Sales Funnel adalah sebuah proses penjualan yang jika digambarkan berbentuk seperti funnel atau pipa corong. Digambarkan dengan corong karena pada proses awalnya dari menjadi target pelanggan hingga menjadi pembeli jumlahnya akan terus menurun. Pola ini dapat disebut dengan AIDA (Aware, Interest, Decision, Action).

Pola AIDA inilah yang dapat diimplementasikan pada proses penjualan produk sehingga menciptakan suatu bentuk sales funnel yang berbeda di setiap produk. Secara umum, sales funnel memiliki fungsi sebagai strategi untuk mengedukasi dan mengarahkan calon pelanggan untuk melakukan aksi atau transaksi produk. Bentuk dari sales funnel biasanya berupa pemasaran produk yang berbasis online.

Apa Itu Sales Funnel

Sales Funnel
Sales Funnel

Sales Funnel adalah cara yang mudah untuk menggambarkan proses dari pelanggan melalui penjualan produk yang Anda lakukan. Proses ini dapat terbentuk karena pelanggan membutuhkan produk yang Anda buat dan akhirnya melakukan transaksi produk tersebut. Proses pemasaran ini menggambarkan aktivitas penjualan dari banyaknya jumlah calon pelanggan hingga menjadi lebih sedikit yang melakukan transaksi.

Dalam penggunaannya, proses ini adalah suatu perjalanan mulai dari Anda sebagai penjual mengundang calon pembeli untuk mendapatkan kontaknya dan mengubah kontak tersebut menjadi sebuah peluang usaha hingga memberi keyakinan kepada mereka bahwa harus melakukan transaksi dengan produk yang sedang Anda tawarkan.

Secara teorinya, proses ini adalah proses utama dalam melakukan pengukuran, pengelolaan, peramalan, dan perbaikan proses penjualan produk sehingga nantinya jumlah pelanggan yang menggunakan produk Anda semakin banyak. Proses pemasaran ini jika dibangun dengan sempurna akan berguna untuk beberapa hal berikut:

  • Menentukan langkah-langkah yang jelas dan konsisten serta dapat mencerminkan proses perjalanan pelanggan. Dengan langkah-langkah yang jelas tentunya akan mendukung setiap pelanggan pada tahapan-tahapan yang akan dilaluinya.
  • Melakukan interaksi yang nyata pada seluruh departemen penjualan, pemasaran, dan departemen lainnya untuk menuju satu tujuan yang sama. Beberapa tim dari sales funnel mempunyai waktu kerja harian atau mingguan dalam melakukan pemantauan terhadap perkembangan mereka.

Mengapa Harus Menerapkan Sales Funnel

strategi bisnis
strategi bisnis

Menurut data yang ada, hanya sekitar 50% dari konsumen yang telah bersedia untuk membeli produk Anda tanpa adanya proses pemasaran pipa ini. Sedangkan untuk sisanya, konsumen harus selalu diawasi dan tetap diberikan dukungan dalam membantu mereka untuk melakukan transaksi terhadap produk yang ditawarkan.

Tidak semua konsumen potensial mudah untuk diarahkan agar melakukan transaksi. Data menunjukan bahwa sekitar 79% konsumen potensial dinyatakan tidak berhasil pada proses transaksi tersebut.

Dalam mendukung setiap langkah yang diambil oleh konsumen dalam proses transaksi, penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan pola pemasaran dengan bentuk pipa ini dengan teliti.

Kemungkinan terdapatnya “kebocoran” saat proses funnel dapat terjadi walaupun Anda telah melakukan perawatan dan perhatian. Kebocoran berakibat konsumen potensial yang memiliki kualitas akan pergi tanpa melakukan transaksi.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan komunikasi dengan para calon konsumen dan mengundang mereka untuk lebih mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk Anda. Walaupun memiliki waktu yang lama dalam prosesnya, konsumen akan tertarik pada pelayanan yang Anda berikan sebelum melakukan transaksi pada produk Anda.

Anda perlu melakukan identifikasi dan perbaikan terhadap area yang dirasa paling lemah pada pola pemasaran bentuk pipa ini. Hal ini dapat didukung dengan memanfaatkan sales funnel software. Anda dapat menggunakan Google Analytics dalam mengidentifikasi kelemahan yang perlu diperbaiki dari pemasaran produk Anda.

Baca juga : Menerapkan Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

Cara Menerapkan Sales Funnel

AIDA Formula
AIDA Formula

Strategi dalam menerapkan proses ini adalah dengan memahami perjalan calon konsumen sebelum mengambil keputusan. Terdapat 5 sales funnel template yang akan konsumen lalui hingga mencapai kesepakatan pembelian produk.

  • Kesadaran (Awareness)

Di tahap pertama ini, konsumen akan sadar bahwa terdapat masalah yang harus diselesaikan. Hal ini lah yang menjadi kesempatan bagi Anda untuk menawarkan produk yang akan menyelesaikan masalah yang dihadapi calon konsumen Anda. Salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengiklankan produk Anda.

Contoh sales funnel dalam tahap ini adalah seseorang yang ingin bermain piano tetapi belum memiliki kemampuan. Ia ingin mengikuti les tetapi harganya sangat mahal. Kemudian ia melihat sebuah iklan yang memberikan latihan piano online dengan gratis. Iklan ini lah yang akan membuat mereka sadar untuk menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Penelusuran (Discovery)

Tahap selanjutnya, calon konsumen akan sadar bahwa produk yang Anda tawarkan adalah solusi dari masalah mereka dan selanjutnya mereka akan mulai untuk mendapatkan informasi tentang produk Anda. Untuk menunjang hal tersebut, Anda butuh media untuk menjelaskan informasi tentang kelebihan dari produk Anda, seperti website atau media sosial.

  • Evaluasi (Evaluation)

Di tahap ini pelanggan akan mempertimbangkan beberapa aspek dari produk Anda, seperti harga, gaya, dan kualitas. Jadi pada tahap ini jumlah calon konsumen kemungkinan akan turun dengan signifikan tetapi peluang untuk terjadinya transaksi lebih meningkat.

  • Peminatan (Intent)

Tahap selanjutnya adalah pelanggan akan berminat dan mencari lebih detail lagi informasi terkait produk yang Anda tawarkan.

  • Pembelian (Purchase)

Di tahap terakhir ini calon konsumen akan memutuskan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang diinginkannya. Mereka tentunya akan melakukan negosiasi harga atau memanfaatkan promosi yang telah Anda tawarkan sebelumnya.

Anda telah mengetahui beberapa penjelasan tentang pola pemasaran berbentuk funnel ini dari definisi, alasan menerapkan strategi ini, dan cara menerapkannya. Penggunaan strategi ini dengan benar dan baik akan meningkatkan omset penjualan produk Anda.

Untuk mendukung pengaplikasian sales funnel, Kami memiliki rekomendasi Unlimited Hosting Terbaik untuk kebutuhan website bisnis Anda. Dengan menggunakan unlimited hosting Anda tidak perlu lagi khawatir berapa banyak calon pelanggan yang datang menuju website Anda. Segera pesan hosting unlimited dan dapatkan gratis domain.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *