Data menunjukan bahwa SMS blast yang bersifat memasarkan produk 98 persen dibuka oleh target konsumen dan 91 persen pesan tersebut dibuka hanya dalam waktu 3 menit. Hal ini menunjukan bahwa SMS adalah salah satu media yang penggunaannya masih dianggap penting, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

SMS memiliki sifat yang lebih personal sehingga penerimanya akan merasa jika pesan tersebut memang ditujukan untuk mereka. Jika dibandingkan media promosi lain seperti brosur atau iklan, SMS memiliki jumlah pengguna yang paling banyak karena pesan yang ingin disampaikan akan sesuai dengan target yang dituju. SMS pun memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan harus membuat brosur.

Apa itu SMS Blast?

Memanfaatkan SMS Blast Sebagai Media Pemasaran
Memanfaatkan SMS Blast Sebagai Media Pemasaran

SMS Blast adalah bentuk pengiriman SMS dengan nama pengirim adalah sebuah perusahaan, jadi nantinya pesan yang terlihat oleh penerima bukan berupa nomor handphone seperti biasanya, tapi sudah berbentuk nama perusahaan pengirim. SMS blast dapat juga disebut dengan broadcast SMS.

Broadcast SMS sangat cocok jika digunakan untuk mengembangkan perusahaan B2B (Bussines to Bussines) atau perusahaan B2C (Business to Customer) karena strategi pemasaran jasa atau produknya adalah dengan menyebarkan informasi ke konsumen aktif yang menggunakan ponsel. Strategi ini dirasa efisien dan tepat sasaran untuk ditujukan kepada konsumen.

Walaupun Broadcast SMS dapat dikatakan strategi bisnis yang telah kuno, strategi ini masih dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis awal. Menurut fakta, lebih dari 90% populasi di seluruh dunia menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Di dalam fitur setiap ponsel pun pasti memiliki fitur SMS di dalamnya. Hal ini lah yang menjadi parameter bahwa SMS masih menjadi bentuk strategi pemasaran yang efektif.

Tujuan SMS Blast

Tujuan SMS blast
Tujuan SMS blast

Sebelum memulai menggunakan jasa SMS Blast untuk strategi pemasaran produk atau jasa yang Anda miliki, sebaiknya Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu tujuan dari penggunaan strategi tersebut. Hal ini perlu Anda pahami agar pesan nantinya akan tepat sasaran dan hasil dari strategi pemasaran ini dapat berhasil. Berikut merupakan pembahasan strategi SMS Blast yang perlu Anda gunakan.

1. Pengelolaan Bersama

Penerapan strategi ini tidak dapat dilakukan dengan satu orang saja. SMS ini perlu didiskusikan terlebih dahulu secara bersama-sama tentang tujuan spesifik yang akan disetujui.

2. Isi Pesan yang Jelas untuk Konsumen

Anda perlu membuat suatu pesan yang dapat menarik konsumen agar melakukan sebuah tindakan terhadap produk atau jasa yang Anda pasarkan. Di dalam isi pesan tersebut harus jelas dan memancing rasa ingin untuk menggunakan produk tersebut. Hindari isi pesan yang membuat konsumen dapat merasa bosan dan langsung menghapus pesan tersebut dari kotak masuknya.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu FUP dalam Layanan Internet?

Anda perlu memperhatikan kata kunci yang ada di dalam isi pesan tersebut. Hindari kata yang berbelit-belit atau kalimat-kalimat yang kaku. Buatlah isi pesan yang unik dan perhatikan target pemasaran apakah telah sesuai dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan atau tidak.

3. Meminta Izin Terlebih Dahulu pada Konsumen

Sebelum melakukan broadcast SMS, sebaiknya Anda perlu mendapatkan izin terlebih dahulu dari konsumen. Namun tidak semua broadcast SMS harus mendapatkan izin dari konsumennya, contohnya seperti pesan yang dikirim oleh provider jaringan telepon.

Walaupun demikian, umumnya provider akan memberikan sebuah kode yang tujuannya adalah untuk menanyakan konsumen apakah tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan atau tidak.

4. Memiliki Konsistensi

Seperti bentuk pemasaran produk atau jasa lainnya, Anda perlu mempunyai karakter yang unik di dalam pesan yang ingin disampaikan. Maka dari itu perlunya ciri khas yang hanya terdapat di dalam strategi pemasaran perusahaan Anda. Untuk mendapatkan ciri khas tersebut tentunya perlu konsistensi di dalam memberikan pesan pemasaran dalam jangka waktu tertentu.

Cobalah untuk minimal 1 minggu sekali untuk tetap mengirimkan pesan promosi agar konsumen semakin yakin bahwa perusahaan Anda serius dalam mengembangkan produk atau jasanya. Hal ini nantinya akan juga mempengaruhi rasa ingin mencoba bagi para konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Melakukan Integrasi Saluran Media

Dengan menggunakan cara ini, Anda juga kemungkinan akan mendapatkan informasi tentang media lain konsumen yang dapat dijadikan alat promosi produk atau jasa Anda. Jika konsumen membalas pesan yang disampaikan, Anda akan mendapatkan beberapa channel seperti email, akun media sosial, atau blog dari konsumen.

Kelebihan SMS Blast

Beberapa perusahaan besar menggunakan strategi SMS blast karena kelebihannya dibandingkan dengan strategi lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang menjadi alasan SMS blast banyak digunakan sebagai media pemasaran produk.

1. Proses yang Cepat

Broadcast SMS hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk mengirim dan menerima pesan untuk konsumen. Anda hanya perlu menyusun kata-kata yang bermanfaat dan langsung ke tujuan utama agar konsumen tertarik untuk membacanya.

2. Ramah Lingkungan

Karena tidak menggunakan kertas atau papan reklame sebagai media pemasarannya, tentu broadcast SMS ramah terhadap lingkungan. Broadcast sms dapat dikirim cukup melalui pulsa atau SMS blast gratis via internet.

3. Bersifat Personal

Dengan pesan yang langsung terkirim ke nomor konsumen, tentu pesan tersebut akan bersifat lebih personal jika dibandingkan dengan email atau media pemasaran produk lainnya yang dikirim dan disebarkan melalui suatu sistem.

Penggunaan broadcast SMS saat ini telah menjadi kebutuhan penting untuk strategi bisnis sebuah perusahaan. Cara ini telah terbukti dapat meningkatkan jumlah pendapatan dan jumlah konsumen. Anda akan berhasil menggunakan cara ini jika Anda dapat konsisten dan memiliki ciri khas di dalam pesan yang disampaikan tersebut.

Penggunaan SMS juga menjadi opsi menarik karena bisa diterima oleh masyarakat luas. Penggunaan media seperti WhatsApp, dan aplikasi chatting lainnya tentu belum begitu familiar, demikian pula dengan media sosial seperti facebook, twitter, dan instagram yang masih didominasi oleh generasi milenial.

Kendati demikian, memanfaatkan strategi marketing dengan SMS Blst saja tidak cukup jika bisnis Anda ingin melampaui kompetitor. Gunakan juga website atau situs profesional yang bisa diisi dengan konten Company Profile, Portofolio, keunggulan produk, dan informasi penting lainnya.

Tertarik untuk mencoba? Yuk, segera amankan nama domain website Anda sekarang juga, kebetulan saat ini Qwords.com sedang memberikan berbagai promo So March Fun untuk mengakomodir segala kebutuhan website Anda.

Samai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *