Mau kan produk atau jasa dari bisnis yang Anda miliki bisa dikenal oleh banyak konsumen? Supaya bisnis yang Anda jalani bisa berkembang dengan pesat dan diketahui banyak orang, maka Anda butuh strategi pemasaran untuk mendongkrak performa bisnis Anda.

Istilah strategi pemasaran sudah tidak asing lagi didengar ditelinga.  Strategi inilah nantinya yang akan dijadikan patokan awal dalam menjalankan sebuah bisnis agar bisa berkembang. Terkhusus bagi Anda yang baru mau terjun ke dalam dunia bisnis, nampaknya Anda perlu tahu dulu apa itu strategi pemasaran 4P.

Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis
Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis

Neil Borden adalah pencetus Strategi pemasaran 4P yang pertama, 4P dalam marketing ini dulunya terinspirasi dari ‘Marketing Mix’ gagasan dari Culliton sekitar tahun 1940an. Strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan dari strategi pemasaran yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion.

Strategi Pemasaran 4P

Nah langsung saja kita bahas lebih lengkap mengenai strategi pemasaran 4P dan penerapannya dalam bisnis berikut ini:

1. Product

Strategi pemilihan produk
Strategi pemilihan produk

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki sebuah produk baik itu barang ataupun jasa yang akan dijual kepada konsumen. Jika Anda sudah memiliki produk silahkan evaluasi dari produk Anda apakah sudah siap untuk bersaing dengan produk kompetitor. Selain itu Anda bisa minta kritik kepada teman atau konsumen mengenai kekurangan produk yang diiliki agar menjadi lebih baik.

Kualitas produk yang baik tentu saja akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebaliknya jika kualitas produk jelek maka pelanggan akan merasa kecewa dan tidak merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang disekitarnya. Jika perlu Anda bisa melakukan riset produk agar mengetahui selera dari konsumen, caranya cukup mudah yaitu dengan mengamati produk sejenis yang lebih sukses, kemudian simpulkan kira-kira apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan, barulah diaplikasikan kepada produk bisnis Anda. Yang perlu diperhatikan dalam hal produk adalah:

  • Design produk

  • Kualitas produk

  • Merek produk

  • Packaging produk

  • Pelayanan

  • Garansi dan pengembalian

2. Price

Strategi penentuan harga
Strategi penentuan harga

Price atau harga menjadi salah satu hal yang vital dalam bisnis. Selisih sedikit saja Anda bisa kehilanggan konsumen. Untuk itu dalam penentuan harga Anda perlu melihat range harga dari kompetitor bisnis Anda. Apalagi bisnis Anda masih menjadi pendatang baru, lebih baik gunakan range harga yang sama dengan kompetitor.

Lalu bagaimana jika terpaksa memasang harga lebih mahal dari kompetitor?  Jawabnya Anda harus memberikan sesuatu yang lebih kepada konsumen seperti pelayanan yang lebih baik, packaging yang lebih mewah, kualitas yang lebih baik dan segainya. Intinya dengan harga yang lebih mahal Anda harus memberikan sesuatu yang lebih baik.

Yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga suatu produk:

  • Strategi penentuan harga

  • Diskon harga

  • Kemudahan pilihan pembayaran

3. Place

Pemilihan lokasi bisnis
Pemilihan lokasi bisnis

Place atau tempat menjadi salah satu hal yang penting. Jika Anda sudah memiliki produk yang bagus dengan harga yang menarik tetapi masih belum laku juga, berarti masalahnya berada pada tempat. Mungkin bisnis Anda lokasinya kurang strategis dan jauh dari jalanan utama sehingga konsumen sulit menemuannya.

Solusinya sekarang ini Anda bisa menggunakan website untuk menjangkau lebih luas konsumen bisnis Anda. Tidak hanya menjangkau area lokal saja, dengan adanya website bisnis, Anda memiliki jangkauan yang lebih luas dan dikenal oleh banyak orang. Anda tidak perlu khawatir cukup dengan membeli Hosting Indonesia dari Qwords. Tidak perlu khawatir karena tim kami siap membantu dalam proses pembuatan website sampai selesai.

4. Promotion

Strategi promosi
Strategi promosi

Promosi merupakan ujung tombak keberhasilan suatu bisnis, baik itu bisnis skala kecil maupun skala besar. Promosi adalah kegiatan dalam bisnis yang tujuannya utamanya mengenalkan tentang suatu produk ataupun jasa kepada konsumen. Dengan promosi produk Anda bisa dikenal luas konsumen sehingga permintaan dan penjualan produk yang dimiliki bisa meningkat.

Ada berbagai metode promosi yang bisa Anda gunakan seperti promosi konvensional dengan membuka stand atau ikut pameran, ada juga model promosi dengan media online seperti Google Ads, Facebook Ads, Sponsorship konten dan lain sebagainya. Dari segi jangkauan untuk promosi dengan media internet ini bisa lebih luas, bahan sampai luar negeri sekalipun. Nah tinggal Anda mau menggunakan media offline atau online dalam hal promosi.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai pemasaran 4P dan penerapannya dalam bisnis, bagaimana mudah bukan caranya? Sekarang saatnya Anda untuk mengaplikasikan strategi 4P tersebut pada bisnis yang Anda miliki. Tidak perlu takut gagal, silahkan dicoba dulu kemudian lakukan evaluasi rutin setiap bulan dan berikan target bisnis yang jelas. Jika masih mengalami kebingungan silahkan baca dulu pembahsan menegnai cara memulai bisnis online dengan mudah.

Jika ada tambahan mengenai strategi pemasaran yang bagus, Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *