Tanda tangan memang cukup penting dalam sejumlah hal seperti yang berkaitan dengan pendidikan, negosiasi, perdagangan dan sebagainya sebagai metode verifikasi. Bahkan dalam jual beli online, tanda tangan juga penting dibubuhkan. Istilah ini familiar dengan tanda tangan digital.

Biasanya tanda tangan semacam ini akan diberikan pada bagian bawah surat. Pengguna juga bisa menambahkan tanda tangan virtual ini pada akun email bisnis. Ini penting demi menambah citra professionalisme Anda pada mata para customer. Anda pun tidak perlu khawatir untuk membuat suatu tanda tangan ini karena relatif sangat mudah.

 

Apa Itu Tanda Tangan Digital?

Tanda Tangan Digital, Identitas Baru di Dunia Maya
Tanda Tangan Digital, Identitas Baru di Dunia Maya

Barangkali Anda masih bingung dengan istilah tanda tangan ini. Tanda tangan digital adalah sejenis tanda tangan yang kerap dibuat via elektronik dengan fungsi sama seperti tanda tangan dokumen konvensional. Tanda tangan ini bisa digunakan sebagai pernyataan bahwa seseorang yang namanya ada pada dokumen bersangkutan telah setuju dengan hal apapun yang ada dalam dokumen tersebut.

Bca juga: Manfaat Email Colaboration Untuk Menunjang Aktivitas Bisnis

Tanda tangan ini akan memberikan jaminan yang jauh lebih aman ketimbang tanda tangan konvensional. Dengan kata lain, tanda tangan semacam ini bisa dijadikan jaminan kevalidan dokumen digital baik berupa jaminan identitas pengirim maupun keabsahan isi dokumen tersebut. Jadi, jangan sampai Anda mengabaikan tanda tangan ini.

Dalam penggunaannya sendiri sangatlah penting sebagai upaya pelestarian sejumlah sumber daya alam. Tanda tangan virtual mempunyai dampak positif bagi lingkungan karena dapat memberikan penekanan terhadap penebangan pohon yang seringkali digunakan sebagai bahan produksi kertas. Semakin hemat kertas tentu akan semakin baik bagi generasi mendatang.

Di samping itu, tanda tangan berbentuk virtual semacam ini juga mempunyai sejumlah kelebihan. Tanda tangan ini menjamin keamanan teknologi via asymmetric cryptography dibanding dengan tanda tangan konvensional. Terlebih lagi, penggunaan tanda tangan konvensional sangat riskan dipalsukan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Misalnya, saat terjadinya penipuan identitas seseorang demi meraup keuntungan. Hal ini tentu bisa sangat merugikan pihak yang bersangkutan. Untuk persoalan perlindungan hukum tanda tangan virtual ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Di negara Indonesia, tanda tangan virtual telah tercantum dalam UU Nomor 11 2008 terkait UU ITE pada pasal 11 ayat.

Selain tercantum dalam UU ITE, perlindungan hukum terhadap tanda tangan virtual ini juga dimuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 2012 yakni dalam pasal 52 ayat 2 dan 1 terkait penyelenggaraan transaksi dan sistem elektronik. Jadi, Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk melakukan tanda tangan ini. Seluruhnya sudah memiliki jaminan hukum yang aman dan minim risiko.

 

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

 

tanda tangan digital
tanda tangan digital

Membuat tanda tangan virtual ini tidaklah sulit. Selain bisa memanfaatkan aplikasi tanda tangan digital, Anda juga bisa langsung mengunjungi laman pembuatan tanda tangan ini. Cara membuat tanda tangan virtual semacam ini dapat Anda simak sebagai berikut.

1. Via web tanda tangan virtual

 

  • Kunjungi laman pembuat tanda tangan vritual yakni ‘Signature Online’.
  • Situs tersebut nantinya sakan menampilkan suatu kotak kosong yang tepat berada di bawah tulisan ‘Draw Your Signature’.
  • Mulailah dengan membubuhkan tanda tangan dalam kotak kosong tersebut. Pergunakan mouse sebagai bantuan mudah Anda.
  • Anda bisa mengulang tanda tangan hingga menemukan yang paling baik dengan sangat mudah. Gunakan saja opsi ‘Clear’ untuk memudahkan kerja Anda.
  • Apabila Anda sudah merasa membuat tanda tangan yang bagus, maka langsung klik opsi ‘Save’.
  • Nantinya, tanda tangan Anda akan muncul pop up dan klik tulisan ‘Download Signature’.

 

2. Via Gmail (di PC)

 

  • Buka laman pencarian internet.
  • Segera masuk ke dalam akun Google email Anda.
  • Ketuk iklan roda gigi pada sudut kanan di atas layar.
  • Pilih opsi ‘Setelan’.
  • Pada halaman ‘Setelan’ pilih ‘Umum’.
  • Gulir ke bagian bawah sampai menjumpai opsi ‘Tanda Tangan’.
  • Ketuk opsi yang terdapat di bawah ‘Tanpa Tanda Tangan’.
  • Ketuk opsi ‘Insert Image’ dan klik pilihan ‘Unggah’.

 

3. Via Smartphone

 

  • Buka aplikasi gmail.
  • Ketuk gambar tiga titik horizontal yang ada pada sudut kiri atas layar.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan menu ‘Pengaturan’.
  • Pilih akun Google email yang hendak Anda berikan tanda tangan.
  • Gulir lagi ke bagian bawah hingga menjumpai menu ‘Tanda Tangan Mobile’.
  • Ubahlah menjadi suatu tanda tangan yang dimaui.
  • Sayangnya, pembuatan tanda tangan via android maupun iphone tidak bisa menggunakan foto. Anda hanya dapat membuatnya dalam tulisan saja.

Baca juga: Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile

 

MailToGo
MailToGo

Membuat tanda tangan digital tidaklah sesulit seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Anda bisa membuatnya dengan sangat mudah baik via laman Signature Online, Gmail, atau smartphone. Adapun jika sahabat Qwords menggunakan layanan email colaboration G Suite atau email marketing MailToGo by Qwords.com, Anda bisa menyematkan tanda tangan digital seperti layaknya signature pada setiap desain promo dan newsletter yang dikirimkan ke calon pelanggan. Dengan begitu, bisnis Anda tentu akan mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi untuk dipercaya oleh banyak orag di masa yang akan datang.

Jangan lupa gunakan tanda tangan virtual secara bijak agar kelak di kemudian hari Anda tidak menjumpai penyalahgunaannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *