Mengenal Lebih Dekat Tentang Teori Kepemimpinan

2 min read

Teori Kepemimpinan

Pemimpin memiliki peran penting yang cukup berbeda dengan kedudukan lainnya. Seorang pemimpin tidak bisa bertindak langsung semaunya melainkan juga harus mempertimbangkan siapa yang ia pimpin. Maka dari itu, seorang pemimpin wajib mengetahui bagaimana sebenarnya teori kepemimpinan itu. Ia harus tahu apa saja tanggung jawab dan perannya sebagai seorang pemimpin.

Pemimpin harus mempunyai etika memimpin. Jika dalam permainan bola kaki, pemimpin adalah seorang pelatih yang tidak diperkenankan masuk ke lapangan apabila timnya mengalami kebobolan. Seorang pemimpin harus memberikan hasil kerja dan konsisten dengan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Pengertian Teori Kepemimpinan

Teori Kepemimpinan
Teori Kepemimpinan

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin, maka wajib untuk mengetahui seperti apa teori kepemimpinan itu sebenarnya. Teori tersebut dapat dimaknai sebagai setangkup teori termasuk urusan sosial, ekologis, sintesis dan genetis guna bertanggung jawab serta memegang peranan penting dalam kelompok, organisasi, perusahaan maupun wilayah tertentu.

Beberapa ahli turut memberikan opini mereka tentang teori tersebut. Teori kepemimpinan menurut para ahli di antaranya ialah FA Nigro. Menurutnya, teori tersebut merupakan suatu teori yang bersifat khusus guna mempengaruhi aktivitas orang lain. Sementara itu menurut Ordway teori ini merupakan tempramen merger yang menjadikan seseorang untuk memberikan pengaruh guna menyelesaikan suatu pekerjaan.

Ahli George R Terry mengemukakan bahwa teori ini merupakan bentuk hubungan tertentu yang terdapat dalam diri seseorang guna memberikan pengaruh kepada orang lain secara sadar. Sutarto juga menyebutkan bahwa teori ini merupakan serangkaian kegiatan berupa penataan guna memberikan motivasi dan perintah kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Ahli lain seperti Stoner turut berpendapat bahwa teori ini lebih mengacu kepada proses terkait pengarahan serta usaha guna memberikan pengaruh kegiatan untuk berhubungan dengan orang lain. Terakhir, John Pfiffner mengemukakan bahwa teori ini merupakan bentuk kemampuan seseorang untuk mengkoordinir orang-orang agar bergerak demi pencapaian tujuan tertentu.

Syarat Seorang Pemimpin

Syarat Pemimpin
Syarat Pemimpin

Untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang mesti memenuhi sejumlah persyaratan dasar. Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin di antaranya ialah seperti berikut.

1. Problem solver

Syarat mutlak untuk menjadi pemimpin ialah memiliki karakteristik problem solver. Seorang pemimpin harus mampu membuat keputusan maupun mencari jalan keluar dari segelintir permasalahan yang menimpa. Seorang pemimpin diibaratkan sebagai nahkoda bagi kapalnya. Ia mesti tahu kemana harus membawa pergi kapalnya.

2. Senantiasa bersikap positif

Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda mesti senantiasa bersikap positif. Bersikap positif disini berarti netral. Anda tidak memihak kepada segelintir anak buah saja. Anda harus bijaksana dalam mengambil suatu keputusan serta meredam kemungkinan negatif dari permasalahan tersebut. Jika anak buah Anda bersalah, maka jangan ragu-ragu untuk menegur serta mengarahkannya menuju kebaikan.

3. Pertahankan komunikasi

Sebagai seorang pemimpin Anda wajib mempertahankan komunikasi. Komunikasi penting dalam menyikapi keadaan yang ada. Komunikasi yang lancar kiranya dapat menghindarikan diri dari risiko salah paham. Seorang pemimpin wajib memelihara komunikasi dua arah dengan anak buah. Jangan lupa untuk meminta feedback dari mereka agar dapat meluncurkan kebijakan baru.

4. Pandai menempatkan diri sebagai sumber inspirasi

Sejatinya seorang pemimpin harus mampu untuk menempatkan diri sebagai sumber inspirasi. Pemimpin wajib menjadikan dirinya sebagai panutan atau contoh bagi anak buahnya. Jangan pelit pengalaman. Pengalaman Anda nantinya dapat menjadi pelajaran berharga bagi anak buah. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman merupakan guru paling berharga.

5. Pandai menumbuhkan motivasi

Seorang pemimpin yang baik tentu saja pandai untuk menumbuhkan motivasi. Salah satunya adalah dengan memberikan apresiasi bagi anak buah yang memiliki prestasi. Misalnya, ketika anak buah Anda turut berpartisipasi dalam proyek kecil. Lantas, proyek tersebut pun berhasil. Lalu, Anda dapat memberikan apresiasi kepadanya lewat pemberian hadiah.

Tipe Kepemimpinan

Terdapat enam macam tipe kepemimpinan yang perlu Anda tahu. Tipe-tipe tersebut diperoleh berdasarkan penjabaran teori kepemimpinan itu sendiri. Beberapa tipe kepemimpinan di antaranya ialah seperti berikut.

1. Otokratis

Tipe kepemimpinan ini bermakna bahwa pemimpin sebagai penguasa tertinggi memiliki otoriter guna mengambil keputusan tanpa disertai adanya kritik yang berpengaruh bagi kebijakannya. Pemimpin tipe ini senantiasa sigap dalam memberikan penilaian kesalahan kepada bawahannya.

2. Militeristik

Tipe kepemimpinan ini senantiasa menerapkan kedisiplinan tinggi. Biasanya dalam menjalan tugasnya, pemimpin bergaya militeristik cenderung menggunakan cara memerintah. Pemimpin tipe ini juga gemar dalam berlaku formal yang cenderung berlebihan.

3. Peternalistis

Tipe kepemimpinan peternalistis memiliki kadar kebapakan tinggi. Biasanya pemimpin tipe ini cenderung berlebihan saat melindungi anak buahnya. Namun, anak buah dari pemimpin ini cenderung merasa aman dan terlindungi.

4. Kharismatik

Pemimpin tipe ini biasanya memiliki daya tarik amat besar. Pemimpin yang kharismatik biasanya mempunyai visi dan misi yang jelas sehingga dapat memotivasi bawahannya untuk dapat bekerja optimal.

5. Demokratis

Pemimpin berjiwa demokratis biasanya cenderung memberikan kebebasan bagi anggotanya untuk memberikan opini, menyampaikan aspirasi serta mengembangkan minat dan bakat. Tipe pemimpin ini dianggap paling memahami apa isi hati anak buahnya.

Informasi terkait teori kepemimpinan hingga tipe-tipenya tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda ingin menjadi seorang pemimpin bagi orang lain, maka sebaiknya coba terlebih dahulu memimpin pribadi sendiri. Jika berhasil menjadi nahkoda bagi diri sendiri, berarti Anda telah siap untuk menjadi nahkoda kapal bagi anak buah Anda.

Perlu diketahui bahwa Qwords tidak hanya berbagi informasi melalui artikel-artikel saja, tetapi Qwords memiliki layanan penjualan Hosting Domain Murah dengan kualitas terbaik. Untuk Anda yang saat ini belum memilki website bisa langsung memesan hosting domain disini.

Terima kasih

4 Replies to “Mengenal Lebih Dekat Tentang Teori Kepemimpinan”

  1. Terima kasih mas Eril untuk syarat2 pemimpin. Dari 5 tipe kepemimpinan ini, mana yang paling tepat untuk memimpin “millenials”?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *