Syarat dan Cara Melakukan Transfer Domain

2 min read

Syarat Transfer Domain

Jika Anda pernah melakukan transfer domain, maka membutuhkan proses yang tidak sebentar. Apakah sahabat Qwords berencana melakukan transfer domain dari registrar lama ke registrar baru yang lebih menarik? Jika iya maka Qwords.com bisa menjadi salah satu tujuan transfer domain baru Anda.

Perlu dibedakan bahwa transfer domain dan membeli domain baru prosesnya berbeda, lebih cepat dan mudah membeli domain baru. Proses transfer domain sengaja dibuat lebih panjang karena alasan keamanan pengguna. Nama domain ibarat sertifikat rumah, tidak bisa dengan mudah berpindah tangan tanpa adanya pemilik langsung. 

Ada beberapa alasan yang menjadi alasan pengguna melakukan transfer domain:

  • Domain sudah memasuki masa perpanjang
  • Pindah ke layanan hosting yang baru
  • Pindah kepemilikan domain karena jual beli
  • Kurang puas dengan registrar lama
  • Tergiur harga murah dari registrar baru

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai syarat melakukan transfer domain dan cara transfer domain. Silahkan Anda ikuti pada pembahasan berikut ini agar tidak bingung saat melakukannya sendiri.

Syarat melakukan transfer domain

  1. Umur domain 60 hari

Minimal umur domain sejak didaftarkan yang bisa ditransfer adalah 60 hari. Jika belum ada 60 hari Anda harus menunggu terlebih dahulu. Untuk itu pastikan saat membeli domain pada registrar yang terpercaya dan memiliki layanan after sales yang baik. Bagi Anda yang berencana membeli domain baru, rekomendasi kami di Qwords saja.

ekstensi domain .com murah
ekstensi domain .com murah
  1. Sisa masa aktif domain minimal 30 hari

Masa aktif maksimal domain yang bisa ditransfer adalah 30 hari, jika kurang dari itu tidak bisa. Ini dilakukan untuk mengantisipasi proses transfer domain yang membutuhkan waktu lama. Biasanya saat kurang dari 60 hari perusahaan domain akan mengirimkan email informasi mengenai perpanjangan domain, jika berencana melakukan pindah domain maka saat itu sekalian mumpung masih banyak waktu.

  1. Email pengguna masih aktif

Selalu simpan username dan password untuk login pada website penyedia domain hosting yang Anda beli. Ini diperlukan karena untuk unlock domain, mengcopy kode EPP domain dan membuka WHOIS Protection. Selain itu saat terjadi masalah Anda bisa bertanya langsung pada support domain.

  1. Unlock domain

Pastikan sebelum transfer ke registrar baru domain sudah unlock. Jika Anda tidak tahu bisa menghubungi penyedia domain atau tim teknis registrar domain Anda.

  1. Nonaktifkan WHOIS Protection

WHOIS Protection

Pastikan juga Anda sudah menonaktifkan WHOIS Protection domain. WHOIS Privacy adalah layanan pada domain yang berfungsi untuk menyembunyikan data pribadi pemilik domain seperti nama, email, alamat, no telepon dan lainnya. Jika Anda membeli domain saran kami untuk mengaktifkan WHOIS Protection untuk menjaga keamanan data dari tindak kejahatan.

  1. Memasukan kode EPP

EPP code atau domain secret code adalah kode rahasia yang digunakan untuk proses transfer domain. Kode ini hanya bisa diketahui oleh pemilik domain asli, jika Anda tidak tahu kodenya bisa minta bantuan pada tim teknis penyedia domain.

  1. Tidak memiliki permasalahan hukum

Terkahir syarat transfer domain adalah domain tidak memiliki permasalahan hukum entah itu dengan brand, perusahaan atau merk dagang lainnya.

Kebijakan IRTP-C terbaru

Pertanggal 1 Desember 2016, Inter-Registrar Transfer Policy (IRTP-C) memberikan kebijakan baru tentang kontrak registrant domain. Kebijakan terbaru ini dibuat oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) berlaku untuk semua registrar domain global. Berikut isi kebijakan IRTP-C :

  1. Pemilik domain sudah tidak bisa lagi melakukan modifikasi pada registrar domain.
  2. Setiap ada perubahan data kontak registrant, maka akan dikenakan biaya seperti transfer domain. Adapun yang termasuk data kontak seperti nama depan, nama belakang, nama organisasi dan alamat email.
  3. Saat melakukan perubahan data informasi kontak, diperlukan konfirmasi antara registrant lama dengan registrant baru.
  4. Registrant lama dan registrant baru akan mendapatkan notifikasi perubahan kontak jika prosesnya sudah selesai.
  5. Setelah proses perubahan selesai, maka domain akan terkunci tidak bisa dilakukan perubahan lagi selama 60 hari kedepan.

Jika masalah IRTP ini belum jelas, Anda bisa langsung menanyakan pada customer service dari penyedia hosting domain yang Anda gunakan.

Baca juga : Mengenal Beberapa Istilah Penting Status Domain 

Cara transfer domain ke Qwords

Terakhir, kita akan membahas mengenai cara transfer domain ke Qwords. Jika Anda berencana memindahkan registrant lama Anda ke Qwords karena kurang puas, maka langsung saja ikuti pembahasannya berikut ini.

  • Lakukan unlock pada registrar lama Anda dan mintalah kode EPP. EPP Code berisi kombinasi angka dan huruf unik untuk otorisasi proses transfer domain, tanpa adanya EPP proses transfer domain tidak akan bisa dilakukan.
  • Silahkan lakukan order di Qwords pada menu “Transfer Domain” dan pilih “Saya ingin transfer domain saya ke Qwords”, Anda diminta memasukan kode EPP untuk melanjutkan, silahkan isikan data yang diperlukan.

    Proses transfer domain
    Proses transfer domain

  • Jika proses order sudah selesai, Anda akan dikirimkan email untuk pembayaran terkait biaya transfer domain. Jangan lupa setelah membayar lakukan konfirmasi agar segera diproses.
  • Silahkan tunggu akan ada email transfer domain confirmation, silahkan lakukan confirmation untuk merelease domain Anda ke pemilik yang baru. Email ini memiliki masa aktif maksimal 5 hari, maka dari itu segera lakukan konfirmasi.
  • Proses domain transfer berlangsung sampai dengan 5 hari tergantung dari kecepatan registrant domain yang digunakan.
  • Cek layanan Anda apakah domain sudah berhasil transfer atau belum.

Bagaimana sudah tahu syarat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan transfer domain dan cara transfer domain? Jika sudah jangan lupa saat perpanjang domain agar domain tidak expired.

Terima kasih

 

2 Replies to “Syarat dan Cara Melakukan Transfer Domain”

  1. Untuk domain yang sudah pernah di 301 ke IP trus di cabut dan di 301 ke IP baru bisa gk ?

    1. Bisa saja kak,
      silahkan dicoba saja.
      kalau butuh domain murah bisa pesan di Qwords saja.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *