Pengertian Softaculous Auto Installer & Keunggulannya

2 min read

Mengenal Softaculous

Install CMS sekarang ini sudah semakin mudah dan cepat. Ada sebuah installer ototmatis yang dipergunakan untuk cPanel dan DirectAdmin dengan nama softaculous. Yang membedakan installer otomatis ini dengan jenis lainnya adalah kecepatan yang dimiliki. Sistem ini lebih cepat ketimbang jenis yang lain, dirancang untuk bisa menginstal semua skrip hanya dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan sistem ini, para pengguna tidak perlu repot melakukan pengiriman file, membuat database dan mengunduh sebuah situs atau website secara manual. Tercatat, terdapat 413 script yang bisa Anda instal hanya dengan satu langkah mudah, yakni cukup melakukan satu klik saja pada sistem ini.

Apa Itu Softaculous?

Mengenal Softaculous
Mengenal Softaculous

Softaculous adalah sebuah auto installer yang terdapat di hosting dengan fungsi mempermudah instalasi berbagai content management system atau cms disertai beragam aplikasi website atau situs yang bersifat open source.

Aplikasi dapat terinstal secara otomatis dengan pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi secara manual dengan menggunakan konsol. Pada umumnya, ketika Anda memiliki hosting dan ingin mempunyai banyak aplikasi, seseorang akan menyarankan untuk memakai aplikasi ini.

Seperti misalnya menginstal WordPress, install Prestashop lewat hosting menggunakan sistem ini dan lain sebagainya. Anda tidak perlu bingung jika masih belum mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki oleh sistem ini.

Sistem ini memiliki keunggulan yang diklaim tidak dimiliki oleh sistem lainnya yang sejenis, sistem ini mampu memberikan pembaharuan yang jauh lebih cepat untuk semua script yang ada di dalam hosting Anda.

Keunggulan Softaculous

1. Kontrol Panel Hosting Integrasi

Fungsi ini menjadikan sistem dapat dipakai dalam berbagai macam kontrol panel hosting, diantaranya seperti cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, ISPConfig, Hosting Controller, hingga CentOS Web Panel.

2. Auto WHMCS

Para pengguna yang memakai sistem ini dapat melakukan auto instal pada beberapa script yang dimiliki menggunakan WHMCS.

3. Pilihan Bahasa, Backup dan Auto Upgrade

Karena dibutuhkan oleh banyak masyarakat dunia, sistem ini memiliki banyak pilihan bahasa. Selain itu, softaculous juga bisa melakukan backup pada website disertai dengan pembaharuan secara otomatis hanya dengan sekali klik.

4. Mudah dan Cepat Membangun Website

Aplikasi di Softaculous
Aplikasi di Softaculous

Para pengguna dapat dengan mudah dan cepat ketika akan membangun sebuah situs atau website, menariknya hal ini bisa dilakukan tanpa Anda paham dan mengerti bahasa pemrograman. Anda bahkan tidak perlu melakukan instalasi secara manual seperti download file zip hingga upload situs.

Semua proses instalasi dapat dikerjakan serba otomatis, selain itu para pengguna juga dapat dengan mudah membuat sebuah toko online hanya dengan memakai prestashop atau openchart dalam pembuatannya.

5. Beragam Aplikasi

Sistem ini memiliki beragam aplikasi yang dapat Anda gunakan karena fungsinya sangat membantu. Contohnya, ketika Anda akan membuat sebuah blog, nantinya dapat memakai beberapa pilihan yang disediakan, seperti WordPress, Open Blog, Serendipity dan lain sebagainya.

Lalu, apabila ingin membuat portal bisa hanya dengan melakukan instalasi Joomla, Drupal, Mambo dan lain sebainya. Sementara itu beberapa aplikasi sepeteri Laravel, Codelgniter, Bootstrap hingga Yii dapat dipakai oleh para pengguna Framework.

6. Dukungan HTTPS

Proses penginstalan aplikasi atau CMS bisa dilakukan dengan menggunakan domain yang mempunyai protocol HTTPS. Satu hal yang perlu diketahui adalah Anda harus menggunakan protocol HTTPS, supaya proses transfer data menjadi lebih aman.

Beberapa keunggulan di atas dapat Anda miliki jika terlebih dahulu menginstal softaculous pada perangkat komputer atau PC Anda. Tidak perlu khawatir bagi Anda yang sudah menginstal sistem ini tetapi belum mengetahui cara penggunannya, berikut ini terdapat langkah mudah pemakaian.

Baca juga : Cara Mudah Install WordPress di cPanel

Cara Menggunakan Softaculous

Auto Installer Softaculous
Auto Installer Softaculous
  • Langkah pertama dalam menggunakan sistem ini adalah pastikan Anda memiliki hosting. Sistem ini tidak kan dapat bekerja dan digunakan jika Anda tidak memiliki hosting. Anda dapat membeli hosting murah di internet karena banyak yang menjualnya, selain itu Anda juga dapat memilih jenis hosting yang akan digunakan.
  • Jika sudah memiliki hosting, buka sistem, Anda akan mendapatkan akun cPanel. Lakukan log-in dengan akun cPanel tersebut, kemudian tuliskan Softaculous. pada kolom pencarian yang telah disediakan.
  • Jika Sudah, Anda kemudian akan diarahkan ke dashboard sistem ini. Mulai dari sini, Anda dapat mencari aplikasi dengan berbagai kategori yang akan diinstal. Gunakan kolom pencarian yang tersedia untuk mencari aplikasi yang akan diinstal.
  • Seperti misalnya, Anda ingin menginstal WordPress, cukup dengan mengetikkan nama tersebut maka akan muncul aplikasinya. Jika sudah muncul, langsung klik Instal Now dan biarkan proses instalasi berjalan.
  • Anda dapat mengisi kolom sesuai dengan panduan cara menginstal WordPress yang tersedia di internet. Beberapa fitur yang akan Anda dapatkan antara lain kolom Software, Setup, Site Settings, Admin Account, Advanced Options hingga Choose Language yang wajib untuk diisi.
  • Langkah terakhir dari cara penggunaan Softaculous adalah menanti hasil dari setiap langkah yang Anda kerjakan tadi. Jika Anda benar dalam mengaplikasikan setiap panduan, maka instalasi yang dilakukan akan berhasil.

Nah demikianlah pembahasan mengenal lebih lengkap softaculous auto installer. Di Qwords Anda bisa mendapatkan fitur Softaculous dengan membeli layanan Hosting Murah mulai dari harga Rp 19.900/bulan dengan mengunakan panel dari cPanel. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga dengan layanan terbaik dari Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *