10+ Rekomendasi Desain Layout Website Terbaik

3 min read

Rekomendasi Desain Layout Website

Apa yang terjadi jika Anda menjual rumah lokasinya dekat jalan raya dengan rumah yang tidak terurus, taman rimbun, jalan masuk yang sempit, warna cat yang usang, desain kuno dan pintu masuk rusak? Pasti banyak orang yang tidak tertarik untuk mampir. Nah ini sama dengan desain website, semakin bagus maka peluang dikunjungi akan semakin besar.

Gambaran rumah tadi menjadi salah satu analogi yang cukup masuk akal, siapa juga yang mau mampir rumah dengan keadaan seperti itu. Walaupun jalan raya depan rumah itu ramai, tetap saja banyak orang yang malas untuk mampir. Beda cerita jika Anda memiliki desain rumah yang menarik, pasti akan ada banyak orang yang tertarik untuk mampir.

Nah inilah pentingnya mendesain layout website agar lebih menarik. Dalam kebanyakan kasus orang mampir pada website alasan utamanya karena konten yang menarik. Desain website menjadi hal yang penting dan setiap desainer selalu ingin menyajikan konten dengan cara yang paling menarik dan intuitif pada website mereka.

Para website designer percaya bahwa setiap website memiliki kebutuhan layout yang berbeda tergantung dari tujuan pembuatannya. Jika Anda melihat website dengan layout yang sama, itu bukan sebuah kebetulan melainkan layout tersebut memang paling bagus.

Rekomendasi Desain Layout Website

Rekomendasi Desain Layout Website
Rekomendasi Desain Layout Website

Agar Anda tidak penasaran, berikut Kami sudah menyiapkan 10 lebih rekomendasi desain layout website yang bisa dijadikan patokan, sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan dibuat karena nanti akan kembali kepada konten yang akan disajikan. Berikut pembahasannya:

1. Single Column

Website layout rekomendasi pertama dari Kami adalah single column. Desain layout seperti ini menyajikan konten dalam satu kolom secara vertikal. Desain satu kolom ini memang paling sederhana dan paling mudah untuk urusan navigasi website, pengunjung tinggal melakukan scroll kebawah saja untuk melihat semua konten website.

Dibalik desain yang sederhana ini ternyata desain layout website satu kolom cukup popular, banyak ditemui pada website-website ternama. Apalagi dengan banyaknya pengunjung yang mengakses website menggunakan mobile menjadikan layout single column adalah pilihan yang paling tepat.

2. Multi Column

Multi column memiliki sedikit perbedaan dari single column sebelumnya. Yang paling terlihat adalah perbedaan jumlah kolom yang digunakan. Multi kolom dipilih untuk menampilkan hieraki konten yang tinggi dengan teks dan ilustrasi, sehingga memudahkan pengunjung dalam mencari koten yang menarik.

3. Split Screen

Split Screen Dropbox
Split Screen Dropbox

Layout split screen cocok untuk website yang memiliki dua konten utama yang sama pentingnya. Desain split screen memungkinkan untuk para desainer menampilkan dua konten bersamaan dalam satu halaman dibagi menjadi dua.

Contoh mudahnya saat Anda membuka Dropbox, akan ada dua pilihan yang sama pentingnya. Untuk tips agar lebih menarik hindarilah menampilkan konten berlebih pada kotak split screen, cukup perbedaan antara keduanya saja.

4. Asymmetrical

Asymmetrical atau asimetris adalah teknik dalam komposisi gambar yang disusun dengan abstrak atau acak tetapi memperhatikan keindahan. Asimetris memang teknik dalam dalam dunia seni, tetapi akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan para web design saat melakukan layout website.

Casaneglina
Casaneglina

Contohnya pada gambar diatas adalah desain dari website hotel Casangeline. Website Casangeline menggunakan desain layout asimetris yang tidak memiliki kesamaan antara sisi kanan dan kiri, tetapi jika dilihat desain layout website Casangeline sangat menarik.

5. A Grid of Cards

Jika Anda sering membuka Youtube, nah desain layout A Grid of Cards nomor lima ini seperti itu. Tampilannnya menggunakan gambar kecil dengan deskripsi singkat dibawahnya sehingga membantu pengunjung website dalam menemukan konten sesuai yang mereka cari.

Website dengan layout grid seperti ini cocok untuk website dengan jumlah konten yang banyak. Untuk besaran card yang ditampilkan bebas tidak ada ukuran baku, asal masih bisa dilihat jelas saja oleh pengunjung website. Agar memudahkan pengguna, usahakan semua gambar dan deskripsi bisa diklik oleh pengunjung secara langsung.

Baca juga : Tips Melakukan Redesign Website

7. Magazine

Magazine adalah desain layout website yang terbilang kompleks jika dibandingkan rekomendasi layout website design yang lainnya. Desain seperti ini bisa Anda temukan pada Koran atau majalah, mereka memiliki masalah bagaimana cara menyajikan informasi dalam jumlah yang besar dalam satu halaman.

Desain magazine juga mengadopsi model grid dengan tata letak multi kolom. Desain layout website magazine ini lebih menekankan pada penggunaan judul dan gambar yang lebih  menonjol sehingga menarik minat pembaca.

7. Fixed Sidebar Navigation

Navigasi website menjadi bagian penting dalam web desain. Karena ini adalah yang dicari oleh sebagian pengunjung yang datang ke website. Nah dalam desain layout website, biasanya ada yang membuat navigasi tetap, sehingga saat dilakukan scroll arah atas dan bawah menu navigasi masih berada pada posisi semula.

Letak navigasi bervariasi bisa pada kiri dan kanan website tergantung kebutuhan saja. Dalam prakteknya navigasi tidak hanya berisi menu, melainkan bisa social media, kontak, alamat atau informasi penting lainnya.

8. Featured Image

Featured Images
Featured Images

Featured image adalah menempatkan gambar pada satu halaman full website. Cara ini bisa dilakukan untuk menciptakan hubungan emosional langsung dengan pengunjung. Bisa juga dengan cara ini pengunjung langsung tertarik dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Tampilan desain website seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki satu produk saja, sehingga pengunjung website bisa fokus pada produk yang Anda jual. Pastikan gambar yang digunakan memiliki resolusi bagus dan desain yang menarik agar pengunjung bisa lebih betah dalam melihat.

9. Parallax Scrolling Effect

Parallax Website Design
Parallax Website Design

Parallax scrolling effect adalah salah satu cara membuat layout website menjadi lebih menarik. Anda akan menemui banyak animasi saat membuka website “Time the Roussilhe” dengan melakukan scrolling arah bawah. Anda akan melihat beberapa kotak dan icon dengan animasi menarik saling berganti. Untuk aplikasi layout model seperti parallax saat ini belum banyak dijumpai.

10. F-shape

F-Shape Website Layout
F-Shape Website Layout

Desain layout F-shape dibuat mengikuti pemindaian mata saat membaca tulisan dalam suatu halaman dengan membentuk huruf F. Desain F-shape ini cocok untuk penggunaan dalam berbagai website agar konten yang ditampilkan dibaca oleh pengunjung website. Nah untuk gambarnya bisa Anda lihat pada bagian atas tulisan ini.

Selain yang dibahas di atas, sebenarnya masih ada layout website lain yang menarik seperti Full Screen Photo, Zig Zag, Headline and Thumbnails Gallery, Boxes dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Sudah menemukan desain layout website terbaik dari 10 rekomendasi desain layout website terbaik yang Kami miliki? Jika sudah jangan lupa untuk urusan pembelian nama domain dan hosting untuk website bisa pesan langsung di Qwords.com dan dapatkan promo domain gratis.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *