Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Apa Itu Tag WordPress? Apakah Berperngaruh Terhadap SEO?

2 min read

tag wordpress

Sebagai pengguna WordPress, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan tags atau tag.

Penggunaan tag sebenarnya juga kerap ditemui pada situs-situs berita. Setiap kali Anda mengeklik tag tersebut, Anda akan diarahkan menuju arsip atau konten yang relevan berdasarkan nama tag.

Dengan demikian, tag ini sudah seperti kategori, padahal kategori dan tag sangatlah berbeda konsep.

Nah, untuk mengetahui apa itu tag dan perbedaannya dengan kategori, serta pengaruhnya terhadap SEO, simak artikel ini, yuk

Apa Itu Tag WordPress?

Tag WordPress adalah label atau kata kunci yang digunakan untuk mengkategorikan dan mengelompokkan konten atau postingan pada website berbasis WordPress. 

Keberadaan tag membantu kita dalam menandai dan mengelompokkan konten berdasarkan topik atau kata kunci tertentu. 

Dengan begitu, konten dapat ditemukan lebih mudah terutama bagi pengunjung website.

Sekilas, tag dan kategori dalam WordPress mungkin tampak memiliki fungsi yang mirip; mengorganisasi dan mengkategorikan konten pada website. 

Namun, sebenarnya, keduanya memiliki perbedaan penting berdasarkan tujuan dan penggunaannya.

Ini Perbedaan Tag dan Kategori

Perbandingan Kategori Tag
Tujuan Utama Mengelompokkan konten dalam kelompok besar atau kategori utama pada website. Memberikan label atau kata kunci yang lebih spesifik pada konten.
Hierarki Dapat dibuat secara hierarki dengan subkategori. Misalnya, dengan kategori sepatu, Anda bisa menambahkan subkategori seperti flat shoes, running shoes, dll Tidak memiliki hierarki; setiap tag adalah entitas yang berdiri sendiri.
Penggunaan Biasanya, satu artikel ditempatkan dalam satu kategori utama. Beberapa tag dapat diberikan pada satu artikel.
Permalink Kategori tercermin dalam permalink dan mempengaruhi struktur URL. Contoh: website.com/teknologi/smartphone/judul. Tag tidak tercermin dalam permalink, sehingga URL tetap bersih.

Kesimpulannya, kategori digunakan untuk membentuk struktur besar website dan mengorganisasi konten secara hierarki, sementara tag digunakan untuk memberikan label pada konten yang lebih spesifik agar mudah ditemukan. 

Jadi, kategori lebih cocok untuk Anda pilih saat ingin mengatur konten dalam kategori besar dan terstruktur, sedangkan tag berguna untuk menandai posting dengan kata kunci atau topik yang lebih spesifik tanpa membatasi diri pada struktur tertentu. 

Keduanya memiliki peran yang berbeda dalam mengatur dan membantu pengguna menavigasi website Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Child Theme di WordPress untuk Pemula

Bagaimana Cara Membuat Tag WordPress?

  • Buka Dashboard WordPress > Posts > Add New.
  • Gulir ke bawah dan lihat pada bagian sidebar kanan untuk melihat menu tag seperti berikut ini.

Cara membuat tag di WordPress

  • Masukkan nama tag yang Anda inginkan, dan tentunya relevan dengan konten Anda.

Tag berhasil ditambahkan

Kelebihan Tag WordPress

  • Fleksibilitas dalam Mengelompokkan Konten: Karena tidak terikat pada hierarki atau struktur tertentu, penggunaan tag dapat memberikan label pada konten sesuai dengan topik atau kata kunci yang relevan.
  • Menyediakan Navigasi yang Lebih Akurat: Tag memungkinkan pengguna untuk menavigasi website lebih akurat. Sehingga, pengunjung dapat menemukan konten yang relevan atau topik yang spesifik dengan mengeklik tag.
  • Meningkatkan User Experience: Kelebihan lain dari tag yaitu membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan mereka menemukan lebih banyak konten yang menarik. Pada akhirnya, hal ini juga dapat mengurangi bounce rate.

Kekurangan Tag WordPress

  • Potensi Penyalahgunaan: Jika tidak berhati-hati, pengguna justru memberikan terlalu banyak tag yang tidak relevan yang dapat membingungkan pengguna. Dengan begitu, user experience akan sangat terpengaruh.
  • Kemungkinan Duplikasi Konten: Penggunaan tag secara berlebihan dan tidak terkendali dapat menciptakan masalah duplikasi konten. Pasalnya, tag yang sama dan muncul pada banyak artikel akan dianggap spam.
  • Tidak Membentuk Struktur Kategorial: Jika Anda ingin mengatur konten dalam kategori besar dengan hierarki, kategori lebih cocok daripada tag.
  • Pemeliharaan yang Diperlukan: Dalam website yang berskala besar dengan banyak konten di dalamnya, minimnya pengelolaan tag akan menyulitkan Anda dalam memantaunya. Maka, diperlukan pemeliharaan yang teratur untuk menghindari tag yang tidak relevan atau duplikasi.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache di WordPress dengan Cepat!

Apakah Tag Berpengaruh Terhadap SEO?

Secara keseluruhan, keberadaan tag sebenarnya berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam menavigasi suatu website.

Selain itu, pengguna juga akan lebih mudah dalam menentukan konten yang spesifik dan relevan.

Karenanya, user experience pengunjung terhadap website Anda akan meningkat. Sebagaimana SEO adalah soal kebermanfaatan, tag sangat berpengaruh dalam hal ini.

Namun, Anda juga perlu memahami bahwa praktik penggunaan tag pada WordPress juga harus tepat.

Caranya, Sahabat Qwords mesti mengaktifkan noindex tag agar halaman arsip tag tidak terindeks, yang menghindarkan Anda dari duplikasi konten.

Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan plugin seperti Yoast SEO atau yang sejenisnya. 

Jika menggunakan YoastSEO, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka dasbor WordPress dan klik pada Yoast SEO di menu sisi kiri untuk membuka menu Yoast SEO
  2. Klik Settings > Categories & tags > Tags Taxonomies, lalu Anda akan melihat opsi untuk mengatur tag
  3. Di bawah opsi “Tags” pilih nonaktifkan pilihan Show Tags in search results?
  4. Noindex untuk tag berhasil diaktifkan, dan Anda tidak akan terpengaruh oleh duplikasi tag karena mesin pencari mengabaikannya dalam pengindeksan

Tertarik Menggunakan Tag pada Tiap Postingan?

Tag adalah fitur bawaan WordPress yang dapat membantu Anda dalam mengelompokkan konten berdasarkan label yang telah diatur.

Dengan begitu, pengunjung pun dapat menavigasi website Anda dengan mudah, terlebih saat ingin menemukan konten yang relevan dan spesifik.

Penggunaan tag yang benar akan bermanfaat bagi pengguna. Sebaliknya, tag juga dapat memengaruhi SEO website Anda.

Jadi, setelah membaca pembahasan ini, apakah Sahabat Qwords tertarik untuk menggunakan tags dalam setiap konten yang Anda publikasikan?

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *