Strategi marketing merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki jika bisnis Anda ingin berkembang dan dikenal banyak orang. Dengan berbekal konsep dan strategi marketing yang tepat seorang pebisnis pemula bukan tidak mungkin mampu mendapatkan potensi income hingga puluhan atau bahkan ratusan juta perbulan.

Baca juga: 10 Ide Peluang Bisnis Online Dengan Hasil Menjanjikan Saat Ini

Di era digital seperti sekarang ini, stretegi pemasaran bahkan menjadi semakin krusial karena terdapat beragam cara yang bisa dijalankan, baik secara online maupun offline. Lantas, seperti apa contoh strategi marketing yang efektif untuk mendongkrak omzet penjualan?

Berikut kami bagikan 7 strategi marketing ampuh yang bisa Anda jadikan referensi agar omzet bisnis Anda semakin berkembang.

Strategi Marketing Ampuh untuk Mendongkrak Omzet Penjualan
Strategi Marketing Ampuh untuk Mendongkrak Omzet Penjualan

Strategi Marketing Ampuh untuk Mendongkrak Omzet Penjualan

1. Buat Konten Pemasaran

Strategi Marketing dengan konten pemasaran
Strategi Marketing dengan konten pemasaran

Di era serba digital seperti sekarang ini para pelaku usaha dituntut untuk semakin kreatif agar bisa tetap bersaing dengan perusahaan kompetitor. Salah satu caranya yakni dengan melakukan adaptasi dari sisi pemasaran. Anda bisa menggunakan strategi marketing berbasis konten pemasaran yang tetap memberi edukasi meski didalamnya tersemat pesan-pesan provokatif untuk menarik calon pembeli.

Konten pemasaran sendiri ada berbagai macam, mulai dari video, gambar, hingga artikel yang ditulis diwebsite ataupun status media sosial. Jika ingin bisnis Anda lebih dikenal dan memiliki banyak pelanggan cara ini tentu sangat recommended untuk dicoba.

2. Tawarkan Program Refferal

Strategi maketing melalui refferal
Strategi maketing melalui refferal

Di dalam dunia bisnis, program refferal atau affiliasi sudah sangat umum ditemui. Strategi marketing yang satu ini bahkan bisa memberikan seseorang potensi pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan hanya dari hasil menjualkan barang-barang milik orang.

Apakah Anda siap untuk menyisihkan sebagian keuntungan dari penjualan untuk dibagikan kepada para kontributor yang mendaftar menjadi refferal?

3. Ikut Acara Pameran / Networking

Tidak peduli seberapa pesat perkembangan gadget dan teknologi, strategi pemasaran melalui networking dan acara pameran akan selalu mendatangkan potensi pembeli yang cukup signifikan untuk usaha Anda.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, salah satu alasannya yakni masih banyak orang yang lebih sreg ketika melihat produk dan berkonsultasi secara langsung melalui tatap muka. Untuk menarik minat calon pelanggan kuncinya ada pada pemilihan waktu yang tepat, jangan langsung memprmosikan produk bisnis kepada orang lain tapi tanyakan dulu masalah atau kebutuhan yang mereka alami kemudian tawarkan solusi.

4. Membangun Image Brand

Pernahkah Anda terfikir kenapa brand clothing Supreme bisa menjual kaos dengan harga jutan rupian? Padahal kualitas dan tampilannya tidak jauh berbeda dibandingkan kaos biasa? Jawabannya adalah branding.

Orang-orang rela mengeluarkan uang hingga belasan juta untuk sebuah pakaian bermerek karena mereka meyakini hal tersebut bisa menaikkan image strata sosial. Alasan lainnya, kerap kali didasari oleh kekuatan pengaruh dari publik figur seperti artis atau musisi idola.

Sebagai pelaku usaha, Anda juga bisa meniru strategi marketing seperti yang dilakukan oleh Supreme, dkk. Untuk memulainya pun tidak harus selalu dengan budget serba mahal, tapi bisa dimulai dengan cara memberikan endorse atau kerjasama kecil-kecilan ke beberapa teman yang dirasa memiliki pengaruh signifikan di lingkungan sekitar.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk mulai melakukan optimasi digital jika bisnis Anda masih belum bisa diakses secara online. Pasalnya, jika menunggu lebih lama lagi maka akan semakin banyak pesaing yang terjun sebagai kompetitor. Jadi, sebelum didahului oleh orang lain alangkah lebih baik jika mulai melakukan optimasi dari sekarang.

Proses optimasi mesin pencari sendiri bisa dilakukan ketika sudah memiliki website usaha dan sosial media. Ada banyak tutorial untuk melakukan optimasi, seperti menambahkan konten artikel yang mengundang konsumen, mempercepat loading website, hingga menambahkan kaidah-kaidah SEO seperti internal link, keyword stuffing, hingga ranah backlink.

Baca juga: Panduan Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Bayangkan jika Anda merupakan penjual tiket pesawat dan memiliki website berisi konten-konten seputar tips liburan yang disertai cerita menarik dari setiap perjalanan. Anggap saja pengunjung website tersebut sudah sebanyak 1.000 orang perhari, maka dalam satu bulan rata-rata sudah ada 30,000 calon pelanggan potensial yang bisa dikonversi menjadi pendapatan.

6. Email Marketing

email marketing qwords.com
Email marketing

Strategi marketing dengan cara lama terkadang memang sudah tidak relevan lagi ketika diterapkan di era sekarang, namun tidak dengan email marketing. Cara yang mulai ramai digunakan sejak awal kemunculan internet tersebut rupanya masih ampuh dalam mendongkrak efek penjualan secara signifikan. Terutama untuk para pelaku bisnis digital atau yang menyasar target utama dari kalangan perusahaan.

Perlu diketahui, strategi pemasaran melalui email marketing merupakan cara paling personal untuk menjaring calon pelanggan. Jadi jangan sekali-kali mengirimkan penawaran kepada seseorang yang alamat emailnya tidak didaftarkan secara suka rela ke layanan mailing list buatan Anda.

7. Influencer Marketing

Influencer marketing sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, namun beberapa tahun terakhir menjadi booming akibat perkembangan sosial media yang masif. Sampai detik ini peran infuencer memang masih sangat ampuh untuk mendongkrak omzet penjualan.

Kendati demikian, Anda juga harus jeli dalam memilih serta memilah calon influencer yang akan digunakan. Jangan sampai Anda justru memilih orang yang salah sehingga mengalami kerugian waktu serta materi.

Adapun tips untuk memilih influencer marketing sendiri terbagi menjadi tiga poin utama, yakni dinilai  dari jumlah followers, tipe konten, serta seberapa aktif interaksi followers yang ada di akun sosial media.

Penutup

Nah, itulah 7 strategi marketing efektif sebagai cara untuk mendongrak omzet penjualan. Selain beberapa contoh di atas sebenarnya masih ada banyak strategi pemasaran lain yang berpotensi menarik minat banyak pelanggan. Akan tetapi, untuk saat ini contoh strategi marketing di atas rasanya sudah cukup mumpuni untuk Anda pelajari sebagai bahan referensi.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mendapat gambaran yang lebih jelas terkait strategi marketing? Jangan lupa tinggalkan komentar ya jika memiliki tips atau pesan yang ingin ditambahkan. Cek juga halaman promo hosting murah dari Qwords.com jika Anda ingin membuat website bisnis dengan budget terjangkau.

4 Replies to “7 Strategi Marketing Ampuh untuk Mendongkrak Omzet Penjualan

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

      1. Bagus informasinya, semoga bisa menambahkan omzet yang senantiasa kita kejar agar bisa bertambah. salam hormat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *