Template Joomla adalah extension yang dapat mengubah tampilan dalam sebuah website. Secara khusus, ditujukan bagi Anda yang menggunakan platform Joomla. Di sini, ada dua jenis template yang digunanakan oleh CMS Joomla yang terbagi atas template front end, dan template back end. Fungsi dari kedua template tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

8 Rekomendasi Template Joomla Gratis Terbaik
8 Rekomendasi Template Joomla Gratis Terbaik

Apa itu Joomla?

Joomla adalah sebuah CMS atau platform yang dapat dipakai untuk mempermudah proses pembuatan website. Selain WordPress, salah satu platform yang sangat populer digunakan adalah Joomla. Jumlah penggunanya bahkan menempati posisi kedua terbanyak setelah WordPress. Mengusung konsep open source, Joomla download and use gratis dapat dijadikan pilihan.

Baca juga: Mengenal Joomla, CMS Populer Pesaing WordPress

Sementara itu, Joomla memiliki fungsi vital sebagai sistem manajemen konten yang bisa dipakai untuk pembuatan website perusahaan, maupun personal. Meskipun secara lebih detail, Joomla bisa digunakan untuk membuat blog, forum, media sosial, E-learning, hingga E-commerce. Untuk mempercantik tampilan website, maka Anda bisa memanfaatkan template gratis Joomla.

Sebagaimana WordPress dengan plugin-nya, Joomla juga menawarkan beragam layanan yang tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Joomla extension yang memungkinkan para pengguna untuk menambahkan fitur apa saja sesuai kebutuhan. Dengan demikian, website dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Fitur yang tersedia pun juga lebih optimal.

Baca juga: Perbandingan WordPress vs Joomla : Mana Yang Terbaik?

Seperti yang telah Anda ketahui, kalau dibandingkan dengan WordPress, fitur dasar yang disediakan oleh Joomla ini bisa dikatakan sangat terbatas. Oleh sebab itu, dengan adanya extension, maka memberikan kemudahan kepada pengguna. Anda bisa menambahkan fitur lain yang belum ada. Bahkan, disini ada ribuan extensions yang ditawarkan oleh Joomla.

Template Joomla

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, bahwa Joomla templates ini memiliki fungsi yang berbeda pada website. Template bawaan pada platform Joomla terdiri atas 2 jenis, yaitu front dan back end. Front end sendiri memiliki fungsi mengontrol bagaimana cara situs website akan ditampilkan kepada pengguna. Khususnya, yang sedang melihat konten di situs tersebut.

Template back end memiliki fungsi mengatur cara kerja administrasi pada suatu situs website. Jadi, supaya fungsi manajemen internal bisa lebih terkendali. Tugas dari administrator website sendiri antara lain mencakup: Pengguna, menu, artikel, kategori, modul, komponen, plugin, dan manajemen template.

Di bawah ini adalah perbedaan antara 2 template tersebut:

1. Template front-end

Front end akan mengubah bagaimana tampilan situs ketika dilihat oleh pengunjung. Sebagian besar template yang di instal akan digunakan sebagai front end. Karena pilihannya cukup terbatas, umumnya pengguna akan menginstal atau membeli template dari pihak ketiga. Supaya sesuai dengan kebutuhan dari website yang dioperasikan.

2. Template back-end

Pada bagian back end, template biasanya lebih jarang digunakan. Karena mengubah template back-end ini tidak terlalu penting untuk dilakukan. Template back end memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan antarmuka administrator. Disini, ada dua jenis template, yaitu Isis (default) dan Hathor (aksesibilitas).

Daftar Template Joomla Gratis

Karena template Joomla yang merupakan bawaan platform ini sangat terbatas. Pengguna bisa membeli atau download melalui pihak ketiga sebagai solusinya. Perlu diketahui, kalau mendapatkan template yang responsif tidak selalu harus mengeluarkan biaya. Ada beberapa free template yang bisa dijadikan pilihan. Di bawah ini adalah beberapa daftar template Joomla gratis tersebut.

1. Cameleon

Template yang satu ini bisa mengubah tampilan website menjadi sebuah situs biasa, portfolio, perusahaan, dan lain sebagainya. Template ini dilengkapi dengan beragam fitur yang responsif, dan juga Google font. Pengguna akan lebih mudah dalam mengganti tampilan pada font. Jadi, sangat membantu sekali apabila diaplikasikan oleh para pengguna Joomla pemula.

Menariknya lagi, Cameleon ini menyediakan 8 options warna, CSS3, image slide, HTML5, dan sebagainya. Template ini dapat digunakan oleh pengguna Joomla mulai dari versi 1.6 hingga 2.5.

Baca juga: 10+Template Blog Keren SEO Friendy dan Multifungsi (Terupdate)

2. Leo Restro

Bagi para profesional yang sudah lama berkecimpung dalam dunia platform website. Pasti akan merasa kalau nama template ini kedengaran jadul. Sebenarnya, nama tersebut sangat cocok mengingat tema yang diusung memang ada unsur zaman dahulunya. Anda bisa mempelajari versi demo terlebih dahulu sebelum memutuskan mengaplikasikan Leo restro.

Template Joomla satu ini menawarkan fitur berupa background yang bisa diberi warna, content, layout, text, dan juga image sesuai keinginan pengguna. Namun perlu diperhatikan, kalau template ini hanya bisa digunakan pada Joomla versi 1.7 hingga 2.5. Selain itu, Anda juga wajib memakai Leo Framework.

3. Kirion

Template multiguna ini bisa di aplikasikan pada semua jenis situs website untuk beragam kepentingan. Template ini menawarkan fleksibilitas dalam kustomisasi, dan sangat responsif. Tentunya tanpa peduli pengunjung menggunakan perangkat apa. Kirion hadir dengan empat header styles, dan menawarkan lebih dari 70 variasi modul.

4. Radon

Radon direkomendasikan secara khusus kepada seorang business owner pemula. Template ini menawarkan desain yang bersih, rapi, dan responsif. Radon juga dilengkapi dengan fitur pengaturan logo, tata letak, menu, kontrol font unlimited, dan integrasi ke Google Analytics.

5. Music

Free Joomla template yang selanjutnya adalah music. Template satu ini sangat direkomendasikan kepada Anda yang memiliki website bertema atau konsep musik. Mengusung tampilan keren pada bagian homepage, setiap konten akan dipisahkan dengan blok rapi. Hasilnya, website Anda kelihatan lebih apik dan enak dipandang.

Template ini juga dilengkapi dengan fitur berupa rating bintang. Dimana pengunjung bisa memberikan rating pada situs Anda secara langsung. Untuk template music, maka bisa dipakai oleh penggunaka Joomla dengan versi 2.5

6. Elastica

Meskipun gratis, namun fitur yang ditawarkan oleh Download Joomla template ini super keren. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Google font, change color, multi menu, logo, dan aneka layout. Dijamin tampilan website Anda menjadi lebih rapi, dan apik. Template ini hanya bisa digunakan pada platform Joomla versi 1.5 ke atas.

Selain itu, perlu diperhatikan juga kalau untuk bisa menggunakan Elastica, Anda juga diwajibkan untuk download dan instal T3 Framework 2 terlebih dahulu. Informasi lengkapnya dapat Anda searching sendiri melalui mesin pencarian Google.

7. Vertex

Pilihan template gratis lain yang dapat diaplikasikan pada Joomla adalah vertex. Selain menawarkan fitur responsif, template ini juga dilengkapi dengan Google font, PSD, hingga SEO. Untuk menggunakan vertex, maka Anda harus menggunakan Joomla minimal versi 2.5 selain itu, diharuskan juga menginstal S5 Vertex Framework.

8. Puresite

Fitur yang ditawarkan oleh Puresite sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Elastica. Framework yang digunakan juga adalah T3. Namun, Puresite ini lebih cenderung untuk business website. Karena menawarkan tampilan yang rapi dan bersih. Jadi, cocok untuk website yang memang mengusung tema formal, dan tertata.

Penutup

Sebenarnya masih ada ratusan template Joomla lain yang bisa dijadikan sebagai pilihan oleh pengguna. Namun, sebelum memutuskan untuk instal suatu template sebaiknya pelajari terlebih dahulu mengenai fitur yang ditawarkan. Misalnnya seperti space hosting, versi kode PHP, serta jumlah inodes yang tersisa.

Jika Anda membutuhkan paket web hosting Indonesia yang menawarkan performa terbaik, dengan teknologi Ultrafast SSD, Litespeed API, kapasitas penyimpanan besar, serta jumlah inodes yang memadai maka Anda bisa mencoba paket High Performance Cloud Hosting dari Qwords.com.

Paket hosting yang dirancang khusus untuk mengakomodir kebutuhan toko online, website perusahaan, serta situs pemerintahan ini dijamin bakal memberikan Anda kepuasan maksimal, baik dari segi uptime layanan maupun harga. Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik mencoba paket HPCH untuk mengoptimalkan kecepatan template Joomla?

Sampai jumpa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *