7+ Cara Jitu Meningkatkan Repeat Order

3 min read

7+ Cara Jitu Meningkatkan Repeat Order

Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda ingin terus meningkatkan penjualan Anda dari waktu ke waktu. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal ini — meningkatkan repeat order adalah salah satunya.

Singkatnya, repeat order adalah perilaku konsumen yang membeli dan menjalankan transaksi atas suatu produk yang sama di toko yang juga sama.

Biasanya repeat order akan dilakukan oleh konsumen yang menyukai produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu bisnis. 

Oleh karena itu, repeat order merupakan salah satu hal yang sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis sahabat Qwords.

Sayangnya, mendapatkan pelanggan loyal yang sering melakukan repeat order bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang berpengaruh seperti brand trust, kualitas produk, dan lain-lain.

Nah jika Anda ingin tahu cara jitu meningkatkan repeat order, Anda berada ditempat yang tepat! Artikel ini akan membahas cara-cara efektif meningkatkan repeat order bisnis Anda.

Yuk langsung saja kita mulai!

7+ Tips Meningkatkan Repeat Order

Ada banyak faktor yang berpengaruh saat berusaha untuk meningkatkan repeat order bisnis Anda, berikut adalah beberapa tips efektif yang sangat layak untuk dicoba:

Berikan Diskon untuk Pembelian Selanjutnya

berikan diskon

Salah satu tip efektif untuk meningkatkan repeat order adalah dengan memberikan diskon untuk pembelian selanjutnya.

Saat seorang pelanggan membeli produk Anda, sertakan kode voucher berisi dengan diskon yang bisa digunakan untuk pembelian selanjutnya. 

Meskipun memang terkadang memberikan diskon yang terlalu banyak bisa merugikan bisnis Anda, tapi dengan strategi yang tepat, diskon malah bisa menarik lebih banyak penjualan lho sahabat Qwords!

Untuk memastikan bahwa repeat order akan terjadi, Anda juga memberikan expiry date atau batas waktu pemakaian voucher diskon. 

Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih terdorong untuk menggunakan voucher tersebut sesegera mungkin dan melakukan pembelian lagi!

Baca Juga: Mengenal Strategi Word of Mouth Dalam Bisnis

Buatlah Pelanggan Merasa Spesial

buat pelanggan merasa spesial

Jika pelanggan merasa spesial, repeat order bisnis Anda tentu akan meningkat. Anda bisa melakukan ini dengan berbagai cara: memberi pesan personal pada pesanan,  memberikan packaging yang baik, dan lain-lain.

Anda juga bisa memberikan perhatian khusus ke pelanggan melalui pesan follow-up setelah pembelian. Tanyakan kepada pelanggan apakah mereka puas dengan produk yang mereka terima.

Sangat mudah kan sahabat Qwords? Bahkan Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk melakukan ini!

Berikan Layanan Customer Service Terbaik

berikan layanan customer service terbaik

Salah satu cara agar pelanggan merasa betah saat menggunakan bisnis Anda dan melakukan repeat order adalah melalui customer service. Customer service adalah jembatan penghubung pemilik bisnis dan konsumen. 

Saat konsumen memiliki pertanyaan apapun yang berkaitan dengan produk, customer service lah bertugas untuk memberikan segala informasi yang diminta.

Untuk itu, mempunyai customer service yang handal adalah hal yang wajib dipunya oleh semua brand. Namun, tidak cukup hanya mempunyai orang yang bekerja customer service lho sahabat Qwords. 

Anda juga harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi konsumen.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Testimoni dan Arti Pentingnya Bagi Website Anda

Kirim Barang Tepat Waktu

Kirim Barang Tepat Waktu

Salah satu cara efektif meningkatkan repeat order lainnya adalah on-time delivery. Jika Anda menjual produk Anda melalui eCommerce marketplace, setiap pesanan memiliki estimasi lama pengiriman.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, pastikan bahwa produk Anda dikirim dan diterima sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

Untuk memudahkan pelacakan waktu pengiriman, buatlah timesheet dan laporan pemesanan yang bisa di akses oleh semua orang yang terlibat dalam proses pengiriman. 

Anda juga bisa berlangganan kurir delivery yang akan mengambil paket Anda setiap hari dan mengirimkan paket tersebut ke pelanggan. 

Berikan Harga yang Kompetitif

berikan harga yang kompetitif

Saat membeli suatu barang, tentunya sahabat Qwords akan lebih memilih toko yang menjual produk yang sama dengan harga yang murah bukan?

Nah begitu pula dengan pelanggan bisnis Anda nantinya. Jika pelanggan menemukan barang yang Anda jual harga yang lebih murah di pasaran, pastinya mereka tidak akan membeli produk Anda lagi

Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda telah memasang harga yang kompetitif di pasaran. Cari tahu harga yang ditetapkan oleh kompetitor dan cobalah untuk tetap berada dalam range harga tersebut.

Tapi jika Anda tetap ingin memasang harga yang lebih mahal, Anda harus bisa menonjolkan unique selling point dari produk Anda. 

Tentukan poin unik dan beda dari produk tersebut dan komunikasikan kepada pelanggan agar mereka tetap mau melakukan repeat order.

Gunakan Retargeting

Gunakan Retargeting

Salah satu cara paling efektif untuk mendorong pelanggan melakukan repeat order adalah dengan re-targeting.  Retargeting adalah strategi pemasaran yang menargetkan pelanggan sesuai dengan pembelian mereka sebelumnya.

Ingatkan pelanggan Anda untuk membeli produk Anda lagi melalui email, iklan sosial media, dan iklan pencarian. Anda bisa melakukan retargeting secara manual atau melalui tool retargeting seperti Google Ads.

Berikan Freebies untuk Pelanggan

berikan freebies untuk pelanggan

Memberikan freebies atau bonus produk juga sangat bisa meningkatkan repeat order lho sahabat Qwords!

Produk gratis bisa membuat konsumen ingin melakukan repeat order untuk mendapatkan freebies lain kali.

Nah, freebies yang Anda berikan juga bisa berupa sampel produk Anda yang lainnya. Dengan begini, pelanggan bisa mencoba produk Anda yang lainnya dan melakukan repeat order jika mereka suka dan tertarik!

Jaga Kualitas Produk

jaga kualitas produk

Produk dengan kualitas yang baik tentunya juga akan meningkatkan repeat order pada bisnis Anda. Untuk itu selalu pastikan bahwa bisnis Anda mempunyai kualitas produk yang baik dan konsisten.

Anda bisa melakukan ini melalui quality control untuk setiap produk yang Anda produksi. Siapkan checklist yang berisi syarat-syarat produk yang lolos produksi untuk memastikan kualitas yang terbaik!

Penutup

Meningkatkan repeat order merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis.

Selain meningkatkan keuntungan, repeat order juga bisa  membantu meningkatkan brand loyalty konsumen lho sahabat Qwords.

Di artikel kali ini kami telah membahas beberapa tips jitu meningkatkan repeat order yang bisa diterapkan pada bisnis Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jika Anda membutuhkan layanan web hosting terbaik untuk membuat website bisnis Anda, Qwords.com punya solusinya!

Mulai dari 44rb perbulan, Anda akan mendapatkan layanan hosting murah dengan unlimited bandwidth, 99.9% server uptime, dan 24 jam support. 

Sangat menarik kan sahabat Qwords? Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords dan dapatkan banyak promo menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *