Ketika Anda log in ke Instagram kemudian mengunggah beberapa foto terbaru atau bahkan memberikan komentar pada unggahan story  salah satu teman Anda, keseluruhan aktivitas tersebut merupakan hasil dari kinerja query. Bagi kita yang masih pemula di bidang programmer tentu akan bertanya-tanya apa itu query?

Sedangkan mereka yang sudah kenal mungkin akan bertanya tentang bagaimana cara kerja query tersebut? Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan tentang query database lengkap dengan cara kerjanya. Berikut penjelasannya.

Apa itu Query?

Query database
Query database

Agar mudah dipahami, secara sederhana kami menjelaskan apa itu query. Query dapat diartikan sebagai capability (kemampuan) database pada komputer untuk menampilkan/menyimpan informasi tertentu. Namun perlu diketahui bahwa kemampuan tersebut hanya berupa pre-defined code artinya jika permintaan tidak sesuai dengan informasi yang tersimpan di database, maka permintaan tidak dapat diproses.

Umumnya query dibagi dalam dua jenis yaitu :

  1.   Select query

Select query merupakan permintaan atas suatu informasi yang tersimpan dalam database.

  1.   Action query

Action query merupakan kegiatan updating (pembaharuan), insert (penambahan) maupun penghapusan sebagian atau keseluruhan informasi dalam database.

Query mampu memenuhi permintaan dan penyimpanan data dari banyak pengguna, itu sebabnya query disebut sebagai bagian terpenting pada proses pengolahan database. Adapun Structure Query Language (SQL) merupakan bahasa query yang menjadi standar manajemen database. SQL ini sedang populer di kalangan Database Administrator (DBA).

Fungsi Komponen Query

Beberapa penjelasan diatas menerangkan apa itu query, kemudian disini kami akan membagikan beberapa fungsi query dalam SQL. Dalam database tiap komponen dapat saling berinteraksi, adapun komponen-komponen tersebut yakni :

  1.   Data Definition Language (DDL)

Berfungsi sebagai mendefinisi data yang terdapat dalam database. Komponen ini berisi perintah yang terdiri dari DROP, ALTER, CREATE.

  1.   Data Control Language (DCL)

Data Control Language memiliki fungsi dalam database untuk memberi hak akses bagi user. Komponen ini berisi perintah yakni REVOKE.

  1.   Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language berfungsi untuk mengubah/menambah value dari table tertentu yang terdapat dalam database. Komponen ini berisi perintah yang terdiri dari UPDATE, INSERT, SELECT dan DELETE.

Cara Kerja Query Database

Database Enviroment
Database Enviroment

Query bekerja dengan memasukkan arti ke dalam kode yang menggunakan SQL atau software lain. Perlu diketahui bahwa selama memakai bahasa yang sama, baik user ataupun database keduanya bisa saling bertukar informasi.

Query bukanlah satu-satunya pilihan untuk request data, melainkan ada beberapa metode yang ditawarkan oleh software/platform lainnya. Disini kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang beberapa cara yang sering digunakan, antara lain:

  • Query by example

Ada beberapa area kosong serta seperangkat kode yang ditampilkan oleh sistem, maka pada area kosong tersebut Anda bisa mengisi value dan field data.

  • Bahasa Query

Data dapat dimanipulasi bilamana sedari awal Anda mengisi query. Anda juga harus memahami bahasa query yang terdapat pada software yang sedang digunakan.

  • Parameter

Ada banyak daftar parameter yang dimiliki oleh software di bagian menunya. Salah satu dari daftar itu dapat dipilih user, untuk langkah selanjutnya Anda akan dipandu sistem, dan terakhir user akan mendapat output sesuai dengan ekspektasi.

Baca juga : Deretan Database Terpopuler Saat Ini

Contoh Query Database

Setelah menjelaskan apa itu query serta bagaimana cara kerja query, di bawah ini kami akan memberikan beberapa contoh query database. Berikut penjelasannya.

  1.   CREATE

Kegunaan CREATE adalah sebagai berikut :

  • Membuat Table (CREATE TABLE namaTable)
  • Database (CREATE DATABASE namaDatabase)
  • Index (CREATE [UNIQUE]  INDEX namaIndex ON namaTable (namaKolom))
  • View (CREATE VIEW namaView AS SELECT STATEMENT FROM namaTable)
  1.   SELECT

Kegunaan SELECT adalah menampilkan table dalam database.

  • Bentuk umum (SELECT namaKolom FROM namaTable WHERE [condition])
  • Menunjukkan data yang terdapat pada kolom tertentu (SELECT namaKolom1, namaKolom2 FROM namaTable)
  • Menampilkan data yang terdapat pada kolom dan kondisi tertentu (SELECT namaKolom1, namaKolom2 WHERE kondisi)
  • Menampilkan data secara keseluruhan dalam Table (SELECT * FROM namaTable)
  1.   ALTER

Kegunaan ALTER adalah untuk mengubah atau mengganti table (ALTER TABLE namaTable alter_option)

  1.   DROP

Kegunaan DROP yakni untuk menghapus data dalam database (DROP DATABASE namaDatabase) dan untuk menghapus table (DROP TABLE namaTable)

  1.   DELETE

Kegunaan DELETE yakni untuk menghapus data yang terdapat pada table (DELETE namaTable WHERE kondisi)

  1.   INSERT

Kegunaan INSERTadalah memanipulasi data yang tersimpan pada table.

  • Bentuk Umum (INSERT INTO namaTable VALUES)
  • Menambah baris pada kolom tertentu yang terdapat pada table (INSERT INTO namaTable (namaKolom) VALUES (“isiKolom”))
  • Menambahkan Data Lebih dari Satu Baris dalam Table (INSERT INTO namaTable VALUES (“isiKolom1, isiKolom2, isiKolom3, dst”)
  1.   UPDATE

Kegunaan UPDATE yaitu untuk mengubah isi sebuah table (UPDATE namaTable

SET kolom1 = nilai_kolom1, kolom2 = nilai_kolom2, dst) WHERE kondisi) Demikian penjelasan kami tentang apa itu query, cara kerja serta contoh query database. Semoga bermanfaat.

Untuk keperluan penyimpanan database online, Kami memiliki rekomendasi hosting murah unlimited dari Qwords. Cukup dengan biaya mulai dari 34.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan hosting unlimited dengan berbagai fitur menarik. Tunggu apalagi miliki hostingmu sekarang juga dengan Qwords.com

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *