Pada beberapa hari yang lalu ada yang bertanya tentang apakah bisa memasang plugin WhatsApp di WordPress? Jika Anda saat ini memiliki pertanyaan sama seperti pertanyaan diatas berati Anda berada pada tempat yang benar.

Saat berkunjung ke website atau toko online, terkadang ada muncul pertanyaan-pertanyaan tentang produk dan layanan yang disediakan oleh website, Sayangnya untuk bisa berkomunikasi hanya bisa dilakukan melalui kolom komentar atau email langsung kepada kontak yang tersedia. Jika sudah terjadi seperti ini pasti tidak akan mungkin langsung dibalas saat itu juga, masih ada jeda untuk sampai dibalas.

Selama proses menunggu ini biasanya para pengunjung ini mencari website lain yang sejenis. Inilah yang menjadi salah satu penyebab konversi penjualan selalu turun.

Plugin WordPress Whatsapp Chat Terbaik
Plugin WordPress Whatsapp Chat Terbaik

Hal ini membuktikan bahwa informasi yang tersedia belum lengkap dan belum bisa membuat pembeli percaya sepenuhnya untuk membeli produk dan layanan yang tersedia. Bahkan ada beberapa orang yang memutuskan untuk berpindah ke lain website karena kurangnya informasi dan pelayanan chat yang kurang lama.

WhatsApp bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Apalagi sekarang ini aplikasi WhatsApp memiliki jumlah pengguna sampai sekitar 1.5 miliar user. Dengan banyaknya pengguna yang memiliki aplikasi WhatsApp menjadikan pilihan yang paling tepat, pengunjung tidak perlu mengisi data nama, email, no telp dll untuk bisa chat, pengunjung bisa langsung klik icon whatsapp chats dan langsung terhubung ke aplikasi WhatsApp.

Keunggulan WhatsApp Chat di WordPress

  • Respon lebih cepat

    Respon Lebih Cepat
    Respon Lebih Cepat

Visitor saat mengunjungi website, mereka menginginkan untuk mendapatkan respon yang cepat dari customer service, jika terlalu lama mereka akan memilih pergi ke website lain. Dengan menggunakan plugin WhatsApp chat di WordPress, Anda sebagai customer service akan lebih cepat dalam merespon chat yang masuk.

  • Memudahkan pelanggan dalam berkomunikasi

Kemudahan dan kecepatan komunikasi menjadi salah satu penilaian penting yang diberikan oleh visitor yang datang ke website. Apalagi untuk layanan jasa, komunikasi menjadi hal yang krusial, telat beberapa menit saja Anda bisa kehilangan calon pembeli. Dengan menggunakan fitur whatsapp chat, visitor tinggal klik icon whatsapp dan langsung diarahkan ke aplikasi whatsapp, jadi visitor tidak perlu memasukan data ke aplikasi live chat yang membutuhkan waktu lebih lama.

  • Meningkatkan konversi

    Konversi Meningkat
    Konversi Meningkat

Calon pembeli yang datang kadang-kadang ingin bertanya mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Walaupun sebenarnya sudah dijelaskan secara detail, kadang sentuhan-sentuhan dari customer service dengan balasan pertanyaan yang cepat ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan konversi penjualan. Kehandalan teknik marketing akan diuji disini, semakin handal maka tingkat konversi akan semakin tinggi.

  • Website menjadi lebih professional

Website yang memilki fitur WhatsApp chat akan terlihat lebih professional kepada pengunjung. Anda sebagai pemilik website juga siap melayani, siap menjawab semua pertanyaan dan memberikan solusi kepada semua pelanggan. Pemasangan plugin WhatsApp WordPress ini lebih cocok untuk website bisnis, jasa, produk, penjualan, tetapi kurang cocok untuk website pribadi dan portofolio.

Plugin WordPress WhatsApp Chat Terbaik

Berikut ini kami telah merangkum 5 plugin WhatsApp Chat terbaik untuk WordPress saat ini, berikut daftarnya:

1. Click to Chat WhatsApp

Click to Chat for WhatsApp
Click to Chat for WhatsApp

Plugin WhatsApp chat WordPress terbaik pertama adalah “Click to Chat WhatsApp”. Plugin ini memiliki active installation 100.000 lebih dengan rating skor bintang 4.5.

Whatsapp plugin ini mendukung untuk versi mobile dan web, Jadi jika Anda mengakses dengan perangkat mobile maka akan diarahkan ke aplikasi WhatsApp pada smartphone. Sebaliknya jika Anda mengakses chat whatsapp dengan perangkat laptop/computer, Anda akan diarahkan ke WhatsApp Web. Ada beberapa fitur yang dimiliki oleh Click to Chat WhatsApp diantaranya :

  • Whatsapp chat & group
  • Sembilan style whatsapp
  • Custom gambar atau GIF
  • Template pesan
  • Tracking Facebook, Google Analytics,
  • Custom shortcode
  • dll

2. WhatsApp me

WhatsApp me
WhatsApp me

Plugin yang kedua adalah “WhatsApp me” yaitu plugin dari developer Creame. Rating skor dari WhatsApp me ini memiliki bintang 5 dengan unduhan sekitar 50.000 user lebih. Fitur yang ada di WhatsApp me yaitu Anda bisa menambahkan beberapa nomor telp, pop-up untuk menarik pengunjung, custom Call to Action, Custom template pesan, analitic data, button WA design dll.

Pada artikel lain kami telah membahas mengenai cara membuat chat WhatsApp di WordPress dengan plugin WordPress WhatsApp me, silahkan dibuka.

3. WhatsApp Chat

WhatsApp Chat
WhatsApp Chat

Plugin WordPress ketiga nampaknya tidak berbeda jauh dengan plugin kedua, plugin ini memiliki skor rating bintang 5 dengan jumlah unduhan mencapai 50.000 lebih. Untuk fitur yang Anda dapatkan diantaranya ada pesan untuk pengguna khusus, variasi posisi button, sembunyikan button berdasarkan jenis post, tombol dan warna icon WhatsApp, kotak WhatsApp dll. Jika Anda membutuhkan fitur lebih, WhatsApp Chat ini menyediakan fitur premium yang lebih lengkap seperti multi contact WhatsApp dan variasi icon kontak whatsapp yang lebih beragam.

4. Add WhatsApp Button

Add WhatsApp Button
Add WhatsApp Button

Add WhatsApp button memungkinkan Anda untuk menambahkan icon atau button WhatsApp pada website. Uniknya plugin ini bisa mendeteksi apakah pengunjung yang datang menggunakan device mobile atau computer. Untuk plugin ini jumlah unduhannya belum terlalu banyak, tetapi Anda bisa mencobanya karena dari rating dan review yang dituliskan semuanya bagus.

5. Chaty

Chaty
Chaty

Chaty menjadi plugin terakhir yang kita bahas, Chaty memiliki keunggulan dengan mendukung berbagai aplikasi pesan dan panggilan sepeti WhatsApp, Messenger,Telegram, Email, SMS, Maps, Live Chat dll. Jadi dengan satu plugin Anda bisa memasang berbagai aplikasi chat dan panggilan dalam satu website.

Demikianlah pembahasan mengenai rekomendasi plugin WordPress chat terbaik, Untuk rekomendasi plugin jika Anda menginginkan plugin live chat, lebih baik menggunakan plugin WhatsApp me, alasannya karena lebih simpe dan mudah dalam setingnya. Akan tetapi jika Anda lebih membutuhkan banyak aplikasi chat dan panggilan, lebih baik menggunakan plugin WordPress Chaty.

Jangan lupa untuk memastikan hosting yang Anda gunakan tidak lemot, karena bisa saja fitur live chat atau panggilan menjadi pending sehingga mengakibatkan pengunjung website menjadi pergi. Di Qwords kami menyediakan WordPress hosting murah Indonesia dengan harga 50.000/bulan sudah mendapatkan fitur yang berlimpah. Pesan sekarang juga dan dapatkan gratis domain secara cuma-cuma.

Jika Anda mengalami kendala atau memiliki rekomendasi plugin lain silahkan ditambahkan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *