Awalnya Youtube hanya digunakan untuk melakukan aktivitas berbagi video yang dapat dilihat oleh semua orang dan orang yang melihatnya pun dapat memberikan feedback berupa komen atau memberi like pada video tersebut. Dengan berkembangnya teknologi, video pada youtube dapat dimonetisasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tentunya Anda perlu memahami syarat monetisasi Youtube.

Apa itu Monetisasi Youtube

video youtube
video youtube

Saat ini telah banyak pengguna youtube yang melakukan monetisasi pada kanal youtube yang dimilikinya. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, monetisasi adalah sebuah aktivitas yang memiliki tujuan agar kanal youtube individu maupun instansi dapat memberikan penghasilan. Aktivitas monetisasi ini bersifat sah dan memiliki beberapa syarat pada penggunaannya.

Iklan atau adsense yang terpasang pada sebuah kanal youtube akan dikenakan biaya dan biaya tersebut nantinya akan diberikan kepada pemilik video tersebut. Tentunya terdapat beberapa syarat monetisasi youtube agar video pada kanal Anda dapat terpasang oleh iklan. Syarat-syarat tersebut dapat berupa banyaknya jumlah subscribers pada kanal Anda hingga isi dari konten video yang Anda upload.

Manfaat Pemilik Akun dan Pengiklan

Monetisasi memberikan kesempatan untuk pelaku usaha yang ingin mengiklankan usaha atau jasanya di dalam video yang dibuat oleh pemilik akun. Sama halnya dengan media lain, iklan yang terdapat pada kanal youtube akan dibebankan tarif sesuai dengan durasi dan konten dari iklan tersebut. Tarif yang dibebankan kepada pengiklan nantinya akan otomatis masuk kepada pihak Youtube terlebih dahulu.

Setelah biaya tersebut masuk ke pihak Youtube, nantinya biaya yang telah melewati prosedur pemotongan tersebut akan diteruskan kepada pemilik akun. Tidak semua video dan akun Youtube dapat menggunakan proses monetisasi ini. Terdapat beberapa prosedur yang perlu dilakukan oleh pemilik akun agar kanal Youtube yang dimilikinya dapat dimasuki oleh iklan.

Syarat dan Ketentuan

Syarat Monetisasi youtube
Syarat Monetisasi youtube

Untuk memberikan kesempatan bagi adsense agar masuk ke kanal youtube, Anda perlu melakukan beberapa prosedur terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar pengiklan juga mendapatkan manfaat dari banyaknya orang yang menonton video dari pemilik akun tersebut.

Tentunya pengiklan akan rugi jika mereka memasangkan iklan pada kreator yang hanya memiliki sedikit penonton dan konten yang ditawarkannya tidak menarik. Maka dari itu dibuatlah berapa syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi oleh para kreator youtube. Berikut adalah beberapa syarat monetisasi youtube yang perlu Anda ketahui sebagai kreator Youtube.

  • Memiliki Minimal 1.000 Subscribers.

Agar adsense bisa masuk ke akun Youtube, Anda perlu memiliki minimal 1.000 subscribers. Subscribers adalah akun youtube dari orang lain yang tertarik pada video yang Anda buat dan berlangganan pada kanal Youtube milik Anda. Dengan asumsi bahwa ketika Anda memiliki 1000 subscribers, dapat diartikan bahwa Anda telah memiliki pasar atas konten yang Anda buat.

Hal ini pun dapat menjadi sebuah parameter bagi pengiklan agar setidaknya iklan yang mereka masukan ke dalam video tersebut ditonton sebanyak jumlah subscriber pada kanal Youtube Anda.

  • Harus Memiliki Minimal Total 4.000 Jam Waktu Tonton

Syarat yang kedua adalah kanal Youtube Anda perlu memiliki minimal total 4.000 jam waktu tonton. Syarat kedua ini adalah untuk memastikan bahwa jumlah subscriber yang dimiliki oleh kanal youtube Anda adalah subscriber aktif. Hal ini karena terdapat beberapa kreator Youtube yang ingin mencurangi sistem dengan membuat subscriber palsu guna memenuhi syarat yang pertama.

Setelah kedua syarat dan ketentuan tersebut dapat terpenuhi, pihak Youtube akan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa kanal youtube tersebut layak untuk dijadikan media dalam beriklan. Setelah berhasil dan resmi di monetisasi, pemilik akun nantinya akan mendapatkan penghasilan yang akan dikirim secara rutin oleh pihak Youtube.

Baca juga : Belajar SEO Youtube Untuk Pemula

Ketentuan Konten

Youtuber Atta Halilintar
Youtuber Atta Halilintar

Youtube Partner Program ini bertujuan agar kreator selalu membuat konten yang bermanfaat dan menarik bagi para penontonnya. Namun, terdapat beberapa batasan dalam membuat konten agar akun Youtube tersebut tetap dapat di monetisasi. Salah satu contohnya adalah kreator dilarang membuat konten yang di dalamnya terdapat konten milik orang lain, seperti masik, video, atau artikel yang memiliki hak cipta

Jika kreator Anda sebagai kreator tetap melakukan pelanggaran tersebut, kemungkinan besar kanal Youtube Anda akan dilakukan pemblokiran dan otomatis monetisasi juga tidak dapat dilakukan kembali. Pelanggaran hak cipta pun memiliki risiko tuntutan hukum dari pemilik konten originalnya karena pengambilan sebuah konten tanpa adanya izin dari pembuat aslinya adalah pelanggaran hukum.

Penghasilan yang Anda dapatkan dari monetisasi tergantung dari jumlah subscribers, views, jumlah video pada kanal tersebut, dan durasi video. Semakin banyak jumlah dari parameter tersebut, semakin banyak juga biaya yang dapat Anda terima nantinya. Konten yang bagus dan mendidik pun akan menambah jumlah adsense pada video yang Anda buat.

Youtube saat ini telah menjadi salah satu media dalam mendapatkan penghasilan pasif. Dengan beberapa syarat monetisasi youtube yang telah dijelaskan diatas, Anda dapat menerapkannya dan mulai membuat konten yang menarik agar kanal Youtube Anda dapat di monetisasi.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords tidak hanya memberikan informasi tentang make money online saja, Melainkan memiliki layanan penjualan domain hosting murah untuk keperluan website dan blog Anda. Tunggu apalagi miliki domain hosting mu sekarang juga dengan Qwords.

146 Replies to “Syarat Monetisasi Youtube Saat Ini Yang Perlu Diketahui

  1. Banyak orang yang hanya memikirkan adsanse dalam membuat youtube dan melupakan konten. padahal konten adalah adsanse. Konten yang bagus akan memili adsanse yang banyak.

          1. Bagaimana kalo dalam satu tahun channel YouTube tdak mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang msih bisa dilanjut channel nya Samapi mencapai target yang diinginkan dan nantinya bisa di monetisasi?

  2. Mau nanya.. Kalo misal akunnya di buat dari tahun 2014 tpi smpe sekrang blum tembus 1000 dan 4000 menit. Klo depepnnya bisa tercpai tetap bisa di moneytase kan yaa min?

      1. Maksudnya aturan terbaru youtube masih bisa di monetisasi ?ketika jmlh subscribe 1000 dan waktu tontonnya lebih dari 4000 jam tercapai nya lebih dr setahun?

        1. Masih bisa dong tinggal ajuin aja,
          Tapi selama corona saat ini pengajuan waktunga sedikit molor dari hari normal biasanya.
          Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  3. Kak mau tanya,
    Kok ada channel YouTube yang isinya terjemahan komik tapi kok bisa dapet AdSense ya?
    Apa itu memang bisa?
    Terimakasih!

    1. Kalau ada iklan tampil berarti sudah diterima menjadi partner Youtube kak,
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  4. Permisi kak mau nanya, kenapa monetisasi yang saya ajukan ke youtube malah gagal ya,padahal saya sudah tembus 10000 subscr dan wktu tonton 20rb jam untuk 1tahun trakhir ini. Karena sy tidak tau juga waktu itu cara melihatnya bagaimana. Memang sudah 2tahun saya tidak upload video,dan baru 2minggu ini sy mulai upload lagi. Apakah itu termasuk kriteria juga ya? Jawaban di youtube monetisasi anda tidak memenuhi syarat untuk monetisasi, bahkan pilihan monetisasi dinonaktifkan,saya tidak mempunyai pelanggaran apapun dan tidak menerima email apapun dr youtube

    1. 4000 jam tanyang itu dihitung selama 12 bulan kak, kalau sebelumnya fakum berarti tidak kehitung karena sudah lewat dari satu tahun.
      CMIIW
      Terima kasih kak sudah berkunjung di blog Qwords.

  5. Kak Mau nanya dong, kan akun aku nih udah lama di buat nya 3 tahun yg lalu aku buat nya, tapi aku baru upload video nya tahun ini kak. Nah klo misalkan udah sampe 1000 subs Dan 4000 jam nya atau lebih gtu, masih bisa di monetisasi ga kak? Makasih kak 🙏🙏

      1. Kak, mau nanya dong aku kan daftar akun youtube sudah dari satu thun yg lalu, nah bulan lalu itu aku iseng” upload video durasi 15detik aja, setelah itu aku hapus lagi dan aku benar” niat kan ketika aku sudah nikah thun depan aku bakal aktif upload video ke youtube ,itu kira” gimana ya kak? apa masih bisa atau harus daftar akun youtube lagi?? Tlg dijawab ya, thnk

        1. Bisa kak
          Tinggal rajin upload saja sampai memenuhi syarat kemudian baru diajukan ke Youtube AdSense.
          Terima kasih

        2. Kak kan saya waktu itu mengupload video orang yg d gorok eh malah sama YouTube d hapus ,apakah itu pelanggaran dan masuk ke dalam kategori apa itu pelanggaran nya kak,dan apa hukuman yg akan saya terima dari YouTube makasih kak

          1. Kalau langsung dihapus Youtube berarti melanggar,
            Kalau isinya orang di gorok gitu sudah melanggar peraturan YT.
            Kalau tidak ada teguran apa2 berarti masih aman saja kak channelnya.

  6. Maaf ka mau tanya,
    aku buat channel maret 2019. pernah aploud video pertama. namun saya hapus. lalu saya aktif lagi aploud video bulan Juni 2020. apa ada kesempatan buat di monetisasi kedepannya?

  7. Awalnya saya mau nanya kk
    Tapi lihat kolom komentar sudah mewakili pertanyaan saya…
    Mkasih kk moga sukses
    hehe…

    1. Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

        1. Biarkan saja itu tetap tidak bisa kak,
          Nanti kalau sudah memenuhi tinggal daftar ulang saja.
          Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords,
          Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

  8. Min, mau nanya itu 4.000 jam harus tercapai dalam 1 tahun ? misal gak tercapai berarti tahun depannya mulai dari nol lagi ya untuk bisa monetisasi …..apa jam tayang tahun sebelumnya tetap terhitung???

    1. Tetap terhitung kak,
      Hitungannya bukan patokan tahun tapi 12 bulan secara bulat mulai dari bulan terakhir.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  9. Kak kalau kita pertama kali bikin akun ytub belum ada video sama skali trus kita daftarkan monetisasi baru bikin video apakah bisa?

      1. Assalamu’alaikum, izin bertanya apakah channel yang pernah menerima pelanggaran hak cipta 1 kali dapat di monetisasi?

        1. Lebih baik dihapus dulu atau nunggu sampai masa aktif pelanggarannya hilang kak,
          Pastikan tidak ada video yang terkena copyright juga saat pengajuan adsense.
          Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords,
          Untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

        2. Saya fakum 10 bulan dr tahun lalu… nah baru 3 minggu ini aktif lagi…. apakah sisa waktu saya untuk kejar tayang 4000 jam dan 1000 subscriber tinggal 2 bulan ??

          1. Bukan kak,
            dihitung 12 bulan mundur kebelakang dari sekarang.
            Terima kasih sudah berkunjung,
            Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords kak,

  10. Kak mau nanya, saya gak sengaja pencet monetiasi sebelum subcriber sama 1000 jamnya belum terpenuhi, kira2 itu channel aman gak? Takutnya kalau udah terpenuhi, tombol monetiasinya, tetap proses

    1. Aman-aman saja kak,
      nanti kalau sudah memenuhi silahkan didaftarkan lagi.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  11. Permisi kak mau tanya. Temen saya buat channel dengan konten cerita dewasa dan ada beberapa video yang terkena pembatasan usia. Pertanyaan saya apakah video yang terkena pembatasan usia bisa dimonetisasi? Terimakasih kak🙏

    1. Bisa kak asal penonton usianya sudah memenuhi saja.
      Tapi bukannya konten seperti itu melanggar ketentuan Youtube?

      1. Itu yang jadi pertanyaan saya kak. Karna kemarin ada teguran dari pihak youtube soal video tsb. Mohon pencerahannya kak🙏

  12. Mau tanya, dulu akun youtube saya sudah pernah dimonetisasi tahun 2014, saat itu belum ada aturan ini dan akun saya tetap bisa dimonetisasi meskipun tidak ada 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Kira-kira setelah keluar kebijakan yang baru ini, monetisasinya bakal dicabut atau gimana ya?

    1. Sepengalaman saya monetasi mati sendiri karena mengikuti sistem yang baru.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak.

  13. Kak, mau nanya, kalau misalnya saya upload vidio tanpa editan, kena tolak yuotube ga untuk monetisasi, soalnya sy bc kebijakannya , dilarang meng upload vidio template dasar, itu maksudnya apa ya

    1. Youtube malah senang dengan video-video original kak, mau di edit atau engga ga ada masalah kok.
      Template yang dimaksud apa ya? bisa kasih contoh atau link penjelasannya tidak?
      Terima kasih

      1. Saya juga ga ngerti template dasar itu apa, saya baca kebijakan monetisasi mbak, di bagian yg melanggar ketentuan

    2. Mau tanya kak, klo mau bikin konten seperti cocomelon apakan masih bisa monetasi, mengingat konten untuk anak banyak yg bilang ga dpt monet, tp saya lihat masih ad iklan keluar

      1. Kalau dicek ada iklan yang tampil kak, jadi channel tersebut tetap bisa di monetasi dengan iklan.
        jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  14. Saya juga ga ngerti template dasar itu apa, saya baca kebijakan monetisasi mbak, di bagian yg melanggar ketentuan

  15. Bang, apakah akun gmail yang kita daftar di Youtube and Adsence harus pakai nama asli atau inisial? thanks a lot atas informasinya.

    1. Harus nama asli,
      Karena setelah diterima ada proses verifikasi data dengan diupload ke Google.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  16. Kak mau nanya teman aku udah 1000 subscribe dan 4000 jam tayang kok belum di monetisasi ?
    Saya juga udah 1000 subscribe tapi belum di monetisasi?
    Mohon penjelasannya kak 🙏

    1. Sudah didaftarkan belum kak?
      Kalau sudah memenuhi syarat tinggal pengajuan aja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak,

  17. Maaf k mau tanya, saya buat akun YouTube dari bulan November 2019 upload Vidio yang kena hak cipta,bulan mei 2020 saya hapus Vidio yg kena hak cipta dan mulai rajin upload Vidio lgi.
    Kalo sampai bulan November 2020 belu memenuhi syarat Monet,mulai dari awal lgi ap diteruskan sesuai sub dan jam tayang yg sudah ada

    1. Diteruskan lagi kak,
      Hitungnya itu mulai bulan terkahir kebelakang selama 1 tahun, jadi kalau sudah lewat satu tahun tidak terhitung lagi.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak

  18. Kak. smisal saya buat akun youtub dan upload video trus belum ada 12bulan tapi sudah memenuhi syarat 1000subsrcbr dan 4000jam tyang, apakah saya bisa langsung daftarkan atau harus nunggu 12 bulan dulu baru di daftarkan?

    1. Bisa langsung didaftarkan kak kalau itu, gaperlu nunggu 12 bulan.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak.

  19. Kak mau tanya? Kemarin chanel saya sudah di monet,tapi kenapa sudah satu hari gak ada pendapatan ya tetep 0.00 $ ,padahal view video baru saya sekitar 5000 an view. Kira-kira kenapa ya? Terima kasih

    1. Kalau Youtube dashboard penghasilan gabisa realtime kak,
      Ditunggu aja nanti muncul.
      Pastikan juga video yang diupload berkualitas dan ditonton dengan intensitas waktu yang lama sehingga peluang iklan muncul berkali-kali.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  20. Kak mau nanya, youtube aku kan isi konten nya cover musik, trus rata2 kena Copyright, masih bisa kah untuk monetisasi channel? Terimakasih

    1. Bisa kak,
      Jika cover harus ada izin dulu ke pihak record dan penyanyi agar tidak ada masalah copyright.
      Jangan lupa jika butuh hosting segera hubungi Qwords.

      1. Tapi kalo seandainya ngga kita urus dan masih ada video yg kena copyright, apakah masih bisa di monetisasi kak?

        1. kalau nama channel youtube saya tidak pake nama asli gpp kan?apa itu mempengaruhi monetisasi nantinya balas

          1. Tidak ada pengaruhnya menggunakan nama asli atau nama lain kak,
            Asal saat pendaftaran AdSense menggunakan data sendiri soalnya ada kaitanyya dengan proses pembayaran.
            Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

        2. Kalau bisa bebas dari copyright, soalnya nanti saat proses pengajuan AdSense akan terkendala.
          Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  21. Kak mau nanya hari ini video aku di hapus oleh pihak YouTube karena pelanggaran hak cipta. Apakah saya masih bisa upload video atau tdk. Trus kalau video yg dihapus oleh YouTube saya hapus apakah jadi masalah Kak. Trus apakah jam nonton dari video tersebut yg sdh banyak akan terhapus juga atau masuk di monetisasi akun saya. Itu dulu yg sy mau tanya Kak. Mohon penjelasannya Kak. Terimakasih

    1. Jika sudah terkena penghapusan video dari Youtube supaya lebih berhati-hati, karena ini termasuk sudah pelanggaran yang berat.
      untuk bisa dan tidaknya tergantung dari surat teguran yang diberikan, biasanya akun tidak bisa melakukan upload saat sudah mendapat teguran dari pihak Youtube.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  22. Cara mengatasi doubel akun adsense gimana kak. Trus adsense yg satunya sudah lupa email dan sandi.. pertanyaanya apakah youtube saya masih masih bisa di monet kak. Sengdangkan akun adsen nya yg satu lupa sandi dan email? Trimakasih

    1. Apakah iklan masih tayang?
      Kalau sudah lupa email tidak ada cara lain yang bisa dilakukan kak,
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

    1. PIN biasanya dikirim 2 minggu sudah bisa sampai, ada yang lebih lama tergantung dari lokasi alamat tujuan saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords

  23. Mau nanya dong kak, Sudah lebih 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Tapi katanya monetisasi tidak diaktifkan karena ada klik tidak valid. Penyebabnya apa ya? Padahal belum masuk iklan. Sudah kirim banding udh lebih 1 bulan. Sebaiknya gimana ya solusinya..

    1. Apakah ada video yang terkena copyright atau permasalahan lainnya?
      Bisa diinfokan video yang dibahas tentang apa?
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords kak.

      1. Gak pernah kena copyright atau hak cipta kak. Video semua original bikin sndiri. Video ttg pndidikan kak. Sbnrnya sdh vakum 1 tahun. Dan 5 bln ini udh aktif kembali dan mncapai 1000 /4000 ini dlm jangka wktu 5bln ini.

        1. Gmn ya solusinya kk? Msh ada harapan di monet ga ya? Krn banding udh 1 bln lebih msh blm ada jawaban. Apa bikin chanel baru lg?

  24. Kak. Mau tanya dong. Subscriber sudah lebih 1000 dan sudah lebih 4000jam tayang jg. Pas daftar monetisasi ditolak dengan alasan klik tidak valid. Padahal tidak ada pelanggaran hak cipta atau kena copyright yg lain. Video smw original, bikin sndiri. Sudah ajukan banding jg, udh lebih 1bulan msh blm ada jawaban. Jadi bingung ksalahannya dimana. Sebaiknya gmn ya kak? Apa harus bikin chanel baru?

  25. Kak, video saya cover lagu..kena copyright..cara mengurusnya/minta izin Ke pihak record/penyanyi bagaimana caranya ya?

    1. Kalau ini kudu menghubungi pihak record atau penyanyi secara langsung kak.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords

  26. Kak mau tanya dong, saya baru mau bikin youtube buat anak2, (yg main anak anak) nah saya ada dengar katanya youtube anak uda ga bs di monetisasi tahun lalu, apa sekarang bisa atau ada perubahan baru atau gmn ya? Apa youtube anak anak sekarang sdh bs ada iklan nya ?
    Thanks kakak

    1. Peraturannya masih sama seperti tahun lalu kak,
      Jika memang ingin mencari monteasi dari hasil video Youtube bisa mencari niche lainnya.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords

  27. ka mau nanya dong
    apabila konten kita kena hak cipta apakah jam tayang masih kehitung ?
    soalnya saya liat banyak banget orang yang melakukan pelanggaran demi mendapatkan jam tayang dan viewer

    1. Tetap terhitung,
      Tetapi permasalahannya nanti saat pendaftaran AdSense biasanya akan susah diterima, ujung-ujungnya Anda harus menghapus video dan jam tayang akan hilang.
      Jadi lebih amannya hindari video yang mengandung hak cipta kak.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords

  28. Kak..tanya lagi..video cover musik saya durasinya 10 menit di dalamnya ada 2 lagu..yg 1 lagu kena copyright..yg 1 tidak..jadi dari 10 menit itu sekitar 4 menit durasinya itu kena copyright kalau dilihat di summary copyright..jadi apakah video 10 menit itu kena copyright semua atau cuma setengah? Trs perhitungan monetisasinya nanti gimana?
    Terima kasih

  29. Kak kalo channel dpt pelanggaran berat video langsung dihapus pihak youtube apakah setelah habis masa teguran masih bs monetisasi kak? Terimakasih kak

    1. Bisa tetapi menunggu masa teguran itu habis dulu kak, tp prosesnya lebih sulit karena track record channel sudah kurang baik.
      Terima kasih kak sudah berkunjung di blog Qwords.

    1. Melakukan upload film ke Youtube sudah melanggar hak cipta kak,
      Lebih baik upload video lain yang lebih aman-aman saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords Blog, jangan lupa kalau urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  30. Min, klu mau edit rek SM nomor hp d adsense gimana ya soalnya lupa pakek rek apa.
    N nomornya yg tercantum dulu udh gak aktif.
    SM comment video YouTube nya kok nonaktif cara aktfinnya gmna ya ?

    1. Bisa dilihat pada dahboard AdSense ada detailnya kak,
      Kalau comment Youtube kemungkinan bisa emang ditutup commentnya sama yg punya.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

  31. kak,apakah akun yang salah satunya ada video yang terkena copy right(masih bisa tayang)apakah mempengaruhi proses menuju verifikasi 4000 jam tayang?

    1. Ada pengaruhnya,
      Biasanya akan susah saat pendaftaran AdSense kak.
      Untuk amannya upload video yang tidak mengandung hak cipta saja.

    1. PIN dikirim setelah saldo adsense mencapai 10$ kak atau setara 130.000.
      Tetap semangat upload videonya ya agar segera memenuhi persyaratan.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  32. kak mau tanya,
    saya bikin akun youtube feb 2020 , kalau misalnya bulan feb 2021 saya belum dapet 1000 sub dan 4000 jam tayang, apakah kedepannya ketika saya sudah memenuhi syarat masih bisa monetisasi?

  33. Kak.. saya mau tanya channel saya sudah 4 kali mengajukan ulang dan sudah saya hapus video2 yang kena hak cipta di channel saya meskipun itu video hasil rekaman saya. Terus setelah saya hapus saya cek lagi di video2 saya sudah hijau semua dan tidak ada yang melanggar. Tapi kemarin saya ajukan lagi tetap di tolak…bagaimana solusinya kak?soalnya sudah 5rb subcribers saya…kasihan kalau tidak di monetisasi

    1. Channelnya tentang apa kak?
      Bisa jadi konten yang disajikan kurang berbobot.
      jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  34. Kenapa proses monetisasi saya lama prosesnya, padahal saya sudah memenuhi syarat, dan setiap saya cek, selalu ada pemberitahuan error pada monetisasi tahap ke 2!!
    Bagaimana cara mengatasinya?

    1. Silahkan cek kualitas kontennya apakah ada duplikat atau tidak,
      jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  35. Kak mau nanya kalau misalnya kena teguran copyrigjt lagu, nah kita sudah meng trim lagu tersebut smpe tidak ada tulisan pelanggaran hak cipta, itubisa di monet ga?

    1. Kalau lebih amannya lebih baik ganti dengan niche video yang lebih aman,
      Sekarang bisa aman belum tentu beberapa waktu kemudian kena review manual akhirnya tetap kena copyrights.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  36. Mau nanya kawan,,, aku uda memenuhi syarat 1000 sub dan 4000 jam tayang, uda aku klik daftar pada bagian bawahnya tu, dan langkah 1 uda selesai, cuman masuk di langkah ke dua yg membuat akun adsense tu blm bisa, coba beberapa kali tapi gagal terus ni, solusinya dong kawanku….

    1. Apakah email akun Youtube berbeda dengan akun email yang didaftarkan ke AdSense?
      Jika beda biasanya perlu melakukan switch akun terlebih dahulu.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  37. Halo kak.
    Saya sedang monetisasi youtube.
    Syarat subscriber saya sudah terpenuhi sebanyak 3000an.
    Lalu syarat jam tayangnya ada masalah kak. Di analistik, jumlah jam tayang saya 830.000 lebih, tp di menu pengajuan monetisasi baru mencapai 170-an jam tayang. Bagaimana ya kak dgn maaalah itu?

    1. Mungkin jam tayang masih belum masuk dalam analytics,
      karena biasanya ada delay waktu sekitar satu hari baru masuk dashboard Youtube.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  38. Bang kalo channel yang sudah berhenti hampir 1 THN dan belum di monetisasi lalu saya jalan kan kembali channel nya apakah nanti kalo sudah 1k sub dan 4k v bisa di monetisasi

  39. Halo Kawan mau tanya dalam 1 akun saya punya 2 channel, dengan spesifikasi berbeda yang satu (1) tentang budaya/tradisi yang 1 nya tentang tutorial pendidikan kalau itu saya gabung berpengaruh terhadap penilain YT apa tidak ya pada saat peninjauan untuk monetize.
    Hal ini saya tanyakan karena yang cannel budaya adalah tentang dekorasi wedding sebatas pengamatan saya di beberapa YT wedding sangat minim yang ada iklannya,
    Terimakasih

    1. Lebih baik untuk setiap channel dengan niche berbeda dipisah saja kak,
      Untuk urusan jumlah iklan yang tayang itu tergantung dari advertiser saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  40. mau tanya kak.
    klo kita lagi ngejar 4000 jam tayang, tapi video kita ada yang kena klaim hak cipta, apakah masih durasi video yang ditonton masih masuk ke itungan jam tayang?

    sebelumnya terimakasih kak atas infonya.

    1. Tetap masih dihitung kak,
      Biasanya akan terkendala saat pendaftaran AdSense karena ada konten yang mengandung hak cipta,
      Lebih baik dihapus saja dan upload dengan video yang baru.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  41. kak mau nanya, saya barusan sdh daftar kembali monetize. Yang sbelumnya di tolak dan video2 saya sdh saya perbaiki. Apakah ada trik dan saran tambahan apa yg di lakukan lagi stelah dftar ulang monetize. Biar cepat di terima? Terima kasih

    1. Selalu update konten yang beranfaat dan rutin saja kak agar proses monetisasi bisa segera diterima.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  42. Kak mau tanya, saya punya akun gmail dan sudah ada adsensenya untuk blog. Dan saya jg punya channel dg email yg sama. Channel tersebut akan saya monet.
    Apakah bisa email tersebut digunakan untuk monet akun channel yutub saya?

    1. Bisa saja kak,
      Tetapi lebih amannnya menggunakan email yang berbeda karena jika salah satu akun bermasalah tidak mempengaruhi akun yang lainnya.
      Terima kasih

  43. Kak cara agar di monetisasi gmn
    Apakah perlu daftar atau gmn
    Padahal SDH lebih dr 1000 subscriber dan 4000 jam tayang

    1. Apakah konten yang di upload ada yang kena hak cipta atau ada yg reupload video lain?
      Biasanya masalah utamanya itu saja yg bikin approve jadi lama.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

    2. Apakah konten yang di upload ada yang kena hak cipta atau ada yg reupload video lain?
      Biasanya masalah utamanya itu saja yg bikin approve jadi lama.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  44. Maap ka akun youtube saya nama gmail yang di daptarkan bukan nama asli saya..
    Malah nama kota tempat tinggalsaya contoh namakota@gmail.com.
    Nah apakah nanti akan di tolak di monetasi? Kan nanti akan minta data diri jadi bagaimana ka tolong penjelasanya

    1. Nama email tidak ada pengaruhnya untuk monetisasi,
      Pastikan data diri sudah sama dengan identitas yang anda daftarkan pada AdSense.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

  45. Kak misalnya channel nya udh 1000 subscriber dan 4000 jam tayang tetapi lebih dari 12 bulan apakah masih bisa monetisasi kak?
    Dan kalo monetisasi sudah di tolak 3 kali karena alasan video berulang apakah masih bisa monetisasi setelah mengedit video atau menghapus video yg berulang itu tolong di jawab kakk
    Terima kasihhh….

    1. Perhitungannya 12 bulan terakhir kak,
      Untuk bisa tidaknya belum bisa memberi jawaban, dicoba dulu saja kak siapa tau bisa berhasil.
      jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

  46. Mau tanya mas bro.. Jika monet pertama gagal terus yang kedua gagal. Apakah bisa ajukan monet yang ketiga?

    Bantuanya mas broo

  47. Mau tanya kak, jika videonya tentang media pembelajaran dan hanya berupa suara dan tulisan saja, apakah bisa dimonetisasi? Soalnya media pembelajaran diambil dari buku pelajaran. Mohon jawabannya, terima kasih

    1. Belum pernah mencoba kak,
      Dicoba saja kak kalau tidak bisa monetisasi bisa digunakan untuk jualan ebook media pembelajaran.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords,
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

  48. Mau tanya donk min, seperti kita tahu. Belakangan banyak uploader dengan Hastag “Alur Cerita Film” di Youtube. saya ingin tanya, apakah mereka dapat dimonetisasi ? karena saat sudah 3 bulan membuat channel youtube. setelah mengajukan monetisasi ditolak oleh pihak youtube.

    terus pertanyaan kedua, bagaimana channel channel seperti mereka bisa dimonetisasi ??

    karena untuk channel2 yang menceritakan alur cerita film. biasanya cepat mendapatkan view dan jam tayang.

    1. Film dan musik itu paling rawan kalau masalah copyright kak,
      daripada pusing channel mereka bagaimana mending urus channel sendiri saja biar cepat memenuhi sampai persayratan YPP.
      Cari niche video yang evergreen biar ga capek2 saat buat video.
      Terima kasih

  49. Mau nanya kak, kalau kita saling subscribe apakah bisa di monetisasi? Gak pake aplikasi, cuma kita secara manual orang dg orang. Terimakasih sebelumnya

    1. Bisa,
      Tapi kalau subscriber banyak ga ada yg nonton buat apa?
      Kuncinya kualitas konten video agar rame dan banyak orang yang nonton.
      Thanks

  50. Dh,
    Mohon petunjuk kami dapat email dari Youtue seperti ini ,

    Melalui email ini, kami menginformasikan bahwa Anda harus menerima kembali persyaratan YPP saat channel Anda memenuhi syarat untuk mengikuti program. Proses pendaftaran YPP, waktu tonton channel, dan jumlah subscriber tidak terpengaruh.

    Anda telah menandatangani persyaratan kontrak dengan YouTube terkait Program Partner YouTube (YPP). Sebelumnya, kami mengizinkan kreator untuk menandatangani persyaratan YPP di awal sebelum mencapai nilai minimum kelayakan. Kini, kami telah mendesain ulang proses ini. Catatan kami menunjukkan bahwa channel Anda belum memenuhi nilai minimum kelayakan untuk program tersebut. Dalam waktu 30 hari, jika channel Anda belum memenuhi syarat untuk YPP, kami akan membatalkan kontrak Anda.

    Namun, jangan khawatir. Begitu Anda mencapai nilai minimum yang dibutuhkan untuk YPP, hanya perlu beberapa klik untuk mendaftar ke program ini melalui proses standar kami. (Perlu diperhatikan bahwa Anda dapat memeriksa progresnya kapan saja di tab monetisasi di YouTube Studio.)

    Artinya untuk channel Anda

    Singkatnya, tidak ada yang berubah pada channel Anda. Satu-satunya perubahan adalah bahwa Anda harus menerima kembali persyaratan YPP setelah Anda memenuhi syarat. Cara Anda menggunakan atau menikmati YouTube tetap sama. Anda tetap memiliki akses ke semua fitur kreator yang memungkinkan Anda meningkatkan jumlah penonton, membangun komunitas, dan mengelola video. Anda dapat:
    Mengupload, mengedit, atau menghapus video
    Membaca, menanggapi, atau memoderasi komentar
    Menganalisis performa channel di YouTube Analytics
    Memperoleh praktik terbaik dan saran strategis dari Akademi Kreator
    Terhubung dengan Kreator lain di Forum Bantuan YouTube

    Terima kasih telah menjadi bagian dari Komunitas YouTube. Kami menantikan Anda untuk mendaftar ke program ini di masa mendatang.

    Hormat kami,
    Tim YouTube

    1. Tunggu saja sampai memenuhi persayaratan baru didaftarkan ulang.
      Dulu saya juga pernah pas pergantian persyaratan saat daftar harus 1000 subs dan 4000 jam tayang channel demonitize, kemudian saat sudah memenuhi bisa langsung daftar kembali.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.
      Terima kasih

    1. Halo

      Untuk melihat apakah video kena copyright atau tidak, biasanya akan ada email pemberitahuan dari pihak YouTube.
      Selain itu, jika video sedang di-monetize biasanya tandanya akan berubah warna menjadi kuning dan tidak bisa lagi menampilkan iklan.

      Semoga jawaban di atas bisa membantu.

      Terima kasih

      Salam

  51. Saya membuat kanal youtube sudah hampir 10 tahun yang lalu… dan baru terpikir saat ini untuk upload lebih banyak video… apakah tidak masalah dengan umur kanal youtube saya yang sudah 10tahunan? Apakah masi bisa di monitize?

    1. Halo

      Usia kanal Youtube sebenarnya bukan menjadi masalah, mau channel lama atau baru samasama bisa di monetize. Namun, dengan catatan asalkan kanal YouTube sudah memenuhi persyaratan jam tayang dan jumlah subscriber yang ditentukan oleh Google.

      Semoga jawaban di atas membantu.

      Terma kasih

      1. Kak mau nnya lagi ni klo vdio kita kena klaim hak cipta harus di apakan supaya bisa normal sperti biasa dan tidak berpengaruh saat sudah mncapai 1000 subscrber dan 4000 jm tyang? Dan bisa di monet?
        Mohon solusinya kak

        1. Kalau memang hasil video sendiri dan original bisa mengajukan banding tentang klaim hak ciptanya,
          Jika memang klaim bisa hilang, tetapi kalau kalah video akan tetap kena hak cipta.
          Solusi paling aman adalah menghapus videonya saja kak.
          Terima kasih

          1. Ooh msalnya vdio nya uda dhpus trus di gnti dngan vdio yang gak kena hak cipta terus mslnya uda tmbus 1000 sub dan 4000 jam tyang,itu pas kita mau monet ngk bermasalah?krna kta kan prna kena hak cipta mohon infonya bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *