Mengenal Macam-Macam Strategi Perusahaan

3 min read

Macam Strategi Perusahaan

Setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya memiliki strategi yang berbeda-beda ketika menghadapi berbagai situasi, kondisi dan juga pasar. Hal ini dilandasi karena setiap perusahaan memiliki kemampuan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Strategi perusahaan inilah yang menjadi kunci utama kedepannya agar perusahaan tetap bisa survive dan berkembang.

Dalam prakteknya, strategi bisnis perusahaan memiliki jangka waktu yang lebih panjang, biasanya dilakukan 3-5 tahun bahkan lebih lama. Strategi ini nantinya diharapkan menjadi tulang punggung perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Makanya penerapan strategi bisnis dalam perusahaan perlu dipikirkan secara matang, tidak perlu terburu-buru dalam bertindak.

Mencapai tujuan bisnis tanpa menggunakan strategi yang matang hanyalah angan-angan saja, karena diluar sana banyak perusahaan sejenis yang berlomba-lomba mencapai goal bisnis mereka. Bisnis yang Anda bangun tidak akan mampu bertahan lama tanpa menggunakan strategi yang tersusun dengan baik dan benar.

Lalu apa itu strategi perusahaan yang dimaksud? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Strategi Perusahaan

Mungkin diantara sahabat Qwords disini ada yang belum tahu tentang apa itu strategi perusahaan?

Nah agar jelas Kami akan mengartikannya secara terpisah. Strategi adalah suatu proses yang dilakukan dengan memiliki fokus pada tujuan jangka panjang disertai susunan rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi bisa juga diartikan suatu program yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.

Macam Strategi Perusahaan
Macam Strategi Perusahaan

Dari kedua penjelasan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa strategi adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian perusahaan menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 adalah suatu badan usaha di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri dan berjalan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Pengertian lain tentang perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi barang atau jasa. Perusahaan bisa disebut juga sebagai suatu lembaga atau organisasi yang berdiri pada suatu wilayah dengan menyediakan suatu barang atau jasa untuk dijual kepada konsumen dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Jika digabungkan, pengertian dari strategi perusahaan adalah suatu langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas produksinya sehingga menghasilkan keuntungan.

Pentingnya Strategi Bisnis

Seperti yang sudah disinggung diawal, mencapai tujuan bisnis tanpa strategi hanyalah angan-angan saja. Untuk itu suatu perusahaan perlu memiliki strategi bisnis yang baik guna menghadapi persaingan antar kompetitor bisnis. Berikut Kami sampaikan ada lima alasan mengapa perusahaan memerlukan strategi bisnis:

1. Tahap Perencanaan

Dalam mencapai tujuan, Anda pastinya sudah memiliki rencana-rencana untuk bisa sampai pada tujuan bisnis. Nah tahap pertama ini Anda perlu menyusun perencanaan secara matang sebelum melangkah pada tahap selanjutnya.

2. Identifikasi Kekuatan & kelemahan

Anda harus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki saat melawan kompetitor bisnis. Dengan begini Anda bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan juga memperbaiki kelemahan yang ada.

3. Efisiensi & efektivitas

Efisiensi bisnis
Efisiensi bisnis

Ketika semua sudah berjalan sesuai dengan perencanaan dan semua sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka kegiatan bisnis yang dilakukan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

4. Keunggulan kompetitif

Fokus utama dari strategi bisnis adalah dengan memanfaatkan kekuatan bisnis yang dimiliki sehingga barang atau jasa memiliki nilai yang berbeda daripada produk lain di mata konsumen. Tampilkan keunggulan dari produk yang dimiliki sehingga membuat konsumen bisa beralih dari kompetitor bisnis Anda.

5. Kontrol

Dengan memiliki strategi bisnis yang tersusun dengan rapi membuat Anda lebih mudah dalam mengontrol kegiatan bisnis, apakah semuanya berjalan sesuai rencana ataukah ada permasalahan.

Macam-Macam Strategi Perusahaan

Ada berbagai macam strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan, tentunya satu sama lainnya memiliki nilai plus dan minus. Untuk itu Kami akan memberikan contoh strategi perusahaan yang sering digunakan saat ini.

  • Pertumbuhan

    pertumbuhan
    pertumbuhan bisnis

Strategi perusahaan yang pertama adalah pertumbuhan. Perusahaan memerlukan waktu untuk mengenalkan produk baru atau update fitur baru kepada produk yang sudah ada. Tujuannya agar konsumen tidak beralih kepada produk kompetitor yang lebih dulu melakukan perubahan.

Contoh kasus paling gampang adalah perusahaan smartphone saat ini berlomba-lomba dengan memberikan fitur-fitur terbaru untuk menarik minat konsumen, jika telat tidak mengikuti trend  maka akan ditinggalkan oleh konsumen.

  • Menciptakan pasar baru

Dengan menciptakan pasar baru, Anda bisa leluasa untuk berjualan tanpa adanya kompetitor bisnis. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan strategi bisnis lanjutan untuk perusahaan kedepannya. Tetapi dalam proses menciptakan pasar baru ini memerlukan riset yang matang tentang trends dan kebutuhan dari konsumen.

  • Akuisisi bisnis

Jika perusahaan memiliki modal yang cukup, strategi akuisisi boleh dipilih. Perusahaan tidak perlu menciptakan produk atau jasa baru, tinggal melakukan akuisisi bisnis yang sudah ada saja. Contohnya Facebook melakukan akuisisi pada WhatsApp, Instagram dan lain sebagainnya.

  • Diferensiasi produk

    Diferensiasi produk
    Diferensiasi produk

alternatif lain perusahaan bisa melakukan diferensiasi produk ketika memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor. Sebagai contoh perusahaan Apple tetap percaya diri dengan sistem operasinya iOS buatan sendiri dibandingkan dengan Android yang memiliki basis pengguna yang besar.

  • Permainan harga

Nah yang terakhir adalah dengan memainkan harga. Anda bisa memberikan harga yang lebih murah kepada produk atau jasa dengan kualitas yang sama dengan kompetitor.

Nah bagaimana apakah Anda sudah menemukan strategi perusahaan yang cocok untuk bisnis Anda? bagi Anda yang memiliki anggaran yang rendah untuk menjalankan bisnis, Kami memiliki strategi lain yang lebih efektif yaitu pemasaran menggunakan media internet.

Anda bisa memanfaatkan website untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda miliki dengan bantuan website yang sudah dioptimasi sehingga muncul pada pencarian mesin pencari Google. Untuk memulainya cukup dengan membeli nama domain dan hosting bisnis serta optimasi mesin pencari dengan teknik SEO, dijamin produk atau jasa yang dimiliki dikenal oleh banyak orang.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *