Saat ini masyarakat di seluruh dunia sudah banyak yang mengakses email karena dirasa lebih mudah dan praktis. Dalam layanan email Gmail, terdapat beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui, terutama SMTP Gmail. Sebuah pengaturan yang berfungsi untuk mengakses surat elektronik dengan bantuan jaringan internet.

Email merupakan salah satu inovasi menarik yang digunakan hingga detik ini dan bisa diandalkan untuk berbagai keperluan seperti mengirim pesan, dokumen, gambar hingga video untuk jarak dekat maupun jauh seperti luar negeri. SMTP dari Gmail ini sudah dikembangkan secara baik di berbagai negara.

Bahkan untuk sebagian kalangan atau para pelaku bisnis, sistem emailing sangat berperan penting untuk beberapa aktivitas dan perkembangan bisnisnya. Meskipun begitu, masih ada sebagian kalangan yang belum mengetahui bagaimana metode dan cara kerja SMTP dari gmail. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

Apa itu SMTP Gmail?

SMTP Gmail
SMTP Gmail

Pada dasarnya email sangat dibutuhkan karena dinilai lebih mudah dan praktis. Simplenya, Mail Transfer Protocol atau disingkat SMTP merupakan media untuk mengirim dan menerima email dengan lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini digunakan oleh user untuk mengirim email dengan memanfaatkan jaringan internet ke penerima.

Sejak ditemukannya pada tahun 1982, SMTP berkembang sangat cepat. Pada awalnya SMTP tersebut bernama STN 10, yang kemudian diperbaharui pada tahun 2008 dengan berbagai jenis opsi di internet seperti HTTP sampai dengan Protocol TCP. Itu artinya bahwa SMTP sangat dibutuhkan karena digunakan untuk pengiriman surat elektronik dalam bentuk email.

Fungsi SMTP

Jadi apa fungsi dari SMTP Gmail? Fungsi dari aplikasi yang satu ini sudah kami singgung di atas. Bahwa SMTP sangat berperan penting untuk mengirim pesan yang berbasis elektronik atau sering disebut dengan istilah email.

Pengguna yang bisa mengirim pesan, tentunya yang sudah menggunakan alamat IP pada TCP melalui port 25. Didalamnya terdapat mesin antar host, sedangkan host  yang sering digunakan yaitu User Agent, MUA atau Mail Transfer Agent (MTA). Kemudian email tersebut akan diterima oleh IMAP maupun POP3.

Selanjutnya POP3 (Post Office Protocol 3) secara otomatis akan mengunduh dan menyimpan pesan melalui data server di SMTP. Dalam hal ini SMTP menggunakan TCP dengan port 10 sehingga dapat mengunduh pesan seutuhnya dan tidak melakukan selektif terhadap pesan yang masuk.

Jika semua pesan sudah terunduh, maka user bisa memutuskan koneksi internet dan memindahkan semua data yang sudah diunduh ke komputer. Adapun fungsi dari SMTP lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Membantu proses pengiriman surat elektronik menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Kerahasiaan pribadi lebih terjaga.
  • Terdapat banyak vendor yang sudah menyediakan layanan email bagi para user.
  • Mempermudah Anda dalam sistem komunikasi, terutama bagi Anda yang berada di lokasi jauh seperti di luar pulau atau luar negeri.
  • Bisa dilakukan kapan dan dimana saja.
  • Tidak membutuhkan biaya yang mahal karena tidak membutuhkan perangko.
  • Hemat tenaga bagi penggunanya.

Baca juga : Cara Membuat Signature Pada Gmail

Cara Mengaktifkan SMTP Gmail

Gmail
Gmail

Langkah-langkah cara mengaktifkan Simple Mail  Transfer Protocol Gmail bisa Anda terapkan dengan mudah dan cepat. Anda harus sudah memiliki akun google dan pastikan Anda juga memiliki akses menuju cPanel yang terdapat di hosting Anda. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Pertama, untuk bisa mengaktifkan Simple Mail Transfer Protocol Gmail secara benar dan tepat, maka Anda harus memulai dengan akses Less Secure Apps. Dalam hal ini, maka Google akan secara otomatis melakukan pemblokiran di perangkat yang dinilai tingkat keamanannya sudah tidak berstandar di era teknologi modern saat ini.

Agar bisa terhindar dari masalah tersebut, maka Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Less Secure Apps pada akun milik Anda.

2. Kedua, Anda harus login ke akun Gmail yang Anda miliki, kemudian Anda pilih menu setting untuk melakukan pengaturan. Dari Gmail login ini Anda bisa memilih menu Tap Forwarding IMAP/POP yang sudah tersedia. Setelah itu, Anda bisa memilih format Enable IMAP.

Jika semua telah selesai, Anda bisa melanjutkan ke tahapan PHPmailer yang berfungsi sebagai script PHP mail yang sudah tersedia yang nantinya akan Anda gunakan.

3. Ketiga, dalam tahap ini Anda sudah bisa mengakses repository PHPMailer dibagian Github dan kemudian langsung mendownload script-nya yang terdapat pada menu Download Zip or Clone.

Dari situlah Anda sudah bisa menyimpan secara langsung ke komputer Anda. Anda juga bisa menggunakan semua fungsi yang terdapat didalamnya, tentunya dengan cara yang baik dan benar.

Baca juga : Panduan Email Marketing Untuk Pemula

Hal ini yang memberikan kemudahan pada Anda, karena Anda bisa langsung mengirimkan surat elektronik ke alamat tujuan kapan saja dan dimana saja. Tentunya Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan mengirim surat elektronik menggunakan email. Disamping hemat tenaga dan budget, namun proses pengirimannya juga lebih cepat.

Qwords selaku salah satu provider web hosting Indonesia yang sudah berpengalaman puluhan tahun selalu berupaya untuk memberikan artikel yang informatif kepada semua pelanggannya, jika saat ini Anda belum memiki layanan hosting domain murah dari kami, segera daftarkan dan dapatkan promo-promo menaik kami.

Demikian sedikit informasi mengenai pengertian SMTP Gmail, fungsi dan cara mengaktifkannya.   Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *