Zaman sekarang ini segala keperluan dimudahkan dengan adanya internet, hal ini membuat kebutuhan internet semakin meningkat. Internet sendiri juga termasuk salah satu perkembangan teknologi yang sampai sekarang masih berjalan. Dalam perkembangannya, internet dibuat menjadi lebih cepat koneksinya. Untuk mengukur kecepatan biasanya ada satuan MBps, Mbps, dan Kbps. Terlihat ada yang sama bukan? Lantas apa perbedaan Mbps dengan MBps?

Apa Itu Mbps?

Satuan kecepatan internet Mbps memang yang sering Anda lihat dalam suatu jaringan. Mbps merupakan singkatan dari Megabit per second, atau dalam bahasa Indonesia disebut Megabit per detik. Jika dibandingkan, memang ukuran Mbps lebih kecil dibandingkan dengan MBps. Walaupun dalam penulisannya menggunakan huruf yang sama, namun ada perbedaan dalam penulisan huruf “B”. Yang mana pada Mbps, huruf “B” ditulis dengan huruf kecil bukan kapital.

Dilihat dari kepanjangannya, memang satuan Mbps berarti mengukur kecepatan internet dengan satuan bit pada setiap detik. Biasanya memang satuan Mbps ini digunakan oleh Internet Service Provider, jadi apabila ada iklan internet itu menggunakan satuan ini.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Itu FUP dalam Layanan Internet?

Makanya jika Anda melakukan tes kecepatan internet pada jaringan, yang muncul adalah kecepatan dengan satuan Mbps. Hal ini mungkin bisa membuat Anda bingung, karena terkadang angka yang menunjukkan kecepatan jaringan berbeda ketika sedang dipakai pada perangkat.

Apa Itu MBps?

 

Berbeda dengan Mbps yang menggunakan satuan bit per detik, MBps menggunakan satuan byte. Itu adalah perbedaan Mbps dengan MBps yang paling mudah diingat.

Lalu apa lagi yang berbeda antara Mbps dengan MBps?

Ada banyak perbedaan, mulai dari penggunaan pada perangkat hingga ukuran. Satuan MBps biasanya ditanamkan pada perangkat seperti smartphone, modem, komputer, laptop, dan perangkat pengguna lainnya. Jadi, kecepatan yang akan diterima oleh perangkat akan berbeda dengan provider.

Tentu karena ada perbedaan satuan antara Internet Service Provider dengan perangkat akan menimbulkan konversi. Makanya Anda tidak perlu bingung jika kecepatan jaringan pada perangkat berbeda dengan kecepatan jaringan. Karena pada kecepatan pada jaringan juga tidak bisa diprediksi, klaim dari Internet Service Provider adalah tes yang paling baik. Tetapi pada kenyataan ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan internet.

MBps to Mbps

kecepatan internet
kecepatan internet

Perbedaan satuan yang digunakan oleh Internet Service Provider dengan perangkat mungkin akan membuat Anda bingung. Misalnya dari provider menyediakan internet dengan kecepatan download 32 Mbps.

Tetapi mengapa setelah dilakukan tes kecepatan internet di perangkat hanya menampilkan 2 MBps? Karena memang kedua satuan itu memiliki ukuran berbeda dimana 1 byte sama dengan 8 bit. Dan MBps tentu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Mbps.

Itulah mengapa Anda bisa salah menafsirkan kecepatan internet dari Internet Service Provider yang diiklankan. Mungkin Anda mengira jaringannya akan sangat cepat, tetapi pada kenyataannya tidak secepat di iklan.

Baca juga: Cara Mengecek Kecepatan Website Dengan Mudah

Jadi, kecepatan dengan satuan Mbps perlu Anda konversi dahulu dengan dibagi delapan untuk bisa dijadikan MBps.

Selain itu perbedaan kecepatan jaringan yang diklaim oleh provider juga mungkin bisa salah. Karena biasanya ada penggunaan kata up to, yang artinya hingga sampai. Hasilmua mungkin saja kecepatan bisa mencapai klaim, tetapi bisa juga di bawahnya.

Apalagi kekuatan sinyal juga berpengaruh pada kecepatan internet, jadi Anda jangan sampai menyalahkan provider karena kecepatan internet yang kurang mumpuni.

Mbps to Kbps

macam-macam browser
macam-macam browser

Mungkin jika Anda menggunakan internet dan mengukur kecepatannya, satuan Kbps adalah yang sering muncul. Lalu apa itu satuan Kbps? Satuan ini lebih kecil dibandingkan dengan MBps, dan kepanjangannya adalah Kilobit per second.

Dalam 1 Megabit sama dengan 1024 Kilobit, jadi jika Anda memiliki file 3 Megabit itu sama dengan 3072 Kilobit.

Apabila Anda ingin mendownload file ukuran besar dengan internet, mungkin akan bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan? Maka Anda perlu menghitung ukurannya terlebih dahulu, misalnya file berukuran 1 GB.

File berukuran 1 GB berarti sama dengan 1024 Mb, dikonversi menjadi Kb sama dengan 1048576 Kb. Barulah setelah itu Anda bisa menghitung kecepatan dari jaringan yang Anda gunakan dan kemampuan perangkat. Misalnya jaringan memiliki kecepatan 2 Mbps, dijadikan Kbps menjadi 2048 Kbps.

Lalu, Anda bagi dengan 8 dan didapatkan hasil kecepatan jaringan yaitu 256 Kbps. Setelah itu Anda bisa menghitung waktunya dengan membagi 1048576 dengan 256, dan didapatkan hasil 4096 detik yang artinya sama dengan 68,2 menit. Adanya perbedaan kecepatan inilah membuat orang awam merasa tertipu dengan Internet Srvice Provider. Padahal pada kenyataanya memang ada perbedaan satuan yang harus dikonversi terlebih dahulu.

 

Kesimpulan

 

Apakah Anda sudah paham tentang perbedaan Mbps dengan MBps? Yang pasti, perbedaan keduanya sangat berpengaruh pada kecepatan yang Anda gunakan pada perangkat. Makanya Anda jangan langsung menghakimi provider jika mendapatkan kecepatan berbeda dengan yang diklaim. Sebab perbedaan satuan antara perangkat dan provider yang sama hurufnya tetapi berbeda penulisannya adalah penyebabnya.

Tak bisa dipungkiri, saat ini kecepatan koneksi internet sudah menjadi prioritas karena sangat mempengaruhi kelancaran dalam membuka website. Sebagai top 5 provider web hosting di Indonesia, Qwords.com sendiri berkomitmen penuh dalam menghadirkan layanan Cloud Hosting Indonesia yang sudah dilengkapi fitur Ultrafast SSD, LiteSpeed API, hingga sertifikat SSL untuk menunjang kecepatan dan keamanan. Alhasil, website Anda bakal tetap ngebut meski diakses oleh pembaca dengan koneksi kurang memadai.

Sampai Jumpa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *