sbyhits

Hai Sahabat Qwords, siapa yang pernah berkunjung ke Surabaya?

Tak hanya kota metropolitan yang padat industri, Surabaya juga punya banyak tempa wisata yang hits untuk kamu kunjungi loh. Mulai dari Pantai, Museum, Taman kota, Galeri foto, Pusat Hiburan, Kuliner, Pusat Oleh-oleh, dan sebagainya. Yuk kenali tempat-tempat hits & kekinian di Surabaya!

Tempat-Tempat Hits di Surabaya

Pantai, Laut, Jembatan

Beberapa spot wisata berikut ini dijamin instagramabel banget! Bagi anda yang suka dengan pemandangan matahari terbenam bisa mengunjungi wilayah KenPark (Kenjeran Park). Selain pemandangan pantai Kenjeran, ada dapat berfoto di Pagoda & Klenteng Sanggar Agung. Detailnya yang unik dan tinggi menjulang membuat spot ini menjadi favorit untuk dipajang di media sosial.

klentengsanggaragung

Klenteng Sanggar Agung & Pagoda (Sumber: merahputih.com)

Tak ke Surabaya namanya kalau belum lihat Suramadu, katanya. Jembatan tol yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura ini terbentang sepanjang 5km di atas selat Madura. Pada malam hari, daya tarik lampu-lampunya yang gemerlapan sangat disukai oleh para pengunjung. Tapi, jangan coba-coba untuk berhenti di jembatan untuk berfoto ya! Anda bisa diciduk petugas keamanan karena mengganggu ketertiban jalan tol.

suramadu

Jembatan Suramadu (Sumber: kompas.com)

Nah, ini lokasi yang sedang hits di ujung utara kota Surabaya, “Surabaya North Quay”. Sebuah pelabuhan International di Tanjung Perak yang suasananya tak kalah dengan Airport. Tempat yang terhitung masih baru ini memiliki 2 lantai khusus ruang tunggu penumpang kapal, dan lantai 3 khusus untuk para wisatawan. Di lantai paling atas ini, anda bisa menikmati pemandangan laut sekaligus Pulau Madura di kejauhan. Jika anda sedang beruntung, anda akan melihat Kapal Pesiar International yang bersadar di gapura pelabuhan ini. Sangat menarik!

northquay

Surabaya North Quay (Sumber: tribunnews.com)

Taman-taman Kota

Surabaya terkenal dengan sebutan “Kota 1000 taman”. Karena spot taman-taman kota yang sangat banyak, Surabaya mendapat piagam dari PBB sebagai Global Green & Low Carbon City di tahun 2017 ini. Hijau dan rindangnya taman-taman ini bisa menurunkan suhu udara Surabaya yang katanya “hot” banget itu! Tak hanya tumbuh-tumbuhan dan rumput, taman di Surabaya dilengkapi dengan taman atraksi, jogging track, skate park, arena bermain anak, jalur refleksi, dan sebagainya. Sebut saja Taman Bungkul, Taman Prestasi, Taman Pelangi, Taman Apsari, Taman Mundu, dan taman-taman cantik lainnya.

taman bungkul
taman bungkul

Taman Bungkul (Sumber: infowisata.biz)

Galeri & Museum Bersejarah

Surabaya Kota Pahlawan, itu juga sebutannya. Karena pernah menjadi sejarah penjajahan Belanda di tahun silam, banyak dibangun museum & galeri untuk memperingati perjuangan arek-arek Suroboyo kala itu. Seperti Monumen Tugu Pahlawan dan museumnya yang berada di bawah tanah. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi House of Sampoerna yang berisi galeri benda2 unik & bersejarah. House Of Sampoerna juga menyediakan bus (Surabaya Heritage Track) yang dapat dinaiki secara gratis untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat bersejarah khususnya di Surabaya Utara.

houseofsampoerna

House of Sampoerna & Bus “Surabaya Heritage Track” (Sumber: eastjava.com)

Kuliner & Pusat Oleh-oleh

Tak berwisata namanya jika tanpa membeli oleh-oleh. Surabaya punya sentra oleh-oleh yang memuaskan anda dengan segala jenis makanan khas dalam 1 tempat, yakni Pasar Genteng Surabaya. Pusat oleh-oleh ini terletak di tengan kota berdekatan dengan Jalan Tunjungan. Selain kudapan khas, di sana juga ada toko-toko kaos & cinderamata dari Surabaya. Kalau ingin kulineran siap saji, ada beberapa tempat pilihan seperti Food Fest di timur Surabaya, G-Walk, Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Ampel, Nasi Cumi Pasar Atom, Bebek Sinjay, Depot Bu Rudy, dan masih banyak lagi.

foodfest

Food Fest Pakuwon (Sumber: pegipegi.com)

pasargenteng

Pusat Oleh-oleh Pasar Genteng (Sumber: foodgrapher.com)

Tempat Hiburan

Ini salah satu empat hiburan baru di kota pahlawan, Surabaya Carnival Night Market. Dengan biaya Rp Rp 75.000 di hari biasa dan Rp 100.000 di akhir pekan, anda sudah dapat menikmati semua wahana yang ada di taman bermain ini. Jam buka SCNM ini hanya dari pukul 4 sore hingga 12 malam. Sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata anda bersama keluarga terutama anak hingga remaja.

Anda ingin wisata ke tempat serupa namun dengan biaya yang lebih murah? Surabaya juga punya THR (Taman Hiburan Rakyat). Di akhir pekan anda akan menjumpai pagelaran seni seperti gamelan dan tarian khas Jawa Timur.

sbycarnival

Surabaya Carnival Night Market (Sumber: surabayarek.com)

One Reply to “Tempat-Tempat Hits di Surabaya”

  1. Tempat wisata yang murah meriah di Surabaya, hanya membayar karcis masuk 10rb-15rb, banyak hal yg bisa dilihat disini. Ada Patung Klenteng Sanggar Agung, Patung Buddha 4 Wajah, Pagoda dan lain-lain. Wajib masuk bucket list jika sedang travelling ke Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *