Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan profesi sales dan marketing? Keduanya sama-sama bertugas untuk memasarkan produk/jasa. Selain itu, keduanya juga sama-sama berhubungan dengan costumer. Tapi, ternyata dua istilah ini punya pengertian dan tugas yang berbeda. Lalu apa sebenarnya perbedaan sales dan marketing?

Pengertian Sales

Mengenal Perbedaan Sales dan Marketing
Mengenal Perbedaan Sales dan Marketing

Sales adalah salah satu bagian dari perusahaan dimana tugas utama seorang sales adalah menjual dan memastikan produk yang terlihat ataupun tidak laku terjual pada konsumennya. Sales juga harus menawarkan produk pada para konsumen.

Sehingga produk tersebut bisa laku terjual sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, tapi konsumen pun tidak kecewa.

Sales adalah ujung tombak penjualan produk/jasa. Sales bisa jadi adalah seorang individu yang ditugasi untuk menawarkan produk/jasa dalam sebuah proses penjualan. Tujuannya agar target penjualan perusahaan bisa tercapai.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis

Sales harus berhadapan langsung dengan para calon konsumen. Mereka terbiasa bekerja di lapangan dengan sistem one on one. Sales bisa datang langsung ke rumah atau lokasi calon konsumen dan menawarkan produk yang mereka jual. Tapi kini ada juga sales online yang bisa menghubungi calon konsumen via email, telefon, ataupun media sosial.

Tim sales ini punya tugas yang sangat penting dalam perusahaan. Kadang kala mereka harus melakukan pendekatan yang berbeda antara 1 konsumen dengan konsumen lainnya agar mau membeli produk yang mereka tawarkan. Sales pulalah yang mengetahui kondisi real-time dan penerimaan produk mereka di lapangan.

Secara singkat, sales memiliki fungsi berikut ini dalam sebuah perusahaan:

  1. Menawarkan produk pada calon konsumen potensial.
  2. Sales harus mampu meyakinkan calon konsumen yang masih ragu-ragu untuk membeli produknya.
  3. Sales juga harus mampu mengarahkan sasaran, yaitu kemana dan pada siapa produk tersebut akan ditawarkan.
  4. Sales juga harus bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memperkenalkan produk mereka.

Pengertian Marketing

marketing
marketing

Marketing sejatinya adalah sebuah proses pemasaran. Marketing adalah proses dimana produk ataupun jasa dikenalkan kepada masyarakat. Tujuannya jelas, agar masyarakat tahu bahwa ada produk yang selama ini mereka butuhkan. Marketing juga bisa diartikan sebagai proses pemasaran barang/jasa.

Marketing juga bisa diartikan sebagai proses mengedukasi masyarakat agar tertarik pada produk atau jasa yang dijual oleh perusahaannya. Proses pemasaran ini berkaitan erat dengan aktivitas riset pasar, analisis konsumen, dan juga pencarian calon konsumen potensial yang cocok dengan produk yang akan dipasarkan.

Dalam dunia bisnis, departemen marketing sangat penting keberadaannya. Tim marketing adalah ujung tombak agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan bisa dikenal dan dibeli oleh masyarakat. Marketing juga bertugas untuk menyusun strategi penjualan dan meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Hal inilah yang membuat perusahaan mencetak keuntungan dan roda produksi berjalan.

 

Perbedaan Sales Dan Marketing

Sekilas Anda sudah tahu kan apa perbedaan sales dan marketing dalam sebuah perusahaan? Lebih dalam lagi, berikut ini beberapa poin perbedaan antara 2 profesi tersebut:

 

1.Ruang Lingkup Jobdesk

Jobdesk sales cenderung bersifat sementara atau short-term. Sales punya jobdesk utama untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkannya. Tugas mereka selesai jika sudah bisa menjual produk sesuai kuantitas yang ditentukan oleh perusahaan. Mereka bisa menggunakan berbagai strategi agar kuantitas tersebut terpenuhi.

Sedangkan marketing punya jobdesk yang bersifat long-term. Artinya, tim marketing punya planning jangka panjang mulai dari riset pasar sampai kepuasan pelanggan. Tugas mereka adalah memastikan produk diterima masyarakat dengan baik dan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Baca juga: Membahas Tentang Konsep Pemasaran Dalam Bisnis

2.Fungsi dan Prioritas

Prioritas utama tim marketing adalah membina hubungan baik dan menjangkau konsumen. Tujuannya agar konsumen tersebut bisa jadi pelanggan setia produk yang mereka pasarkan. Sedangkan fungsi dari sales adalah memahami dan mengakomodasi kebutuhan atau keinginan dari konsumen di lapangan.

Jadi bisa dibilang tim marketing punya prioritas dari sisi keuntungan perusahaan dengan menaikkan tingkat penjualan produk. Sedangkan sales punya prioritas untuk mengenali kebutuhan konsumen sekaligus memenuhinya lewat produk yang mereka tawarkan. Perbedaan ini pulalah yang menciptakan sinergi antara sales dan marketing untuk mencetak laba.

 

3.Tujuan dan Aktivitas Kerja

Tim marketing bertugas untuk memastikan bahwa produk/jasa yang mereka jual menarik, berkualitas dan dibutuhkan oleh calon konsumen. Tim marketing bertugas untuk menyiapkan produk sebelum dijual langsung ke lapangan. Bisa dibilang bahwa tim marketing bekerja dari belakang layar untuk memastikan semua produk ok sebelum dijual.

Sedangkan sales bertugas untuk menemui konsumen baik via online ataupun face to face. Sales punya tujuan agar calon konsumen yakin dan mau membeli produk yang sudah disiapkan oleh tim marketing. Jadi sales bekerja di depan layar dan berhadapan langsung dengan konsumen.

Kesimpulan

Perbedaan sales dan marketing bisa dilihat langsung lewat definisinya. Sales dan marketing punya perbedaan jobdesk, prioritas, dan aktivitas kerja. Tapi perusahaan tetap membutuhkan 2 jenis tim ini untuk menjamin produk yang mereka buat laku di pasaran.

Bagamana? Apakah sudah cukup paham dengan penjelasan di atas? Nah, agar mendukung kinerja tim sales maupun marketing, salah satu persiapan yang Anda butuhkan adalah membangun website yang menampilkan berbagai informasi perusahaan.

Anda bisa membangun sebuah website sederhana menggunakan nama domain dan paket Business Cloud Hosting dari Qwords.com yang sudah terbukti handal untuk menampung ribuan pengunjung. Jangan lupa, tambahkan juga halaman kontak dan informasi produk yang dijual agar memudahkan calon konsumen yang ingin melakukan pembelian.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *