Aplikasi kasir atau bisa disebut juga POS (Point of Sale) memiliki fungsi yang penting dalam bisnis. Strategi bisnis yang bagus tanpa diimbangi pencatatan keuangan yang baik terutama dari kasir hasilnya juga tidak akan baik, karena ini ada kaitannya dengan perputaran keuangan bisnis.

Bisa dibayangkan jika dalam bisnis semua kasir dicatat secara manual, maka berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi yang masuk. Contoh saja kasih di Indomaret, untuk satu pelanggan membutuhkan waktu berapa menit untuk satu pembelian?

Dengan aplikasi kasir pencatatan transaksi keuangan menjadi lebih mudah, cepat dan aman. Anda tidak perlu khawatir tentang masalah biaya, karena banyak aplikasi kasir gratis yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Memang jika dibandingkan dengan aplikasi kasir berbayar ada beberapa perbedaan, tetapi aplikasi kasir gratisan ini sudah cukup untuk kebutuhan toko skala kecil, bisnis rintisan, bisnis rumahan, UMKM dan sejenisnya.

Nah daripada bingung kami sudah menyiapkan rekomendasi 10+ aplikasi kasir gratis yang bisa Anda pilih, silahkan pilih yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis

1. MokaPOS

MokaPOS
MokaPOS

Rekomendasi aplikasi kasir yang pertama adalah MokaPOS. Aplikasi kasir berbasis cloud di Indonesia ini memiliki banyak pengguna dengan berbagai latar belakang bisnis yang berbeda. Tersedia aplikasi kasir untuk perangkat berbasis Android dan iOS.

MokaPOS memiliki fitur untuk membuat daftar menu, menambahkan harga, stok barang dan laporan transaksi. Kelebihannya dengan adanya fitur cloud ini Anda selaku owner bisnis bisa memantau transaksi bisnis Anda dari jarak jauh. Tersedia juga fitur laporan keuangan secara realtime pada MokaPOS yang bisa diakses secara online maupun offline.

Kelebihan lain dari MokaPOS adalah kemudahan dalam pembayaran dengan OVO, gopay, dana, LinkAja, Kredivo, akulaku dan WeChatPay. Jika Anda tertarik bisa mencoba aplikasi kasir MokaPOS gratis selama 14 hari.

2. ProfitCentre

ProfitCentre
ProfitCentre

Rekomendasi aplikasi kasir yang kedua ini bukan untuk pengguna smartphone, melainkan aplikasi kasir untuk PC.Profitcentre merupakan aplikasi kasir PC yang menjadi rekomendasi pertama dari kami. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dale Haris seorang insinyur elektronik yang membuat sendiri aplikasi ini.

ProfitCentre adalah aplikasi POS yang full gratis bisa Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis Anda. Sayangnya program ini baru bisa support untuk komputer Windows saja. Fitur yang tersedia untuk aplikasi kasir komputer ini seperti update gratis, free support, support berbagai mata uang dan berbagai fitur lainnya termasuk melihat kinerja keuangan bisnis Anda.

3. Kasir Pintar Free

Kasir Pintar Free
Kasir Pintar Free

Sesuai dengan namanya aplikasi ini bisa Anda gunakan dengan free. Aplikasi ini khusus untuk pengguna smartphone saja dan sudah berbasis cloud seperti MokaPOS. Aplikasi ini memiliki fitur unggulan untuk scan barcode, jadi Anda tidak perlu membeli scanner barcode cukup dengan smartphone yang memiliki kamera belakang yang bagus saja.

4. VendHQ

VendHQ
VendHQ

VendHQ adalah program aplikasi kasir computer selanjutnya untuk Anda. Aplikasi ini cocok untuk kebutuhan bisnis skala kecil dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak. Aplikasi in bisa memiliki fitur penyimpanan cloud berbasis online dan penyimpanan offline.terdapat juga fitur CRM, inventaris, loyalty dan sebagainnya.

5. Kasir Toko Portable

Kasir Toko Portable
Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir android selanjutnya bernama Kasir Toko Portable. Dari segi tampilan aplikasi ini memiliki desain yang sederhana dan praktis sehingga mudah dalam pengoperasiannya. Aplikasi ini cocok untuk penggunaan bisnis seperti Food and Beverage, bengkel, apotik, toko kelontong, toko fashion dan sejenisnya.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan Dalam Bisnis

6. Keyhut

Keyhut
Keyhut

Jika Anda melihat aplikasi Keyhut ini pasti Anda akan teringat dengan BIOS lama pada Windows. Aplikasi ini dari segi font dan background memiliki warna yang mirip sekali dengan tampilan BIOS tetapi ini adalah aplikasi kasir berbasis desktop.

Keyhut memiliki fitur CRM, pelacakan inventaris, pelaporan penjualan dan juga manajemen karyawan. Yang membuat beda adalah adanya fitur manajemen karyawan yang tidak ditemui pada aplikasi kasir gratis lainnya. Jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap Anda bisa membeli paket versi berbayarnya.

7. Olsera POS

Olsera POS
Olsera POS

Olsera POS merupakan aplikasi kasir smartphone rekomendasi selanjutnya, aplikasi ini sama dengan aplikasi kasir sebelumnya yang sudah menggunakan teknologi penyimpanan cloud. Artinya Anda bisa mengakses darimana saja untuk melihat transaksi penjualan. Aplikasi ini juga mendukung penyimpanan offline, jadi saat terhubung  ke internet semua data yang tersimpan akan tersinkron dengan penyimpanan cloud.

8. Chromis POS

Chromis POS
Chromis POS

Aplikasi kasir khusus komputer selanjutnya bernama Chromis POS, aplikasi ini tersedia untuk perangkat Windows, Linux dan juga macOS. Aplikasi ini memiliki tampilan menarik dengan display foto menu atau barang, jadi Anda tinggal klik saja saat ada pembelian. Aplikasi ini lebih cocok untuk penggunaan bisnis bidang makanan, café, resto, coffee shop, minuman dan bisnis beberapa bisnis franchise kecil-kecilan.

9. Omega POS

Omega POS
Omega POS

Aplikasi kasir nomor 9 rekomendasi dari kami adalah Omega POS. Aplikasi omega ini berbasis mobile untuk pengguna android. Kelebihan utamanya Omega POS ini bisa Anda integrasikan dengan modul accounting dan inventory produk.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah adanya analisa perilaku pelanggan, jadi Anda bisa mendapatkan data tentang kebutuhan setiap pelanggan. Jika tertarik Anda bisa mencoba aplikasi kasir Omega POS ini selama 14 hari, untuk selanjutnya Anda bisa membayar biaya bulanan untuk bisa menggunakannya.

10. TruePOS

TruePOS
TruePOS

Aplikasi yang terakhir bernama TruePOS. Aplikasi yang berasal dari India ini memiliki fitur sistem terintegrasi yang bisa menyambung dengan beberapa perangkat yang berbeda. Jika Anda ingin mencoba tersedia fitur gratis yang cocok digunakan untuk bisnis rintisan skala kecil. Untuk versi berbayarnya fiturnya lebih lengkap bisa untuk keperluan bisnis ritel skala besar.

Selain 10 rekomendasi aplikasi kasir diatas sebenarnya masih ada banyak aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan seperti Pawoon, Loyverse POS, Kasir POS, UniCenta, Aronium, Floreant POS, JPOS, Cash Register dan masih banyak lagi.

Nah untuk keperluan bisnis Anda jangan lupa miliki website utama yang multifungsi untuk menampilkan berbagai produk yang dijual, sehingga produk bisa diketahui oleh banyak orang. Kami memiliki rekomendasi layanan hosting keperluan bisnis dari Qwords dengan harga mulai dari 150.000/bulan.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *