4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan

3 min read

4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan

Ada begitu banyak strategi digital marketing dan kadang-kadang bisa sangat melelahkan ketika Anda mencoba memutuskan mana yang akan diprioritaskan. Pemasar yang mencari strategi pemasaran digital utama harus memiliki pemahaman yang jelas tentang bisnis, produk, dan demografi mereka sebelum memilih strategi pemasaran digital yang akan efektif untuk kebutuhan mereka.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Marketing Plan (Lengkap!)

Strategi pemasaran digital harus melibatkan peninjauan untuk memeriksa apakah semua kemampuan Anda siap membantu perusahaan mengelola semua titik sentuh digital. Bagaimanapun, strategi digital yang efektif akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat untuk membuat perusahaan sukses secara online.

 

Contoh Strategi Digital Marketing

4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan
4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk Menarik Pelanggan

Berikut beberapa contoh strategi digital marketing yang biasa digunakan para pebisnis yang bisa Anda jadikan referensi:

 

1. Blogging

Salah satu contoh strategi pemasaran terbaik yang bekerja untuk hampir semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten online pada topik yang relevan dengan bisnis Anda. Blogging membantu bisnis menghasilkan lebih banyak prospek.

Baca juga: Tips Blogging untuk Pelajar

Karena meningkatkan visibilitas secara online sambil juga memberikan informasi berkualitas yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas. Blogging adalah taktik pemasaran yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google.

 

2. Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen menggunakan saluran media sosial setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis Anda tidak eksis di media sosial, Anda tentu akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial.

Agar akun bisnis Anda semakin optimal, Anda bisa menggunakan tools pengelola sosial media yang saat ini banyak beredar. Misalnya, seperti Hootsuite untuk mengatur jadwal konten harian, hingga aplikasi Instasize yang sangat bermanfaat untuk mengedit konten agar lebih astetik ketika tampil di Instagram.

 

3. Email marketing

MailToGo
MailToGo

Email marketing adalah cara yang efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda di mana pun mereka berada. Tidak hanya sebagian besar konsumen memiliki alamat email, tetapi banyak juga yang benar-benar menikmati mendengar dari bisnis melalui konten email. Tapi jangan terjebak dalam perangkap membeli hanya untuk menumbuhkan daftar email Anda.

Ya, itu mungkin terdengar seperti jalan pintas yang baik dalam mengumpulkan arahan tetapi jarang dan hampir tidak berhasil. Ada kemungkinan besar bahwa orang-orang ini tidak akan peduli membuka pesan email Anda karena mereka tidak mendaftar untuk itu.

Baca juga : 5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

Atau lebih buruk lagi, Anda bisa berada dalam masalah besar jika orang-orang di daftar email yang Anda beli tinggal di Eropa karena Anda melanggar hukum Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR).

Jadi, begitu Anda memiliki daftar kontak email dan Anda mendapat izin untuk menghubungi mereka, Anda dapat mengirimkan berbagai jenis konten yang berbeda dari penawaran promosi hingga buletin informatif..

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk mengirimkan email marketing yakni dengan memanfaatkan layanan MailToGo. Layanan terbaru dari Qwords.com ini bakal membantu Anda mendistribusikan beragam promo penawaran produk, campaign, hingga pengiriman newsletter hanya dalam sekali klik.

 

4. Pay-Per-Click Ads

Pay-per-click atau PPC adalah contoh hebat lain dari taktik pemasaran yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan visibilitas online. Iklan PPC adalah iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Saat Anda membuat iklan ini melalui Iklan Google, Anda menawar kata kunci tertentu yang relevan dengan konten Anda. Ketika seorang konsumen mencari kata kunci ini di Google, mereka akan melihat iklan Anda di bagian atas halaman.

 

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah proses mempromosikan bisnis Anda secara online. Ada puluhan strategi berbeda yang dapat menjadi bagian dari proses ini. Semua strategi ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek dan secara konsisten mengembangkan bisnis Anda seiring waktu.

Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti search engine, email, media sosial, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Digital marketing merupakan  istilah umum yang digunakan untuk mencakup berbagai taktik yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan Anda dan membuat mereka membeli produk atau layanan Anda. Anda dapat memasarkan ke pelanggan potensial secara online melalui media sosial, situs web Anda, iklan atau bahkan kombinasi ketiganya. Tetapi Anda tidak harus melakukan semuanya sendiri.

Baca juga: Panduan Lengkap Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

Anda dapat menyewa perusahaan pemasaran digital yang menawarkan layanan pemasaran digital seperti SEO, manajemen media sosial, dan desain web. Seperti kebanyakan hal di dunia bisnis, jika Anda tidak memiliki strategi digital marketing, mungkin sulit untuk menentukan apakah Anda menghabiskan waktu (dan uang) untuk jenis kegiatan pemasaran yang tepat.

Meninjau berbagai contoh strategi dan taktik marketing juga dapat membantu Anda menentukan dengan lebih baik jenis marketing apa yang cocok untuk bisnis Anda.

Ketika Anda tahu jenis pemasaran mana yang paling menguntungkan, maka Anda dapat bekerja untuk menghabiskan waktu dan sumber daya pada kegiatan yang akan memberikan pengembalian investasi terbaik untuk bisnis. Tapi pertama-tama, Anda harus tahu apa strategi pemasaran digital dan apa yang berkembang menjadi strategi terbaik agar bisnis semakin berkembang.

Mitos Pengaruh Font Terhadap Performa SEO…

Dalam optimasi SEO, setiap aspek halaman website menjadi penting untuk mencapai peringkat yang baik dan meningkatkan visibilitas di hasil pencarian.  Salah satu elemen yang...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Apa Itu Content Velocity dan Pentingnya…

Persaingan yang semakin ketat antar website di SERP untuk mendapatkan trafik kunjungan semakin berat. Content Velocity menjadi salah satu kunci penting bagi para pemilik...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Promo Domain .NET Rp49.900: Harga Murah,…

Sebagai salah satu ekstensi populer di internet, domain .net menjadi pilihan banyak orang ketika ingin menciptakan kehadiran online melalui website. Ekstensi yang satu ini...
Jordy Prayoga
1 min read

7 Replies to “4 Contoh Strategi Digital Marketing Untuk…”

    1. Halo
      Terima kasih atas kunjungannya.
      Semoga websitenya bisa semakin maju dan berkembang.

      Salam

    1. Sama-sama kak,
      Semoga strateginya bisa diterapkan sehingga menghasilkan keuntungan.
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting percayakan pada Qwords.com.
      Terima kasih

    1. Terima kasih kak sudah berkunjung di Qwords blog.
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting bisa pesan di Qwords.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *