Pada saat berbisnis atau yang lainnya, peran marketing memang sangat berpengaruh. Di era yang serba modern ini, hampir seluruh perusahaan menerapkan strategi digital marketing. Apabila Anda berkecimpung dalam dunia tersebut, maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya UI dan UX. Banyak orang yang masih bingung terkait dengan perbedaan UI dan UX.

Sedangkan kedua elemen tersebut merupakan sistem yang wajib ada dan paling penting. Tetapi, masih banyak yang menyebutkan UI menjadi UX atau pun sebaliknya UX menjadi UI. Lebih tepatnya, UI adalah tampilan dan UX merupakan kepuasan dari pengguna. Jadi, UI juga harus di imbangi dengan UX agar memiliki hasil yang bagus. Berikut ini merupakan penjelasan terkait dengan UI dan UX untuk lebih jelasnya.

Apa itu UI (User Interface)

User Interface Design
User Interface Design

Saat ini banyak perlombaan dalam bidang gadget dan juga telah banyak melejit ponsel android dengan berbagai sistem yang unik. Sistem UI adalah suatu sistem yang memberikan tampilan dalam suatu android. Sistem inilah yang nantinya menjadi pembeda antara sistem dengan android lainnya.

Penggunaan UI dalam android merupakan komponen yang paling penting. Karena UI inilah yang menjadi perantara antara pengguna dengan android itu sendiri. Bisa dibilang bahwa UI merupakan tampilan muka dari android. Tampilan muka android tersebut meliputi, tema, navigasi, status bar, tampilan menu dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang masih bingung, jika diperhatikan layar ponsel akan memiliki tampilan yang berbeda meskipun sama-sama menggunakan android. Hal itulah yang disebut dengan sistem UI. Para pengembang selalu berusaha melakukan inovasi-inovasi agar memiliki sistem antar muka android yang keren. Sehingga dapat menarik minat para pembelinya.

Kemudian terdapat lagi yang namanya UX. Tentu saja para pengguna pasti sudah tahu terdapat UI dan juga UX. Perbedaan UI dan UX sangat jauh, sehingga kedua hal tersebut tidak bisa dianggap sama.

Baca juga : Mengapa Brand Harus Punya Website?

Apa itu UX (User Experience)

User Experience
User Experience

Umumnya dalam setiap penggunaan aplikasi jenis apa saja, yang menjadi perhatian utama adalah tentang penggunaan sistem aplikasi tersebut. Anda pasti menilai mulai dari daya guna serta tampilannya. Penggunaan yang mudah tentunya membuat Anda semakin tertarik.

UX atau user experience lebih berhubungan kepada tingkat kepuasan dari pengguna. Tentu saja hal ini berbeda sekali dari UI. UX memang perlu dikembangkan dan selalu mengalami perkembangan dengan cepat. Pasalnya, UX inilah yang akan menjadi daya tarik seorang pelanggan. Berdasarkan tingkat kepuasan pelanggan, para pengembang berusaha meningkatkan kualitas dari suatu sistem yang dibuat.

Hal tersebut dimaksudkan agar sebuah sistem tidak hanya unik dan menarik, namun juga memiliki kualitas. Sistem yang memiliki kualitas adalah sistem yang bisa digunakan dengan mudah dan memiliki tingkat kontrol yang baik. Apabila suatu sistem dapat digunakan dengan mudah kemudian memiliki tampilan yang menarik, maka sistem tersebut akan sering digunakan.

Perbedaan UI dan UX itu sangat mencolok. Mulai dari proses pembuatan hingga proses pengembangannya. Bisa dibilang UX itu merupakan suatu proses pengembangan kualitas penggunaan dari UI. UI yang sangat canggih harus diimbangi dengan UX agar melahirkan daya guna yang baik.

Perbedaan UI dan UX

Perbedaan UI dan UX
Perbedaan UI dan UX

Setelah mengetahui tentang pengertian dari UI dan UX, tentunya Anda akan mengerti apa perbedaan dari UI dan UX? Jika Anda melihat lebih dalam terkait dengan definisi dan kegunaan dari keduanya. Maka akan ditemukan perbedaan yang sangat mencolok namun tetap terjadi kesinambungan. Jadi, mulai dari sekarang jangan menyamakan antara UI dan UX.

UI atau user interface merupakan suatu sistem yang lebih mengharap kepada peningkatan tampilan antarmuka dari sistem. Tampilan antar muka tentu saja meliputi banyak komponen. Mulai dari tema yang digunakan, tata letak yang di terapkan, hingga tampilan visual dari suatu desain. UI lebih kepada penampilan. Tampilan yang baik akan membuat para pengguna tertarik.

Sedangkan UX atau user experience, lebih kepada kebutuhan yang dimiliki oleh user. Tampilan dari suatu sistem memang sangat penting. Namun, sebagus apapun tampilan antar muka yang dihasilkan atau berhasil dikembangkan, jika pada saat penggunaan atau pengoperasian nya membuat bingung, tentu saja sistem tersebut tidak akan dilirik.

Setelah mengetahui perbedaan UI dan UX, tentunya Anda akan semakin tahu bahwa kedua hal tersebut harus sama-sama diterapkan dalam pengembangan suatu sistem. UI yang menawan dan epic harus di imbangi dengan UX yang  bagus pula. Hal tersebut yang akan menarik minat para pelanggan dalam menggunakan sistem.

Dalam proses pengembangan suatu sistem sebagai upaya untuk menghasilkan sistem yang bagus maka UI perlu dikembangkan sedemikian rupa. Nyatanya bukan hanya UI yang berperan penting, UX juga tidak kalah penting. Setelah mengetahui apa perbedaan dari UI dan UX? Tentunya Anda bisa memahami terkait dengan keduanya.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan hosting untuk keperluan pembuatan website, Kami memiliki rekomendasi hosting murah yang pas untuk keperluan Anda. Silahkan kunjungi di website Qwords.com untuk info lebih lanjut.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *