Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Mau Punya Email Domain? Pakai Roundcube, Gratis!

3 min read

roundcube icon

Memiliki email dengan domain sendiri memang menjadi hal yang sangat menarik, terutama bagi siapa saja yang ingin terlihat unik dan profesional.

Namun, tahukah Anda bahwa email domain bisa dikelola tanpa harus menggunakan Google?

Ya, Anda bisa memakai Roundcube, salah satu webmail atau layanan email gratis yang bisa dikonfigurasi dari control panel hosting.

Penasaran tentang Roundcube beserta cara pemasangannya? Simak artikel ini hingga selesai agar Anda bisa mempraktikkannya!

Apa Itu Roundcube?

Roundcube adalah aplikasi client webmail bersifat open-source yang memudahkan pengguna mengakses dan mengelola email mereka melalui web browser; Chrome, Mozilla Firefox, dsb.

Menariknya, Sahabat Qwords dapat menggunakan Roundcube sebagai webmail ketika Anda menggunakan email domain.

Jadi, bila Anda ingin terlihat unik dan profesional dengan email domain, menggunakan Roundcube adalah pilihan yang tepat, terutama bila Anda juga belum memiliki biaya untuk membayar layanan penyedia email seperti Google Workspace.

Seperti diketahui, penggunaan email domain memiliki berbagai kelebihan, terutama ketika Anda ingin menciptakan digital branding untuk pribadi maupun bisnis.

Sebagaimana webmail populer seperti Gmail, Roundcube sudah sangat bisa digunakan untuk berkirim email dengan orang lain.

Pasalnya meski gratis, webmail berbasis IMAP (Internet Message Access Protocol) ini juga punya beragam fitur menarik, seperti:

Fitur-Fitur Roundcube yang Harus Anda Ketahui!

Di luar sana memang tersedia berbagai penyedia email. Namun, Roundcube adalah salah satu yang menjadi rekomendasi kami untuk Anda dalam mengelola email domain karena beberapa fitur ini:

  1. Drag-and-Drop Message Management: Roundcube memungkinkan Anda mengelola pesan email dengan sistem drag-and-drop (seret dan lepas). Dengan begitu, Anda bisa dengan cepat mengatur pesan.
  2. Full Support for MIME and HTML Messages: Anda bisa mengirim email dengan konten multimedia; gambar maupun tautan dengan mudah.
  3. Multiple Sender Identities: Pengguna dapat mengelola identitas pengirim yang berbeda. Fitur ini berguna saat Anda ingin mengirim email dari beberapa alamat email yang berbeda melalui satu akun Roundcube.
  4. Shared/Global IMAP Folders: Anda bisa menggunakan folder IMAP secara bersama atau global, sehingga memudahkan pada saat kolaborasi atau ketika Anda ingin berbagi akses ke folder tertentu dengan pengguna lain.
  5. Unlimited Users and Messages: Roundcube dapat mengelola email dengan jumlah pengguna dan pesan secara tak terbatas.
  6. Spell Checking: Aplikasi ini dilengkapi dengan pemeriksa ejaan untuk membantu pengguna menghindari kesalahan dalam ejaan penulisan pada tiap pesan email. Terlihat sederhana, tetapi sangat fungsional.
  7. Full Featured Address Book with Groups and LDAP Connectors: Roundcube memiliki buku alamat lengkap dengan dukungan untuk pengelompokan kontak. Ini juga dapat terhubung ke server LDAP untuk mengimpor kontak secara otomatis.
  8. Import/Export Functions: Anda dapat mengimpor dan mengekspor data email Anda, memudahkan Anda ketika ingin memindahkan data email dari atau menuju Roundcube.
  9. Threaded Message Listing: Roundcube menyediakan tampilan daftar pesan yang diurutkan berdasarkan percakapan (threaded), jadi Sahabat Qwords lebih mudah untuk mengikuti percakapan email yang panjang.
  10. IMAP Folder Management: Roundcube memudahkan Anda dalam mengelola folder IMAP, termasuk pembuatan, penghapusan, hingga pengaturan folder.

Bagaimana dengan Keamanannya?

Selain fitur-fitur menarik di atas, Roundcube memiliki infrastruktur keamanan yang sangat baik, loh!

Tidak percaya? Ini ulasan fitur keamanan yang diusung Roundcube:

  • Sophisticated Privacy Protection: Roundcube punya fitur keamanan tingkat lanjut untuk melindungi privasi pengguna. Salah satunya: enkripsi data komunikasi dengan SSL/TLS, yang mengamankan email saat dikirimkan melalui internet.
  • Brute-Force Login Attack Prevention: Untuk mencegah peretas yang memaksa login, Roundcube akan memblokir percobaan login yang berulang-ulang dengan kata sandi yang salah. Dengan begitu, data dan akun email Anda tetap aman.
  • XSS Attack Protection: Selain brute force, Roundcube juga memiliki perlindungan dari serangan XSS (Cross-Site Scripting). Fitur ini dapat mencegah penyisipan scipt berbahaya ke dalam pesan email. Pasalnya, XSS berpotensi merusak sistem dengan cara memvalidasi dan membersihkan data yang dimasukkan pengguna. 
  • PGP Encryption: Roundcube mendukung PGP (Pretty Good Privacy) encryption. Enkripsi ini memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi dan membuka pesan email mereka dengan kunci PGP, sehingga dapat meningkatkan keamanan komunikasi.
  • OAuth/XOauth Login Support: Jika menggunakan Roundcube, Anda memiliki opsi untuk login dengan protokol OAuth dan XOauth. Fitur ini mengharuskan mewajibkan seluruh proses autentikasi diri menggunakan dari pihak ketiga yang tepercaya, seperti Google, Facebook, atau Microsoft.

Bagaimana, apakah Anda sudah mulai tertarik menggunakan Roundcube setelah mengetahui fitur-fiturnya?

Jika iya, pembahasan berikutnya akan membahas bagaimana cara mengonfigurasi Roundcube dengan mudah.

Cara Konfigurasi Roundcube, Mudah!

Perhatikan langkah-langkah berikut ini agar dapat mengonfigurasi Roundcube dengan benar.

  • Masuk ke control panel hosting Anda, baik itu cPanel atau DirectAdmin
  • Setelah itu, cari menu Email Accounts. Untuk membuat akun email, klik Create

cPanel dashboard

  • Selanjutnya, atur semua yang diminta, seperti domain yang ingin Anda jadikan alamat email, username (isi secara bebas), kata sandi. Jika sudah klik Create pada bagian bawah

menu create email account

  • Setelah email berhasil dibuat, Anda akan dibawa ke menu awal seperti di bawah ini. Kemudian, klik Check Email

email roundcube sudah jadi

  • Pada tampilan ini, klik Open dan ceklis open my inbox when I login

menu roundcube

  • Ini adalah tampilan dasbor Roundcube dengan email domain

Tampilan email pada Roundcube

Buat Email Domain Lebih Mudah Pakai Hosting dari Qwords!

Sampai di sini, Sahabat Qwords telah mengetahui apa itu Rouncube mulai dari fitur dan cara konfigurasinya.

Roundcube memudahkan Anda dalam mengelola email profesional tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Nah, agar lebih maksimal, Anda bisa mencoba membuat email domain dengan Roundcube menggunakan hosting berkualitas dari Qwords.com.

Bahkan dengan paket paling murah sekalipun, Anda sudah bisa membuat email domain pakai Roundcube, loh.

Yuk, buat email Anda dengan Roundcube!

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *