Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mengenal SEO Off-Page, Seberapa Efektif untuk Website?

3 min read

SEO OFF-PAGE ADALAH

Setelah Anda belajar tentang SEO On-Page pada artikel sebelumnya, ada sisi yang lain dari SEO yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni SEO Off-Page.

Menerapkan SEO dari satu sisi saja tentunya akan terasa kurang maksimal. Maka dari itu, Anda juga perlu fokus pada sisi Off-Page supaya pengaruhnya bisa terasa lebih besar.

Nah, jika Anda sedang belajar dan/atau memulai mendalami SEO Off-Page, pelajari selengkapnya melalui pembahasan kali ini, yuk!

Apa Itu SEO Off-Page?

Jika SEO On-Page adalah bentuk optimasi website dari sisi internal website, maka SEO Off-Page adalah kebalikannya, yaitu mengoptimasi visibilitas website pada mesin pencarian dari eksternal (luar).

Secara konsep SEO Off-Page memang berisi strategi yang untuk meningkatkan eksposur website dari luar, dengan cara yang populer adalah link building.

Namun, itu hanyalah salah satu dari beberapa cara yang lainnya. Praktik SEO Off-Page memang berkaitan erat dengan sebuah metode yang satu ini.

Padahal, SEO Off-Page sebenarnya lebih dari itu. Untuk mengetahui cara-cara yang lainnya, ikuti artikel ini hingga akhir untuk mengetahuinya!

Mengapa SEO Off-Page Penting?

Demi mendapatkan hasil terbaik dalam meningkatkan visibilitas website, Sahabat Qwords tidak bisa memisahkan antara SEO Off-Page dan On-Page begitu saja.

Keduanya saling melengkapi dan dan memiliki kelebihannya masing-masing. Adapun beberapa alasan mengapa SEO Off-Page memiliki peranan yang penting.

1. Bisa Meningkatkan Visibilitas dan Peringkat Website

Dengan menerapkan strategi SEO Off-Page yang efektif dan tepat, Anda bisa meningkatkan authority website Anda mesin pencarian, yang pada akhirnya akan meningkatkan peringkat serta traffic website Anda.

2. Mendatangkan Traffic yang Relevan

Dengan backlink dari website yang relevan dan memiliki authority topik yang tinggi, Anda bisa berpeluang besar mendapatkan traffic yang lebih relevan, sehingga juga dapat meningkatkan angka konversi.

3. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas Website

Aktivitas SEO Off-Page yang positif seperti pemberian ulasan dan partisipasi aktif di komunitas online, media sosial, atau yang lainnya akan membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas di antara audiens Anda.

Teknik SEO Off-Page yang Bisa Anda Praktikkan!

Setelah Anda mengetahui pentingnya SEO Off-Page dalam meningkatkan visiblitas website, mari simak beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya!

1. Mendapatkan Backlink dari Website yang Relevan

Backlink adalah tautan dari website lain yang mengarah ke website Anda, maupun sebaliknya. 

Mari analogikan website Anda sebagai seorang koki. Ketika banyak koki profesional dan terkenal menyebut bahwa Anda adalah seorang koki yang piawai dalam memasak makanan, maka kredibilitas Anda akan dengan cepat meningkat.

Sama halnya dengan website. Ketika banyak website relevan yang menjadikan website Anda sebagai rujukan karena kontennya berkualitas, hal ini dapat mendongkrak reputasi dan authority website Anda.

Namun, bukan berarti kalau Anda punya banyak backlink akan secara signifikan meningkatkan reputasi Anda.

Perhatikan kualitas backlink berdasarkan relevansinya dengan website Anda. Untuk itu, buatlah konten-konten yang berkualitas dan membahas topik-topik yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Selain itu, Sahabat Qwords juga bisa menggunakan cara kedua dalam mendapatkan backlink, yakni dengan memanfaatkan jasa backlink berkualitas

Biasanya, jasa backlink akan menawarkan backlink contextual yang disesuaikan dengan niche/topik website Anda.

2. Mendapatkan Brand Mention

Brand mention adalah sebuah kondisi di mana merek atau brand Anda disebut oleh berbagai pihak, dalam hal ini website atau media sosial.

Meski tidak selalu menautkan link ke website Anda, brand mention dapat memperluas brand awareness dari lintas media.

Selain itu, jejak-jejak brand mention ini dapat membantu website Anda lebih mudah dikenal dan dipercaya, sehingga authority website Anda semakin meningkat.

Cara yang bisa dilakukan agar mendapatkan brand mention adalah dengan terlibat dalam suatu event, menjadi narasumber, membuat konten yang berkualitas tinggi, diliput media ternama karena inovasi atau prestasi tertentu, dan sebagainya.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Sebagian orang beranggapan bahwa SEO Off-Page hanya melulu soal backlink, dan mereka mungkin lupa atau belum mengetahui bahwa link building bukan satu-satunya dalam SEO Off-Page.

Padahal, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti X atau Instagram untuk meningkatkan eksposur website Anda.

Buatlah konten-konten menarik pada platform media sosial yang Anda gunakan dengan menautkannya ke website Anda, dengan harapan pengguna lainnya mau mengunjunginya karena konten-kontennya unik.

Kegiatan seperti ini juga bisa Anda temui pada platform milik perusahaan media yang aktif membagikan tautan berita atau informasi lainnya.

4. Mengajak Kerja Sama dengan Ahli 

Dalam penilaiannya terhadap kualitas konten, Google menggunakan E-E-A-T sebagai pertimbangannya.

Salah satu metrik yang dimaksud adalah keahlian (Expertise), di mana konten yang dibuat benar-benar dihasilkan oleh orang yang memiliki keahlian pada bidangnya.

Nah, untuk kerja sama dengan para ahli, Anda bisa melakukannya dengan berbagai bentuk, misalnya penulisan konten, pembuatan video yang kemudian dapat di-embed, dan sebagainya.

5. Meminta Penilaian (Rating)

Cara yang bisa dilakukan sebagai rangkaian SEO Off-Page adalah dengan meminta penilaian pelanggan.

Jika Anda memiliki bisnis, maksimalkan fitur seperti Google Profil Bisnis (GPB), yang dulu namanya Google Bisnisku. Lakukan optimasi dengan URL website Anda pada bagian profil profil.

Dengan optimasi yang tepat, Google Bisnisku bisa membantu meningkatkan jumlah kunjungan website atau juga konversi.

Selain itu, mintalah penilaian kepada pelanggan yang telah menggunakan produk atau layanan Anda. Semakin baik nilai yang didapatkan, audiens akan lebih percaya dengan bisnis Anda.

Namun, hindari memberikan ulasan palsu karena hal tersebut sangat melanggar ketentuan Google.

Siap Terapkan SEO Off-Page?

SEO Off-Page adalah strategi dalam SEO yang dapat meningkatkan visibilitas website dari eksternal.

Penerapan SEO Off-Page sudah terbukti efektif dan sukses diterapkan oleh banyak website di luar sana.

Sebut saja toko online berwarna oranye dan hijau, di mana mereka benar-benar memanfaatkan Off-Page dengan mengadakan event, hingga memberikan promo besar-besaran sehingga banyak mata tertuju pada mereka, yang pada akhirnya brand mention terhadap keduanya kerap ditemui.

Pada akhirnya, kedua toko online tersebut semakin memiliki banyak pengguna.

Nah, dengan menerapkan kelima teknik di atas, Anda berpeluang besar untuk mencapai tujuan SEO Anda, misalnya meningkatkan jumlah konversi, memperluas brand awareness, mendongkrak peringkat website dan traffic, atau yang lainnya.

Jadi, apakah Sahabat Qwords siap menerapkan strategi SEO Off-Page pada website Anda?

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula,…

Memiliki website pada zaman sekarang dapat membantu dalam memperkuat proses branding bisnis atau kreativitas Anda secara luas. Sebab, dengan website, Anda bisa menjangkau semua...
Jordy Prayoga
2 min read

Tips Menghemat Biaya Server, Performa Naik…

Di era saat ini, kehadiran website untuk berbagai kebutuhan personal dan bisnis menjadi sangat penting.  Namun, untuk menjalankan website, sahabat Qwords membutuhkan server hosting...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Sewa Domain, Solusi Terbaik untuk Kebutuhan…

Jika sudah cukup familier dengan domain, Sahabat Qwords tentu tahu bahwa sistem penggunaannya adalah dengan mendaftarkannya selama minimal 1-10 tahun. Dengan durasi tersebut, Anda...
Jordy Prayoga
2 min read

2 Replies to “Mengenal SEO Off-Page, Seberapa Efektif untuk…”

  1. cakupan SEO ini memang luas banget, selain 2 SEO yang sering dijumpai, konten berkualitas tetap nomor satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *