Mengenal Lebih Lengkap Tentang Proxy Server

2 min read

Mengenal Proxy Server

Proxy menjadi salah satu komponen penting yang harus ada ketika Anda ingin mengakses internet, karena proxy merupakan kecanggihan yang muncul di era perkembangan teknologi ini. Proxy adalah sebuah software yang kerap disebut sebagai perantara atau jalur yang dipakai untuk mengakses jaringan lokal.

Sebuah perangkat harus terhubung dengan sebuah jaringan internet jika ingin dipergunakan untuk melakukan aktivitas online. Beberapa macam perangkat seperti laptop, komputer hingga perangkat smartphone sesaat setelah terhubung dengan internet kemudian akan mendapatkan informasi mengenai perangkat yang bisa digunakan.

Pengertian Proxy Server

Mengenal Proxy Server
Mengenal Proxy Server

Proxy merupakan sistem yang fungsinya memungkinkan para penggunanya dapat mengakses jaringan internet memakai IP atau Internet Protocol. Internet Protocol merupakan ‘sebuah alamat’ yang digunakan untuk mengidentifikasi kemana server akan diarahkan.

Untuk dapat berkerja atau dioperasikan sistem ini menggunakan proxy server, sementara itu proxy server adalah perangkat yang dapat berupa komputer dan berfungsi sebagai perangkat untuk menyediakan layanan proxy.

Jaringan internet yang Anda gunakan disaat yang bersamaan juga terhubung ke proxy server, para pengguna dapat memakai beberapa penyedia proxy server secara gratis karena layanan ini sudah banyak ditawarkan di internet.

Untuk menemukan penyedia proxy server di internet juga sangat gampang. Meski demikian, para pengguna harus mengetahui sebenarnya mengenai proxy serta sistem kerjanya.

Fungsi Proxy Server

Terdapat beberapa fungsi yang ditawarkan proxy bagi para pengguna internet, fungsi yang diberikan tentu membuat para pengguna lebih mudah dalam mengakses internet. Berikut beberapa fungsi yang diberikan oleh proxy.

  1. Meningkatkan Keamanan

Server pada proxy berfungsi sebagai penghalang sebuah website mencatat alamat IP asli milik Anda, hal ini dikarenakan website hanya dapat mendeteksi alamat IP server proxy. Dapat dibilang ketika Anda mengakses internet dengan menggunakan proxy secara anonym.

  1. Memantau Trafik

Dengan menggunakan proxy, Anda dapat memantau para pengguna internet sedang mengakses situs apa saja. Biasanya diterapkan di dalam Lembaga pendidikan dan perusahan, beberapa Lembaga ini memungkinkan minimalisasi penyalahgunaan jaringan internet.

  1. Mengakses Jaringan yang Diblokir

Banyak konten yang dianggap tidak sesuai sengaja untuk disembunyikan oleh para pemilik dan juga dibatasi karena faktor geografis. Namun, sebagian besar adalah karena regulasi jaringan dan hak cipta. Dengan menggunakan server proxy, Anda dapat masuk ke alamat tersebut.

Proxy server yang populer saat ini adalah terdapat beberapa setidaknya ada empat jenis empat proxy yang kerap digunakan atau populer dan sering digunakan oleh para pengguna internet. Beberapa jenis proxy ini memiliki keunggulan masing-masing, karena disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang DHCP Server

Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Proxy Server

jaringan komputer
jaringan komputer

Terdapat beberapa alasan yang menjadikan Anda harus menggunakan proxy server sebagai penghubung bagi para pengguna untuk dapat mengakses internet. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah mampu digunakan mengakses situs atau website yang diblokir karena alasan tertentu, berikut ini beberapa kelebihan memakai proxy.

  1. Membuat para pengguna tidak diketahui identitasnya, termasuk lokasi dan alamat IP yang digunakan.
  2. Proxy adalah sistem yang dapat membuka situs atau website yang aksesnya dibatasi karena alasan tertentu.
  3. Membuka blokir pengguna yang melakukan pemblokiran pada Anda.
  4. Membuka blokir yang dilakukan penyedia layanan internet di rumah dan memblokir akses ke media sosial.

Meskipun memiliki banyak manfaat yang memudahkan pekerjaan para pengguna internet, menggunakan proxy bukan tidak memiliki risiko. Satu kekurangan yang harus diketahui bagi para penggunanya adalah tidak semua server proxy menawarkan sistem kemanan yang sama.

Cara Kerja Proxy Server

Fungsi Proxy Server
Fungsi Proxy Server

Beberapa server proxy diketahui tidak dapat melakukan enkripsi, kemungkinan yang muncul proxy yang seperti ini termasuk jenis transparent proxy. Dalam keadaan ini Anda terlu tidak akan maksimal untuk mendapatkan tujuan dari penggunaan proxy.

Secara normal, pada saat Anda sebagai pengguna memasukkan alamat situs atau website, akan muncul sejumlah permintaan yang ditujukkan kepada Anda dalam mengkoneksikan permintaan tersebut dengan alamat tujuan.

Namun, kondisi ini akan berbeda jika Anda menggunakan server proxy, koneksi yang Anda buat akan dihubungkan terlebih dahulu ke server proxy. Setelah itu, server ini akan meneruskan permintaan Anda ke alamat tujuan yang dicari.

Hal inilah yang membuat alamat IP asli milik Anda tidak akan terdeteksi oleh website, sebaliknya alamat proxy yang akan terdeteksi oleh website atau situs yang tengah Anda tuju. Perlu diketahui bahwa server ini juga mencatat riwayat aktivitas yang dilewati.

Memang hanya beberapa server proxy yang memalsukan identitas pengguna ketika berselancar di internet, masuk dari satu situs ke situs lain. Dalam kondisi ini tidak menutup kemungkinan server akan menyimpan data pengguna yang memakai langganan ini.

Terlebih jika para pengguna memakai server proxy untuk segala aktivitas yang Anda lakukan, akan dilalui oleh proxy server lebih dulu. Proxy server yang memiliki layanan dengan banyak manfaat bagi para pengguna, tetapi untuk memakainya perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Perlu diingat pula, bahwa Qwords.com memiliki layanan penjualan domain, hosting, vps, server dan tools email marketing. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan website, di Qwords sedang ada promo hosting murah, cukup dengan biaya 14.500/bulan saja. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *