10 Rekomendasi Posisi Duduk Yang Benar Saat Kerja

3 min read

Posisi Duduk Yang Benar Saat Bekerja

Sadar atau tidak untuk para pekerja dalam sehari bisa menghabiskan lebih dari 10 jam untuk duduk saja. Mulai dari pagi berangkat ke kantor, menggunakan kendaraan, bekerja di kantor, istirahat makan, perjalanan pulang dan saat di rumah pun Anda juga banyak duduknya. Jika dihitung ada lebih dari 10 jam duduk dalam setiap harinya. Lalu bagaimana rekomendasi posisi duduk yang benar  dan aman?

Jika kita breakdown lebih detail lagi, duduk terbanyak dilakukan saat kita bekerja. Anda akan duduk di depan komputer atau laptop selama berjam-jam setiap hari. Jika sedari awal posisi duduk Anda sudah salah, maka lama kelamaan akan timbul penyakit. Contoh paling ringan adalah rasa nyeri dan pegal pada area punggung.

Oleh karena itu untuk Anda yang bekerja dalam posisi duduk baik itu di rumah atau sedang work from home, penting untuk memperhatikan posisi duduk yang benar. Jika perlu Anda bisa mengajukan kursi dan meja yang nyaman sehingga tidak menimbulkan penyakit dikemudian hari.

Akibat salah posisi duduk

Nah bagi sahabat Qwords yang belum terlanjur, lebih baik melihat beberapa penyakit yang ditimbulkan dari akibat salah posisi duduk berikut ini:

  • Lelah berkepanjangan

Lelah saat bekerja
Lelah saat bekerja

Posisi duduk yang salah akan membuat tubuh bekerja lebih keras dengan mengeluarkan energi lebih. Ini terjadi karena ada beberapa metabolisme tubuh yang terganggu sehingga tubuh harus melakukan adaptasi terhadap keadaan. Akibatnya tubuh akan merasa lebih lelah.

  • Sakit kepala berkepanjangan

Sakit kepala terjadi karena otot leher bagian belakang mendapatkan tekanan yang tinggi dalam waktu yang lama karena posisi duduk yang terlalu menunduk. Apabila ini dilakukan terus maka akibatnya akan menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan.

  • Gangguan tidur

Gangguan tidur terjadi karena posisi duduk yang kurang rileks sehingga menyebabkan gangguan kualitas tidur. Biasanya terasa saat bangun dari tidur tubuh terasa pegal-pegal dan badan tidak segar.

  • Mood yang terganggu

Posisi duduk yang salah akan menimbulkan perasaan negatif dan menimbulkan rasa kecemasan, akibatnya mood akan sering terganggu. Jika ini berlangsung lama bisa menyebabkan depresi bagi para penderitanya.

  • Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan terjadi karena posisi duduk yang terlalu membungkuk sehingga menganggu proses metabolisme tubuh, yang paling sering ditemui adalah sembelit. Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan banyak minum air putih dan juga makan makanan yang mengandung banyak serat.

  • Tekanan darah meninggi

Posisi duduk yang salah menyebabkan area bahu dan leher mendapatkan tekanan yang lebih besar, akibatnya pernafasan terganggu dan tekanan darah bisa meningkat. Bila masalah duduk ini terus terulang maka akibatnya sakit kepala berkepanjangan.

  • Berubahnya kurva bentuk tubuh

Jika posisi duduk salah dalam jangka waktu yang lama, paling parah bisa membuat berubahnya bentuk posisi tulang belakang. Contohnya seperti skoliosis, kifosis dan lordosis.

Baca juga : Ide Bisnis Rumahan Hasil Menjanjikan

Posisi duduk yang benar

Agar tidak timbul masalah dikemudian hari, lalu bagaimana posisi duduk yang benar? Nah pada pembahasan kali ini kami akan memberikan rekomendasi 10 posisi duduk yang benar. Silahkan Anda praktekkan agar tidak timbul penyakit di kemudian hari. Berikut pembahasannya:

1. Pusatkan beban pada satu posisi

Posisi bekerja
Posisi bekerja

Pertama pusatkan beban dalam satu posisi badan. Caranya dengan duduk tegak dengan posisi tempat duduk yang pas dengan meja.

2. Posisi duduk harus tegak

Pastikan punggung Anda bisa menyandar full pada sandaran kursi dan posisi kaki menyentuh lantai. Jika kursi yang Anda gunakan tidak memiliki sandaran yang empuk, Anda bisa menambahkan bantal agar punggung bisa merasa nyaman.

3. Perhatikan posisi bahu

Posisi baru ketika bekerja
Posisi baru ketika bekerja

Saat duduk di kursi, posisi bahu yang benar adalah tidak menyandar atau membungkuk sehingga tidak menimbulkan ketegangan pada otot sekitar bahu. Pastikan otot bahu Anda tetap santai dan rileks agar aliran darah bisa berjalan dengan lancar.

4. Perhatikan posisi siku

Cari posisi tangan yang paling nyaman di atas meja. Jika dibutuhkan Anda bisa menggunakan sandaran tangan khusus atau arm rest pada kursi kantor. Posisi tangan yang nyaman akan mengurangi beban pada leher dan bahu sehingga badan tidak mudah pegal.

5. Perhatikan posisi lutut

Posisikan lutut sejajar dengan pinggul saat duduk. Jika perlu Anda bisa menggunakan ganjal kaki atau meja yang memiliki pijakan tengah. Jika duduk tanpa meja maka gunakan pijakan pada kaki agar tetap posisinya tetap sejajar dengan lantai.

Baca juga : 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kerja Remote dari Rumah

6. Leher harus rileks

Pastikan agar leher selalu rileks saat menghadap layar atau buku. Cari posisi yang paling nyaman hindari posisi menunduk terlalu lama karena akan membuat leher cepat pegal.

7. Hindari menyilangkan kaki

Kaki menyilang saat duduk
Kaki menyilang saat duduk

Kadang kala kita merasa bosan dengan posisi kaki, tanpa disadari kita malah menyilangkan kaki untuk variasi duduk. Tetapi kegiatan menyilangkan kaki ini sebaiknya dihindari karena akan meningkatkan tekanan darah pada salah satu kaki. Kebiasaan ini juga menyebabkan beban tidak pada satu posisi, hanya sebagian panggul saja yang menopang badan. Jika memang merasa pegal Anda bisa berdiri atau jalan-jalan agar kaki bisa rileks.

8. Atur ketinggian dan sandaran kursi

Tinggi rendahnya kursi bisa sangat berpengaruh pada kenyamanan duduk. Itu sebabnya banyak dijumpai kursi untuk bekerja memiliki hidrolis untuk menyesuaikan dengan tinggi orang yang memakainya. Setiap orang pastinya memiliki posisi nyaman yang berbeda. Atur ketinggian kursi sesuai dengan posisi paling nyaman dan pastikan posisi punggung, lutut dan kaki bisa lurus semuanya.

9. Atur posisi layar dan keyboard komputer

Posisi komputer kerja
Posisi komputer kerja

Bagi Anda pengguna komputer, posisi duduk yang benar saat bekerja adalah posisi mata sejajar dengan monitor. Dan posisi keyboard berada pada posisi tengah monitor. Untuk pengguna laptop, Anda bisa menambahkan alas pada laptop agar posisinya bisa sejajar dengan mata. Pastikan badan Anda tetap tegak membentuk sudut 60%. Untuk jarak ideal antara mata dengan layar menurut Sehatq.com adalah 40-75 cm.

10. Istirahat sejenak

Usahakan untuk melakukan istirahat sejenak setiap 30-35 menit duduk. Caranya bisa dengan berdiri, melakukan peregangan sesaat atau berjalan-jalan sebentar. Ini dilakukan untuk memberikan waktu istirahat badan Anda agar tetap segar sehingga bisa tetap konsentrasi saat bekerja.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai 10 rekomendasi posisi duduk yang benar saat bekerja. Ingat bahwa posisi duduk yang benar ini menjadi investasi kesehatan dimasa yang akan datang, jangan sampai pekerjaan Anda menyebabkan penyakit dikemudian hari karena salah posisi duduk.

Perlu sahabat Qwords ketahui bahwa Qwords.com memiliki layanan penjualan berbagai keperluan website untuk pribadi maupun bisnis. Anda bisa memesan nama domain, hosting untuk website, SSL, VPN, Server dll. Sudah lebih dari puluhan ribu pelanggan yang membuktikannya. Pesan sekarang dan dapatkan promo-promo menariknya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *