Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun

3 min read

Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun

Teknologi dapat memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah komputer yang Anda nikmati hingga saat ini. Kecanggihan yang dimiliki, membuatnya seolah-olah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah Anda bagaimana sejarah lengkap komputer?

Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun
Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun

Pengertian Komputer

Pada awalnya, istilah computer merupakan julukan seseorang yang ahli di bidang aritmatika (baik menggunakan alat hitung ataupun tidak). Barulah pada tahun 1897 ditujukan kepada perangkat mesin yang digunakan sebagai alat hitung.

Hal tersebut terus mengalami pergeseran hingga sekarang komputer dimaknai sebagai seperangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Yang satu dengan lainnya saling bekerjasama untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan data, prosedur dan program yang sudah dirumuskan.

Donald H. Saders mendefinisikan sebagai sebuah sistem elektronik yang bisa memanipulasi data secara cepat dan tepat. Diorganisasikan dan dirancang secara otomatis. Yang berfungsi menerima dan menyimpan data. Kemudian diproses dan menghasilkan sebuah output berdasarkan instruksi-instruksi yang ada dalam memory.

Baca juga: Macam-Macam Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui

Sedangkan menurut Larry dan Nancy Long yaitu alat  elektronik yang digunakan untuk menghitung serta mampu melaksanakan  dan menginterpretasikan perintah. Diantaranya adalah input, output, operasi logik, dan perhitungan lain-lain.

Menurut VC Hamazer ZG komputer yaitu sebuah mesin penghitung elektronik. Yang mana, keberadaannya, mampu dengan cepat menerima informasi input digital. Memproses sesuai program yang diminta dan tersimpan dalam memory. Hingga pada akhirnya, menampilkan sebuah informasi.

William Sawyer juga ikut mendefinisikan yaitu sebuah mesin multiguna. Dapat diprogram dan menerima data (baik berupa gambar ataupun fakta). Kemudian diproses dan dimanipulasi hingga keluar sebuah informasi yang bisa digunakan oleh manusia.

Kesimpulannya komputer yaitu seperangkat elektronik yang mampu melakukan serangkaian tugas.  Seperti menerima input, kemudian memprosesnya sesuai dengan perintah atau instruksi yang diberikan. Output yang dikeluarkan berupa informasi. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana sejarah komputer lengkap. Penjelasan di bawah ini bisa membantu Anda.

Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Yang mana pertama kali muncul belum terliat seperti saat ini yang Anda gunakan. Melainkan, benar-benar seperti mesin penghitung. Fungsinya juga sangat sederhana, hanya sebagai alat pembantu perhitungan matematika.

Kemudian beberapa pakar menemukan rumus, kode perintah, pemrograman, dan memori perintah. Sebagaimana saat ini Anda gunakan.

Oleh karena itu, setelah mengetahui pengertian komputer. Anda juga harus paham bagaimana perkembangan dan asal-usulnya. Sejarah komputer generasi pertama yang dikenal dengan Electronic Numerical Integrator and Calculator) yaitu sebuah alat digital elektronik yang dirancang pada Tahun 1942.

Baca juga: Apa Itu VPS dan Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Baru selesai pada tahun 1946.  Dikerjakan oleh John Presper Eckert dan Dr. John. W Mauchly di University of Pennsylvania). Hingga saat ini ada lima generasi komputer :

1. Generasi Pertama (Tabung Vakum)

Pada tahun 1946 komputer diciptakan dengan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Beratnya hampir 30 ton. Tapi hal ini sangat tidak efisien karena membutuhkan daya listrik yang besar serta panas yang berlebih. Generasi pertama ini, masih menggunakan bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer itu sendiri.

Inputnya menggunakan sebuah pita kertas dan punched card. Dengan output berupa printer. Yang mana, pada waktu itu membutuhkan sekitar 1 juta dollar hanya untuk mendapatkannya Ciri-cirinya yaitu :

  • Proses kurang cepat
  • Daya simpannya kecil
  • Suhunya cepat panas sehingga membutuhkan sebauh pendingin
  • Ukuran hardware sangat besar, sehingga membutuhkan ruangan yang luas.

2. Generasi Transistor

Generasi tabung vakum mengalami perkembangan. Sehingga tergantikan oleh teknologi transitor sebagai komponen utama yang sangat canggih. Mulai digunakan sekitar tahun 1959 hingga 1965. Beberapa kelebihan yang dimiliki adalah ukuran yang lebih kecil, tidak terlalu panas, dan minim tingkat kegagalan.

Generasi ini sudah tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti sebelumnya. Digantikan dengan bahasa FORTRAN dan CBOL. Sehingga bisa dikatakan bahwa komputer transitor adalah lebih baik dibanding tabung vakum. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Proses operasi lebih cepat
  • Mengembangkan magnetic score storage sebagai memori utamanya
  • Orientasi penggunaan program tidak hanya pada orientasi bisnis tetapi juga orientasi teknik
  • Mampu melakukan proses real time dan real sharing
  • Bahasa pemrograman tingkat tinggi

3. Generasi IC

Generasi ini disebut dengan generasi ketiga. Bentuk transistor diperkecil kemudian dietakkan pada IC bersama beberapa resistor dan kapasitor. Pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Kelebihannya adalah lebih cepat dan efisien. Juga merupakan komputer yang pertama kali menggunakan monitor dan keyboard.

Mengalami kemajuan dibanding sebelumnya yang menggunakan kertas. Karena dibandrol dengan harga yang cukup murah. Sehingga pada masa itu, orang-orang mampu membelinya. Ciri-cirinya di bawah ini :

  • Kapasitas memori lebih besar
  • Menggunakan terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara
  • Media penyimpanan dengan kapasitas yang besar
  • Karena menggunakan IC, sehingga memiliki performa yang lebih cepat
  • Peningkatan software
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Generasi Microprosessor

Pertama kali dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian di tahun 1984 perusahaan Apple merilis Macintosh. Sejarah komputer dan perkembangannya selanjutnya memasuki masa microprosessor. Yang mana, masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Bersamaan dengan generasi microprosessor ini, lahirlah internet. Tampilan monitornya masih menggunakan satu warna (green color). Selain itu, dikembangkan sebuah chip sebagai memori komputer. Seiring berkembangnya waktu, para pakar mencoba untuk melengkapi apa yang belum ada. Yaitu PC-Compatible.

Baca juga: Sejarah Singkat Internet dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Oleh karena itu, pada generasi ini istilah PC mulai muncul. Perangkat mulai dikembangkan untuk perorangan dan mudah dibawa kemana-mana yaitu laptop. Beberapa contoh komputer generasi ke empat ini adalah IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, IBM PC/386 dan lain-lain.

5. Generasi AI

Yang terbaru dari perkembangan komputer adalah munculnya teknologi bernama AI. Yang memiliki kecerdasan buatan sehingga dapat melakukan input dengan lebih baik. Bahkan dengan teknologi ini, Anda dapat menginput bahasa yang digunakan sehari-hari, menyesuaikan keadaan dan mempelajari lingkungan sekitar.

Banyak developer yang saat ini sudah mulai menggunakannya. Disebut sebagai komputer masa depan. Dikembangkannya intel dan microsoft yang diprakarsai oleh Bill Gates yang merupakan pionir dari standar hardware dan software di seluruh dunia. Ditandai dengan munculnya smartphone, tablet, netbook dan masih banyak lagi yang lainnya.

Juga LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan microprosessor. Yang paling terbaru adalah Pentium Empat yang dikeluarkan oleh Intel Corporation. Walaupun komputer generasi ini memiliki bentuk yang kecil dan sederhana. Tetapi memiliki kecepatan dan kecanggihan yang tidak perlu diragukan lagi.

 

Kesimpulan

Laptop
Laptop

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami sejarah lengkap komputer sebagaimana dijelaskan di atas? Kehadiran komputer sendiri memang memberikan banyak kemudahan untuk menunjang berbagai aktivitas harian.

Salah satu contohnya adalah munculnya jaringan internet yang menghubungkan perangat dari seluruh dunia melalui protokol world wide web. Bicara soal web, Qwords.com sendiri saat ini memiliki paket VPS Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai hosting untuk menyimpan berbagai file di website Anda. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi customer service Qwords.com jika suatu saat Anda membutuhkan VPS murah dengan teknologi double speed untuk akses kecepatan 2 kali lipat dari hosting standar.

Sekian artikel pembahasan tentang sejarah komputer pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Tahun…”

  1. Isinya bagus dapat menambah wawasan kita tentang komputer walaupun kata katanya singkat

    1. Next artikel akan kami lebih lengkapi lagi kak.
      Terima kasih kak sudah berkunjung di Blog Qwords

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *