Jenis-Jenis Perangkat Input Pada Komputer

2 min read

Jenis-Jenis Perangkat Input Pada Komputer

Sebuah komputer memiliki berbagai perangkat yang terintegrasi menjadi suatu sistem dan menjalankan suatu fungsi yang diperintahkan oleh pemiliknya. Salah satu jenis perangkat dari komputer adalah perangkat input. Jenis perangkat yang satu ini merupakan perangkat yang cukup penting keberadaannya pada komputer. Hal ini menyebabkan perangkat input begitu banyak dijual oleh berbagai perusahaan.

Apa itu perangkat input? Dan apa saja contoh serta fungsinya? Yuk simak jawabannya pada ulasan di bawah ini!

 

Apa Itu Perangkat Input Bagi Komputer?

Jenis-Jenis Perangkat Input Pada Komputer
Jenis-Jenis Perangkat Input Pada Komputer

Input adalah suatu kata dalam bhasa Inggris yang memiliki arti “memasukkan”. Sehingga perangkat input dalam komputer memiliki makna sebagai perangkat yang berfungsi untuk memasukkan perintah pada komputer.

Perintah tersebut dikonversi menjadi data-data yang selanjutnya akan diproses oleh prosesor komputer. Sistem perangkat input sendiri memiliki mikroprosesor yang bisa dihubungkan langsung dengan komputer.

Biasanya, ahli komputer menggabungkan istilah perangkat input dengan perangkat output, yang menghasilkan kombinasi istilah perangkat I/O (input / output).

Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Output Komputer

Contoh Dari Perangkat Input Dan Fungsinya

 

Sebuah perangkat input (masukan) pastinya memiliki fungsinya tersendiri. Para pencipta dari perangkat tersebut membuat alat yang bisa memudahkan kegiatan yang berkaitan langsung dengan perangkat komputer (PC, laptop, notebook, hingga HP sekalipun).

Jika anda penasaran apa saja contoh dari perangkat masukan, berikut ini di antaranya :

1.Mouse atau tetikus

Jika anda memiliki komputer, pasti anda sangat mengenal benda kecil yang lucu satu ini. Mouse komputer merupakan perangkat masukan yang berfungsi untuk menggerakkan cursor pada komputer.

Mouse biasa juga disebut sebagai tikus dalam bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan bentuk mouse dan kabelnya seperti ekor tikus yang memanjang. Penemu mouse komputer yang pertama kali adalah Douglas Engelbart pada tahun 1963.

Masukan yang dilakukan oleh sebuah mouse pada komputer adalah menggeser kursor dan melakukan scroll atau menaik turunkan halaman pada komputer. Sedangkan berbagai fungsi mouse adalah memilih objek, melakukan drag and drop, melakukan eksekusi program, dan melakukan scroll.

 

2. Keyboard atau papan ketik

Keyboard atau yang sering juga disebut sebagai papan ketik, adalah salah satu perangkat masukan yang juga paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer.

Bentuk keyboard adalah seperti papan ketik biasa, dengan berbagai tombol di atasnya. Fungsi dari berbagai tombol tersebut berbeda, dan terkadang harus dikombinasikan terlebih dahulu agar bisa melakukan suatu perintah pada komputer.

Ada berbagai jenis keyboard, diantaranya adalah :

  • Keyboard QWERTY
  • Keyboard DVORAK
  • Keyboard Alphabetic
  • Keyboard Klockenberg
  • Keyboard Numeric

Sedangkan fungsi dari keyboard sendiri cukup banyak, diantaranya adalah sebagai main typing keyboards, keypad numerik, pengatur arah, dan berbagai fungsi spesial lainnya.

 

3. Touchpad atau bantalan sentuh

Pernangkat masukan lain yang tidak boleh terlewat adalah touchpad. Perangkat yang satu ini juga sering disebut sebagai bantalan sentuh. Biasanya, bantalan sentuh terletak di bagian paling depan sebelum keyboard pada sebuah laptop.

Berbagai pemutar media portabel, PDA, serta laptop dan komputer kebanyakan memiliki perangkat masukan yang satu ini. Berbagai jenis dari touchpad adalah touchpad, multi-touchpad, dan track-ball touchpad.

Sedangkan fungsi dari touchpad sendiri adalah mirip seperti mouse. Namun ada beberapa tambahan, yaitu touchpad bisa melakukan fungsi hingga 3 jenis sekaligus, yaitu perintah 1 jari, 2 jari, hingga 3 jari.

 

4. Web camera atau kamera web

Web cam adalah sebutan untuk kamera yang terpasang pada komputer atau laptop. Letaknya bisa menempel pada unit laptop, tapi biasanya pada komputer pribadi (PC) letak web cam terletak terpisah dan bisa dipindah tempat.

Sekarang ini web cam tersedia dalam berbagai jenis, diantaranya adalah serial and parallel port web cam, firewire and card based web cam, USB web cam, network and wireless web cam. Fungsi dari web cam cukup banyak, diantaranya adalah sebagai sarana berkomunikasi tatap muka hingga sarana konferensi jarak jauh.

 

5. Flashdisk atau disk lepas USB

Sebuah diska lepas USB adalah sarana penyimpanan yang termasuk dalam perangkat masukan pada komputer atau bahkan HP. Pada flashdisk, sarana penghubung antara perangkat tersebut dengan komputer adalah port USB.

Berbagai fungsi dari flashdisk adalah sebagai sarana mpenyimpanan berbagai jenis file, hingga sebagai sarana transfer file dari satu komputer ke komputer lain. Selain itu juga berfungsi sebagai pemutar audio atau video, hingga sarana install ulang sistem operasi.

Baca juga: 12 Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

6. Light pen atau pena cahaya

Perangkat masukan lain yang biasanya digunnakan unuk memasukkan berbagai data ke komputer maupun ponsel pintar adalah light pen atau pena cahaya.

Fungsi dari light pen beragam, diantaranya adalah menggambar desain pada komputer, memasukkan berbagai data, melakukan klik, dan lain sebagainya.

 

Penutup

 

Selain beberapa contoh di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi perangkat input yang biasa dipasangkan pada perangkat komputer, laptop, tablet PC, maupun HP. Sehingga bakal semakin membantu dalam mengoptimalkan aktivitas harian.

Perlu diketahui, Qwords.com sendiri tidak hanya menyajikan informasi-informasi menarik seputar dunia komputer. Namun, kami juga menyediakan keperluan web hosting, nama domain, sertifikat SSL, VPN, dan lain sebagainya yang tentunya akan sangat membantu untuk kinerja website bisnis Anda. Jika anda berminat, maka bisa langsung buka di beranda website kami, melalui link www.qwords.com.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *