tangkalhoax

Beberapa waktu belakangan ini, masyarakat khususnya netizen kembali diresahkan dengan berita hoax. Berita hoax adalah berita palsu atau yang masih belum terbukti kebenarannya.

Cara Mengetahui Berita Hoax

Bagaimana cara kita menangkal berita hoax? Simak 5 cara berikut ini.

1. Cermati alamat situs

Cara yang paling sederhana mendeteksi berita hoax atau tidak yakni dengan memastikan bahwa berita tersebut berasal dari situs dengan nama domain atau website terpercaya. Jika Anda masih merasa ragu, paling tidak media tersebut umum dikenal banyak orang & berada di bawah naungan dewan pers.

2. Periksa dari judul sensasional/provokatif

Berita dengan judul yang provokatif pasti dibuat dengan tujuan menciptakan sensasi. Ujungnya tak lain hanya sebagai click bait agar situsnya dikunjungi banyak orang. Konten berita seperti ini jangan buru-buru dipercaya dan ditelan mentah-mentah, berita ini patut untuk ditinjau ulang kebenarannya.

3. Lihat nama penulis/tim redaksi

Pastikan artikel tersebut disertai dengan nama penulis. Anda dapat memeriksa latar belakangnya maupun media tempat ia berasal. Biasanya, oknum berita hoax tidak akan mencantumkan nama penulis (anonim). Anda perlu waspada dengan berita ini.

 4. Tinjau keaslian berita melalui media lain

Jika Anda merasa ragu-ragu dengan konten berita, lakukan pencarian melalui media lain. Anda dapat memilih portal berita online yang Anda percaya sebagai pembandingnya.

   5. Cek keaslian gambar

Berita hoax biasanya juga menggunakan foto yang diambil dari berita lain. Anda dapat membuktikan sebuah foto itu asli atau telah mengalami manipulasi dengan cara drag&drop foto tersebut ke Google Image. Dari situ, akan terlihat ulasan lengkap tentang gambar tersebut.

Semoga membantu, Sahabat Qwords Web Hosting Indonesia 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *