Apakah Anda pernah mendengar istilan Progressive Web Apps? Jika belum berarti Anda tidak sendirian. Apalagi jika Anda tidak memiliki basic dalam bidang IT, pasti akan asing dengan istilah ini. Tetapi Anda tidak perlu bingung karena pada artikel ini Kita akan mengenal Progressive Web Apps lebih mendalam.

Trend website beberapa belakangan ini sudah beralih menggunakan mobile device, ini menjadi alasan mengapa website sekarang ini harus responsive. Website-website yang masih jadul belum responsive sekarang ini mulai ditinggalkan, Google memberikan peringkat kepada website-website yang belum mendukung mobile friendlly. Termasuk didalamnya website yang sudah support Progressive Web Apps atau bisa disebut PWA.

Apa Itu Progressive Web Apps

Progressive Web Apps
Progressive Web Apps

Progressive Web Apps (PWA) adalah salah satu metode dalam pembuatan software dengan mengabungkan antara website dengan aplikasi mobile. Hasilnya berupa aplikasi mobile yang memiliki fitur-fitur seperti yang ada pada web aslinya dengan sudah dilakukan optimasi untuk mobile experience. Jika semua proses sudah Anda lakukan dengan benar, Anda akan bisa mengakses website dengan cepat pada tampilan mobile.

Setiap perangkat mobile memiliki keterbatasan dalam hal menginstall aplikasi, terutama pada aplikasi-aplikasi yang memiliki ukuran yang besar. Solusi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan Progressive Web Apps yang memungkinkan aplikasi native bisa berjalan dengan lancar pada perangkat smartphone. Karena dalam Progressive Web Apps mendukung sistem service worker.

Baca juga : 5 Konten Wajib Untuk Website Perusahaan

Keuntungan Progressive Web Apps

Menurut penjelasan dari Google, bahwa ada 3 keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan Progressive Web Apps. Berikut pembahasannya:

1. Reliable

Progressive Web Apps memungkinkan untuk memangkas loading time yang lama pada setiap halaman website. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk menghindari para user yang tidak sabar saat menunggu proses loading yang lama. Perlu diketahui bahwa setiap orang hanya bisa memberikan atensi pada suatu hal dalam 3 detik saja, setelahnya itu orang akan mengalihkan perhatian ke lain hal, tidak  menutup kemungkinan mencari alternative aplikasi lain yang sejenis.

Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Progressive Web Apps bisa dijalankan walaupun dengan jaringan yang tidak stabil bahkan offline sekalipun. Ini karena Progressive Web Apps menggunakan sevice worker. Fungsi service worker adalah untuk menyimpan semua data terakhir pada aplikasi, mirip dengan cache yang ada pada web browser.

2. Fast

Fast artinya website responsive. Kelemahan pada website biasa adalah user interface kurang responsive saat dijalankan pada perangkat mobile. Nah dengan menggunakan Progressive Web Apps Anda akan mendapatkan akses yang lebih cepat, responsive, user interface yang menarik dan hemat penggunaan data.

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

Perlu dicatat pula responsive yang ada pada aplikasi yang Anda buat akan tergantung pada siapa yang membuat PWA tersebut. Semakin rapi dalam penyusunan coding yang efektif dan efisien akan menghasilkan aplikasi yang “fast”. Untuk masalah ini Anda perlu belajar lebih masalah pemrograman atau bisa juga menghubungi developer website.

3. Engaging

Engaging jika diartikan berarti menarik. Intinya dari kata engaging ini adalah pengguna akan sulit membedakan mana aplikasi yang menggunakan Progressive Web Apps (PWA) dan mana yang menggunakan native aplikasi. Hal ini bisa terjadi karena aplikasi yang dibuat dengan Progressive Web Apps sudah bisa menyamai native app.

Contoh aplikasi Twitter sudah menggunakan PWA yang sukses menurunkan angka bounce rate sebesar 20%. Hal menandakan banyak user yang puas dengan hadirnya aplikasi Twitter berbasis PWA. Selain Twitter ada aplikasi lain yang sudah menggunakan PWA seperti Pinterest, Trivago dan OLX.

Baca juga : Pentingnya Website Untuk Keperluan Bisnis

Kelebihan Progressive Web Apps

Dibalik penerapa PWA tersebut pastinya ada kelebihan yang dimilikinya, buktinya perusahaan besar kelas dunia sudah ada yang menerapkannya. Nah berikut kelebihan yang dimiliki oleh Progressive Web Apps:

1. Mobile First Approach

Menurut data dari Perficientdigital.com, tahun 2018 kemarin pengguna mobile mendominasi dibandingkan pengguna desktop. Tercatat ada 58% pengguna mobile dan 42% pengguna desktop computer. Angka pengguna mobile ini semakin lama akan semakin meningkat dengan seiring banyaknya pengguna smartphone akhir-akhir ini. Dengan banyaknya user mobile smartphone saat ini menjadikan peluang besar untuk melakukan optimasi pada Progressive Web Apps.

2. 75% Less Cost

Biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan Progressive Web Apps akan lebih murah dibandingkan dengan membuat aplikasi native mobile sendiri. Sisa biaya bisa dimaksimalkan dalam website development utama pada UI UX, Content, SEO dan web design. Untuk itu Anda hanya butuh developer yang bisa membuat PWA yang menarik kemudian tinggal upload pada Google Play atau App Store.

3. Bagus Untuk SEO

SEO WordPress
SEO WordPress

Nah yang terakhir PWA sangat bagus untuk SEO. Dengan menggunakan PWA website Anda lebih mudah dalam mendapatkan peringkat pada halaman pencarian Google. PWA adalah website yang sudah dioptimasi dalam segi interface serta fungsinya agar lebih menarik dan cepat diakses oleh pengguna mobile.

Nah demikianlah pembahasan mengenai Progressive Web Apps serta kelebihan dan keuntungan dari PWA. Untuk Anda yang tertarik untuk membuat Progressive Web Apps secara mandiri, Kami memiliki rekomendasi modul belajar Progressive Web Apps dari Google, silahkan dipelajari dan dipraktekan.

Untuk Anda yang belum memiliki website, Kami memiliki rekomendasi Unlimited Hosting untuk keperluan bisnis Anda. Pesan sekarang untuk mendapatkan diskon sebesar 65% dengan harga mulai dari Rp 34.900/bulan saja. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu sekarang dengan website.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *