Mengenal Lebih Dalam Tentang Remote Dekstop Protocol

2 min read

Remote Dekstop Protocol

Remote Dekstop Protocol atau lebih dikenal dengan sebutat RDP adalah sebuah fitur yang tersemat dalam sistem operasi Microsoft Windows. Sistem ini bahkan ada di setiap versi sistem operasi Microsoft Windows seperti XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, 2018 hingga Microsoft Windows Vista.

RDP juga disebut sebagai sebuah komputer yang memiliki performa sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan kemudahan akses internet yang ditawarkan dan disewakan secara berlangganan. Pengertian lain menyebut RDP sebagai komputer jarak jauh dengan fungsi untuk menjalankan program dan aplikasi komputer lain yang berada di tempat yang berbeda dengan lokasi penggunanya.

Apa Itu RDP?

Remote Dekstop Protocol
Remote Dekstop Protocol

Penjelasan mudah mengenai pengertian Remote Dekstop Protocol dapat diseumpamakan ketika Anda memiliki sebuah PC atau komputer yang terjaga selama 24 jam non-stop dan berada di luar negeri seperti Singapura, Anda dapat mengoperasikan aplikasinya lewat komputer tersebut memakai RDP yang berada di Indonesia.

Remote Dekstop Protocol atau RDP adalah sebuah jaringan protocol yang dipakai oleh Microsoft Windows Terminal Service disertai dengan Remote Dekstop. Lahirnya RDP berdasar pada protocol T.120, spesifikasi yang dimiliki oleh jaringan ini dibuat oleh International Telecommunication Union atau terkenal dengan sebutan ITU.

Jaringan protocol ini tak hanya tersemat dalam Microsoft Windows tetapi juga digunakan dalam perangkat lunak Microsoft NetMeeting bila dipakai untuk konferensi jarak jauh. Perangkat ini didukung perangkat yang bervariasi, namun sebagian besar menggunakan sistem operasi Windows 32-bit, termasuk Windows CE dan PocketPC.

Sistem tersebut kemudian masuk ke sistem operasi lain dengan membuka protocol port TCP 3389 seperti yang ada di Linux, FreeBSD, UNIX Solaris hingga Apple Mac OS X. RDP memiliki beberapa fungsi yang menguntungkan bagi banyak pengguna, sistem ini hadir dengan banyak kemudahan sehingga tak jarang orang selalu mengandalkan kemampuannya.

Fungsi RDP

Apabila Anda termasuk seseorang yang memiliki komputer yang terjaga atau onlinle selama 24 jam non-stop terkoneksi atau terhubung dengan internet super cepat, Anda tak perlu khawatir akan terjadinya mati listrik atau pemadaman listrik. Dengan menggunakan RDP, meskipun listrik mati, Anda tetap dapat melanjutkan aktivitas online Anda.

RDP adalah sistem yang dapat melakukan apapun dalam sistem operasi komputer, namun terdapat pengaturan khusus yang harus Anda terapkan di dalam komputer atau PC Anda. RDP mampu membuat koneksi internet perangkat Anda sangat cepat karena memiliki data teknis yang sangat baik. Nah erikut fungsi-fungsi yang dimiliki RDP:

  • Kapan saja dan dimana saja Anda dapat mengakses komputer menggunakan PC, laptop hingga smartphone.
  • Mampu menyederhanakan eksekusi aplikasi, setiap hari seperti BOT.
  • Bila komputer dimatikan, server RDP tidak terpengaruh, server tetap online 24 jam non-stop.
  • Memiliki internet hingga 1 GB per second.
  • Kuota data tidak terbatas, meliputi Internet dan Hard Disk, data langsung digunakan server RDP.
  • Mampu dipakai untuk menjalankan program berat, namun tergantung pada spesifikasi produk.
  • Server online 24 jam non-stop.

RDP kerap disamaka dengan VPS atau Virtual Private Server, VPS merupakan salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan agar perangkat komputer dan sejenisnya dapat terhubung dengan internet. Meski secara umum memiliki kesamaan, terdapat perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan VPS dan RDP paling umum, terletak pada hak akses, source yang meliputi CPU, RAM dan HDD, kemudian variasi OS atau operasi sistem yang dipakai. VPS bahkan disebut memiliki kelebihan yang banyak ditawarkan ketimbang RDP.

Baca juga : Cara Melakukan Remote Server

Cara Menggunakan RDP

Cara Menggunakan Remote Dekstop Protocol
Cara Menggunakan Remote Dekstop Protocol

Jika Anda ingin mendapatkan segala kelebihan yang ditawarkan Remote Dekstop Protocol, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki akun RDP. Terdapat pilihan beberapa akun, diantaranya akun berbayar dan akun gratis. Berikut ini beberapa langkah penggunaan RDP dalam sistem operasi Windows 10.

  • Klik tombol pencarian pada layar komputer Anda, ketikkan Remote Dekstop Connection.
  • Aplikasi akan muncul, jika sudah klik.
  • Jika sudah berada di dalam aplikasi, masukkan nama IP server RDP.
  • Klik alamat IP yang Anda inginkan, lalu klik Connect.
  • Jika sudah akan muncul layar pop up persetujan.
  • Klik Connect, Anda akan diarahkan para konfigurasi sistem RDP dengan cepat dan baik.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi berdasarkan server RDP yang sudah disewa sebelumnya.
  • Pastikan Anda memilih ‘Simpan Kriteria Saya’, untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi yang sudah dituliskan lalu klik OK.
  • Tunggu proses pendaftaran selesai.

Kelebihan RDP

Kelebihan RDP
Kelebihan RDP

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki RDP yang perlu Anda ketahui, berikut pembahasannya:

  • Tetap terus dalam keadaan menyala atau on meski Anda sudah tidak terkoneksi dari aplikasi RDP.
  • Sangat cepat jika Anda melakukan proses pengunduhan, hingga mencapai 1000 MB per second.
  • RDP dapat dijadikan untuk melakkan BOT, Jugling, Hitleap, penggunaan kata sandi, proses pengunduhan dan pengunggahan ulang file besar.
  • RDP adalah sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengunduh file dari situs torrent tanpa takut adanya pelanggaran internet.
  • RDP dapat digunakan sebagai server game online.

Nah demikianlah pembahasan mengenal lebih dalam tentang remote desktop protocol. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan VPS Indonesia untuk keperluan website, kami memiliki rekomendasi layanan VPS dari Qwords.com dengan harga yang menarik. Tunggu apalagi silahkan kunjungi websitenya dan temukan VPS terbaik untuk website bisnis Anda.

Terima kasih

2 Replies to “Mengenal Lebih Dalam Tentang Remote Dekstop…”

    1. Tergantung servernya mungkin kak, coba cari RDP lainnya.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *