Server Lokal

Tanya : Apa bapak menyediakan server lokal ?
Jawab : Tentu Iya, kami ada server lokal…
Tanya : Apa Speknya ?
Jawab : Dual Core 2,6 Ghz Ram 2 GB 2x320GB HDD 2x1GBps Nic
Tanya : Wah Keren… saya mau hosting disana pak!
Jawab : Tentu… Silakan…
Tanya : Boleh test koneksi kesana pak ?
Jawab : Boleh, coba buka http://127.0.0.1/test.bin
Tanya : …?????

Begitulah kira-kira kalau ada yang menanyakan mengenai server lokal, Bandwidthnya kemana..?
Sebetulnya yang anda perlukan untuk server itu bukanlah seeking time (satuan ms) untuk mencapai server itu, melainkan berapa bandwidth yang dimiliki server tersebut terhadap anda (seharusnya berapa bandwidth anda untuk internet dan seberapa besar ISP anda memiliki bandwidth untuk mendownload contentnya)

Seharusnya masalah masa lalu seperti masalah routing, dan seeking time (satuan ms) yang menjadi isu dari jagoan kandang (penjual hosting IIX) yang tidak memiliki bandwidth internasional itu sudah basi! (Hoi berapa bandwidth kalian ke International ? =)) )

Saat ini seeking time sudah tidak menjadi masalah, justru yang menjadi masalah adalah berapa Bandwidth ISP anda ke Internasional?

Bohong kalau situs yang anda akses adalah situs dalam negeri semua, mayoritas warnet penuh karena content gratis seperti yahoo, google, friendster. Memperbanyak content dalam negeri pun agaknya masih bisa dibilang mustahil, karena amat mahalnya infrastruktur untuk colocation di dalam negeri, seperti sewa rack yang masih mahal, bandwidth yang kecil, dan semua hal yang tidak bisa membuat usaha anda bersaing dengan usaha sejenis di luaran sana.

Dan untungnya, mayoritas ISP pun berlomba-lomba meningkatkan kapasitas koneksinya ke luar negeri, tentu saja, cita-cita kami yaitu server luar rasa lokal pun bisa terpenuhi, klien dari Speedy, XL, Indosat ke Qwords.com bisa mendapatkan maksimum bandwidth yang mereka beli, semisal XL mengizinkan 384Kbps, maka klien pun akan mendapatkan kapasitas seperti itu jika mendownload file / website dari server kami.

Lalu apakah masalah datacenter server Qwords.com amat mempengaruhi kecepatan ini?
Belum tentu benar, itu semua tergantung bagaimana konfigurasi dari mesin, dan juga maintenance rutin yang harus dilakukan!

Masih Mau Web Hosting Murah di Lokal (Localhost??) 😀

9 Replies to “Server Lokal

  1. Trus kenapa dong Mas, google harus naruh server di DC lokal di masing – masing negara termasuk Indonesia ?

  2. newbie nih. numpang nanya. saya ikut hosting lokal IIX di lain tempat. lelet abis diakses dari luar. temen saya di amrik minta ampun gak bisa buka. dah ngelamar ke google adsense ditolak gara2 down katanya. dikasi pilihan lain server di US, tapi pertanyaan saya:

    1. apakah ikut server lokal di sini bisa diakses cepat ama teman saya dan google di luar? mungkin penjelasan fasilitas bandwith qwords lebih dirinci di sini. atau,
    2. kalo ikut server luar, apakah berarti saya harus ngisi form pajak buat google? ribet kan kalo harus isi pajak.

    itu saja, jawaban om di sini bisa membantu saya menentukan pilihan hosting saya secepatnya. thanks

  3. @Angga, google ngga punya server di masing masing negara
    semua ada di San Fransisco
    @Doni, kami belum menyediakan server di Indonesia untuk keperluan klien retail, sedang form pajak untuk google tidak perlu.

  4. Denger2 khan ada akamai, jadi gambar2 ditaruh di server lokal di masing – masing negara sehingga akses bisa lebih cepat … friendster melakukan hal ini juga khan ?

  5. hehehehe… mo coba pindah hostingan kesini ah, lumayan 40MB plus ada RoR 🙂 lokasi deket dari rumah, kalau complain bisa langsung dateng, syukur syukur dapet kopi gratis (+ Cemilan di alpina???) 😛

  6. tapi kalo target pembaca blog kita adalah orang lokal gimana dong?
    🙂

    itu yg pernah jadi pertanyaan saya waktu Ym dgn qwordsinfo1.
    *i’m still confused*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *