan kepada pembeli secara langsung. Opsi lain Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi untuk makanan yang tidak mudah basi.

Baca juga : Tips Jitu Menjadi Food Blogger Sukses

3. Kemudahan pembayaran

metode pembayaran
metode pembayaran

Dalam hal pembayaran juga perlu diperhatikan, sekarang ini kebanyakan para pembeli sudah menggunakan metode pembayaran E-Money seperti GoPay, OVO, LinkAja, DANA dan sebagainnya. Untuk itu Anda bisa mendaftar pada penyedia pembayaran online ini.

Jika tetap menggunakan sistem pembayaran dengan transfer bank, pastikan Anda memiliki beberapa rekening bank yang berbeda agar konsumen bisa memilih sesuai dengan rekening yang dimiliki. Ini dilakukan untuk antisipasi charge transfer antar rekening bank yang menjadi salah satu penyebab konsumen membatalkan pesanan. 

4. Diskon

Siapa yang tidak suka diskon harga? Pasti semua senang dengan adanya diskon. Anda bisa memanfaatkan momen-momen penting untuk memberikan diskon kepada konsumen. Diskon bisa berupa potongan harga atau gratis produk lain dengan pembelian beberapa item.

Prosentase pemberian diskon juga disesuaikan dengan strategi bisnis, jangan terlalu sedikit dan juga terlalu banyak. Pastikan harga sudah di atas HPP sehingga masih aman untuk mendapatkan profit dari penjualan kuliner.

5. Promo gratis ongkir

Selain diskon, Anda bisa memberikan promo gratis ongkir untuk setiap pembelian makanan dan minuman. Gratis ongkir ini bisa diberikan ketentuan untuk pembelian minimal berapa puluh ribu dan juga berikan jarak maksimal pengantaran makanannya.

Sering kali para konsumen kuliner online tidak jadi membeli suatu makanan dan minuman yang diinginkannya karena alasan ongkir yang mahal. Nah ini bisa menjadi salah satu tips sukses bisnis kuliner online dengan menggratiskan biaya pengiriman.

6. Mengadakan kuis dan giveaway

Cara Membuat Giveaway
Cara Membuat Giveaway

Semua orang senang dengan hadiah, apalagi bagi para pengguna sosial media yang aktif dengan follower yang banyak. Silahkan Anda mengadakan kuis dan juga giveaway kepada para followers dengan memberikan hadiah bisa berupa produk kuliner atau barang lain.

Tujuan utamanya disini agar mengenalkan bisnis kuliner Anda kepada pengguna lain, jika beruntung produk Anda bisa viral dikenal banyak orang. Nah mekanismenya paling bagus Anda bisa memberikan syarat dengan follow, tag teman dan buat instastory agar lebih menyebar informasinya.

7. Kerjasama dengan influencer

Agar para calon konsumen percaya, Anda bisa melakukan endorsement pada akun-akun food vlogger, influencer atau selebgram. Tujuan melakukan endorsement ini adalah mengenalkan produk kuliner yang Anda jual dan juga memberikan rasa percaya kepada konsumen lewat idola mereka di sosial media.

8. Testimoni pelanggan

Testimoni dari pelanggan yang sudah datang bisa menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kepercayaan bagi para calon konsumen baru pada bisnis kuliner online. Jika ada testimoni jelek masuk, Anda bisa langsung bertanya kepada yang bersangkutan menanyakan apa saja yang menjadi kekurangannya kemudian meminta maaflah dan berikan bonus agar pelanggan tersebut mau memperbaiki review sebelumnya.

9. Aktif dan ramah kepada konsumen

service ramah

Sosial media menuntut kita untuk selalu aktif, apalagi untuk akun Instagram bisnis kuliner online. Pasti akan ada banyak komentar dan juga DM masuk untuk menanyakan berbagai hal bisa dari harga, lokasi, jam buka, menu dan sebagainnya. Untuk itu siapkan satu orang tim bagian sosial media untuk menghandle semua kebutuhan sosial media.

10. Mengikuti bazar

Kesepuluh, walaupun bisnis kuliner ini kita jalankan secara online, tetapi Anda perlu mengenalkan secara offline salah satunya dengan mengikuti kegiatan bazar. Tujuannya agar calon konsumen yang tidak aktif di sosial media bisa tahu tentang produk-produk kita secara langsung. Jangan lupa cantumkan kontak dan juga akun sosial media Anda agar suatu saat bisa dibuka oleh para peserta bazar.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Sendiri Untuk Pemula

11. Inovasi menu

Inovasi perlu dilakukan terutama untuk bisnis kuliner. Inovasi bisa dilakukan dengan menambah produk baru atau mengupdate produk yang sudah ada. Tujuan inovasi ini agar membuat konsumen tidak merasa bosan akan produk kuliner yang di jual. Anda bisa melakukan riset pasar tentang menu-menu baru yang sedang trends dan banyak dicari oleh konsumen baik secara online atau offline.

12. Konsisten dalam hal rasa

Sering kali rasa saat pertama kali membeli akan berbeda ketika membeli yang kedua. Nah ini juga berlaku pada bisnis kuliner online. Pastikan dalam hal rasa selalu konsisten agar para konsumen tidak berpindah ke lain tempat. Untuk itu Anda bisa melakukan pengetesan sebelum pengiriman produk agar konsumen puas dengan apa yang didapatkan.

13. Memiliki website

Website kuliner
Website kuliner

Terakhir, sahabat Qwords harus memiliki website kuliner sendiri untuk bisa sukses bisnis kuliner online. Website dipilih karena bisa menampilkan berbagai pilihan menu, gambar dan video makanan lewat mesin pencari Google. Untuk mulai membangunnya juga mudah, Anda hanya perlu membeli nama domain dan juga hosting murah saja. Untuk tempat pembeliannya Anda bisa kunjungi website kami di Qwords.com.

Nah demikian pembahasan mengenai 13 tips sukses bisnis kuliner online tanpa ribet saat ini. Jika Anda memiliki rekomendasi tips sukses bisnis kuliner dengan media online bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *