Daftar 12 Plugin Instagram WordPress Terbaik

3 min read

daftar 12 plugin instagram wp

Instagram kini menjadi salah satu aplikasi social media berbagi foto yang paling banyak digunakan di dunia. Di Negara Indonesia saja menurut data dari Napoleoncat.com jumlah pengguna per Juni 2019 ada sekitar 58.770.000. Berarti sekitar 20% lebih orang Indonesia menggunakan aplikasi Instagram.

Instagram User Indonesia
Instagram User Indonesia

Awalnya Instagram rilis perdana sekitar bulan Oktober 2010. Aplikasi yang dikembangkan oleh Burbn Inc ini pada bulan April 2012 sudah beralih kepemilikan menjadi milik Facebook sepenuhnya dengan nilai pembelian harmpir $1 Miliar Dollar. Memang benar langkah Facebook untuk mengakuisisi Instagram, terbukti sekarang Instagram memiliki user yang banyak diiseluruh dunia.

Dengan banyaknya pengguna Instagram, termasuk di Indonesia saja saat ini menjadi salah satu  media pemasaran yang menggiurkan, apalagi sekitar 40% pengguna berada pada rentang usia 18-24 tahun. Lebih menariknya lagi sekarang Instagram bisa dikombinasikan dengan website WordPress hanya dengan memasang plugin serta melakukan sedikit konfigurasi saja. Jika Anda berhasil melakukan seting secara benar, feed akun Instagram Anda akan muncul di website WordPress.

Plugin Instagram WordPress Terbaik

Sebelum menginstall plugin, Anda perlu mengetahui dulu daftar 12 plugin Instagram WordPress terbaik saat ini, karena di WordPress saat ini terdapat banyak sekali plugin, berikut daftarnya:

1. WP Instagram Feed Gallery

WP Instagram Feed Gallery
WP Instagram Feed Gallery

Plugin pertama ini memiliki 2 cara untuk menampilkan feed pada WordPress. Cara pertama menggunakan user name dan yang kedua menggunakan tag. Untuk user name Anda diharuskan untuk login ke akun Instagran. Untuk Instagram tag lebih simple, Anda tinggal memasukan tag yang diinginkan. Fitur lain yang dimiliki Wp Instagram Feed Gallery ini yaitu  picture limit dan tampilan berupa gallery atau carousel. Silahkan baca pada pembahasan cara memasang widget Instagram feed di WordPress dengan mudah.

2. Elfsight Instagram Feed

Elfsight Instagram Feed
Elfsight Instagram Feed

Elfsight menjadi daftar plugin Instagram WordPress Feed kedua yang menjadi rekomendasi dari kami. Plugin ini bisa mengambil sumber gambar dari Instagram melalui nama pengguna, tag dan url foto. Fitur pengaturan feed Instagram juga lebih lengkap mencakup autorotation mode, animasi yang cepat, responsive, kontrol navigasi dan lainnya.

3. Custom Feed for Instagram

Custom Feed for Instagram
Custom Feed for Instagram

Custom feed for Instagram buatan dari developer Smash Ballon ini memiliki keunggulan yang bisa menampilkan feed langsung dari multiple akun Instagram. Dari segi pengaturan gamar juga bisa disesuaikan ukuran mulai dari yang kecil, sedang dan ukuran penuh. Bagi Anda yang suka custom, plugin ini menyediakan custom CSS dan JavaScript untuk feed Instagram WordPress.

4. 10Web Social Feed for Instagram

10Web Social Feed for Instagram
10Web Social Feed for Instagram

10Web ini nampaknya menjadi salah satu developer WordPress yang rajin mengeluarkan plugin. Ada banyak plugin WordPress dari berbagai jenis yang sudah dihasilkan. 10Web Social Feed for Instagram ini memiliki fitur seting feed Instagram ke website hanya dalam hitungan menit saja. Selain itu plugin feed Instagram ini cocok untuk blogger, website fotografi, café, restoran, travel dll. Plugin ini sudah responsive dan mendukung untuk semua device.

5. Enjoy Instagram Feed

Enjoy Instagram Feed
Enjoy Instagram Feed

Enjoy Instagram ini memungkinkan Anda menampilkan feed Instagram di WordPress berdasarkan hastag yang ditulis. Jadi Anda bisa menampilkan feed Instagram berdasarkan hastag dibagian halaman, postingan atau berada di sidebar. Setiap gambar yang sudah ditampilkan bisa dalam tampil dalam bentuk Grid atau Carousel dengan tambahan efek Lightbox. Fitur menarik lain yang dimiliki Instagram feed ini adalah tampilan sudah responsive, sehingga bisa diakses dari berbagai device termasuk dari perangkat mobile.

6. AccessPress Instagram Feed

AccessPress Instagram Feed
AccessPress Instagram Feed

AccesPress memungkinkan Anda untuk mengcustom tampilan Instagram feed sesuai dengan keinginan, contoh saja  Anda bisa menampilkan hanya gambar saja tanpa adanya bagian lain seperti header dan deskripsi. Untuk penempatan AccesPress bisa diletakan dibagian postingan atau di widget, selain itu untuk tampilan feed Instagram di WordPress tersedia bentuk Mosaic, Lightbox maupun Slider.

Baca juga : Cara Membuat Slider Pada WordPress

7. DsgnWrks Instagram Importer

DsgnWrks Instagram Importer
DsgnWrks Instagram Importer

Plugin DsgnWrks ini memiliki fitur untuk mengimport dan backup foto video yang ada di akun Instagram Anda ke situs WordPress. Anda juga bisa mengatur setiap judul dan deskripsi postingan dengan beberapa script code yang tersedia seperti insta-image, insta-text dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan script code kondisional. DsgnWrks juga memungkinkan Anda untuk melakukan import dan backup video secara unlimited.

8. Feed Them Social

Feed Them Social
Feed Them Social

Jika Anda ingin menampilkan di WordPress tidak hanya Instagram saja, maka Feed Them Social ini bisa menjadi pilihan. Jadi Anda tidak perlu banyak menginstall plugin WordPress. Fitur yang dimiliki Feed Them Social ini bisa menampilkan feed Instagram, Feed Facebook, Feed Twitter dan Pinterest board.  Untuk penempatan, plugin ini bisa ditempatkan pada bagian post atau widget. Fitur lain yang dimilikinya yaitu sudah responsive untuk mobile device.

9. Instagram Lite

Instagram Lite
Instagram Lite

Instagram lite ini nampaknya menjadi plugin WordPress untuk feed Instagram paling ramah untuk pemula. Anda tidak perlu seting API Instagram yang rumit, semuanya sudah jadi tinggal menggunakan saja. Fitur lain dari Instagram lite yaitu bisa menyesuaikan sesuai dengan judul postingan, isi teks dan seting feed secara otomatis. Dari segi keamanan Instagram Lite ini tidak akan meminta user dan password akun Anda, jadi bisa dipastikan ini aman digunakan.

10. Creative Instagram

Creative Instagram
Creative Instagram

Creative Instagram menjadi rekomendasi ke 10 plugin Instagram WordPress. Plugin ini memiliki tampilan yang minimalis, clean, mudah dikustomisasi, responsive dan mendukung untuk multiple akun Instagram. Selain itu Anda akan mendapatkan tombol follow pada feed Anda. Jika Anda menginginkan fitur lebih lengkap, creative Instagram ini menyediakan fitur pro.

11. Instagram Widget by WPZOOM

Instagram Widget by WPZOOM
Instagram Widget by WPZOOM

Instagram Widget by WPZOOM ini sudah terbukti menajadi salah satu plugin feed Instagram yang terbaik dengan jumlah download sampai sekarang ini mencapai sekitar 20.000 lebih pengguna.

12. Flo Social – Display Your Instagram Feed

Flo Social
Flo Social

Plugin Instagram website yang terakhir yaitu Flo Social. Fitur yang menarik dari Flo Social ini Anda dapat menyematkan kode dibagian header atau footer karena plugin ini mendukung short code. Selain itu Anda juga bisa menambahkan pada widget atau post sesuai dengan kebutuhan. Dari segi desain Flo Social ini memiliki desian yang clean, simple dan ringan.

Nah demikian pembahasan mengenai 12 daftar plugin Instagram WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan feed Instagram pada WordPress. Untuk lebih mengoptimalkan WordPress, Anda perlu menggunakan hosting khusus WordPress. Di Qwords kami menyediakan hosting WordPress murah dengan harga mulai dari 50.000/bulan. Jika Anda memiliki rekomendasi plugin Instagram WordPress post lain yang lebih bagus silahkan tuliskan dikolom komentar bawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *